Skip to content
Advertisements

BLOGZONE: Trik Posting Blog Secara Rutin

Apakah kamu menjadwalkan posting di blog secara rutin? Sebulan sekali? Seminggu sekali? Beberapa kali dalam seminggu? Atau bahkan setiap hari? Jangan hanya ditargetkan tapi juga harus diaktualisasikannya doong. Menurutku untuk bisa mencapainya kita perlu strategi khusus.

image

Saat aku memutuskan untuk aktif ngeblog lagi yang kulakukan pertama kali adalah brainstorming, karena aku gak pengen cuma semangat post di awal dan pengen punya blog yang jadwalnya cantik. Proses brainstorming aku lakukan adalah mengumpulkan ide-ide, memikirkan jadwal post itu akan terbit, sasarannya siapa, dan sebagainya. Tapi yang aku bahas kali ini hanya yang berhubungan dengan post di blog secara rutin aja.

Mengumpulkan ide topik blog

Saat mengumpulkan ide, tulis aja semua ide topik yang bisa kita angkat di blog, gak usah pikir realistis atau nggak-nya, pantas atau nggak masuk di blog, yang penting ide-ide keluar semua. Mengumpulkan ide gak hanya dilakukan di awal, tapi kapan aja saat kita menemukan ide baru. Ide baru yang muncul bisa kita catat di notebook atau aplikasi notes di handphone, kapan aja kita ada waktu, bisa langsung eksekusi idenya. πŸ˜€

Kelompokkan ide menjadi kategori

Dari semua ide yang muncul baru dikelompokkan menjadi bebapa kategori. Kenapa tidak buat kategori dulu? Karena kalau dibatasi dengan kategori terlebih dahulu, ide-ide yang keluar malah jadi terbatas.

Tentukan jadwal blog post

Topik tulisan udah ada, kategori sudah ditentukan, lalu tentukan jadwal tayang per-postnya. Paling enak kalau punya post khusus di hari tertentu, misalnya Mbak Yoyen yang punya Music Monday dan Mas Dani yang punya Money Monday (pada cinta hari Senin kayaknya). Untuk blog ini rencananya hari Senin untuk topik edukasi kesehatan gigi dan umum (yang ternyata di bulan Januari ini malah banyak diisi dengan sosialisasi BEC), Rabu untuk topik yang berhubungan dengan blog, Jumat untuk English Friday, dan Ahad untuk topik yang sifatnya personal.

Selain banyaknya ide dan kategori, jadwal post juga harus mempertimbangkan waktu menulis dan lama pembuatan suatu post (baca poin selanjutnya). Misalnya post tentang kesehatan gigi, ide topik yang saya punya banyak tapi gak realistis kalau saya jadwalkan banyak di blog karena butuh persiapan yang panjang. Ini aja walaupun udah akhir bulan Januari belum ada post tentang kesehatan gigi yang muncul karena ternyata lagi harus mikirin lapak sebelah, BEC dan IHB.

Luangkan waktu untuk menulis

Waktu menulisnya kalau bisa jangan mepet sama deadline waktu tayang post bisa bikin stress itu, padahal aku sering begitu, hihihi. Jadwal menulis post bisa dengan cara mencicil setiap hari, menjadwalkan tiap weekend saat bisa fokus tanpa terganggu kerjaan, atau bisa di saat mood-nya paling bagus misalnya pagi atau malam hari. Cari jadwal yang menurut kamu paling pas. πŸ™‚

Scheduled post

Kalau punya rencana posting blog secara rutin harus bersahabat sama yang namanya schedule post ini. Berkomitmen sama blog berarti harus bisa melawan bad mood, udah gak bisa lagi tuh yang namanya post per mood. Kalau lagi gak mood nulis harus bisa melawannya, kalau lagi mood nulis ya sekalian buat post yang banyak lalu dijadwalin deh waktu tayangnya post.

Post emergency

Post emergency ini adalah post yang akan tayang kalau kita bener-bener gak sempat buat post di hari yang sudah dijadwalkan. Pas aku jadwalin post a day, ini kepakai banget, contoh post emergency seperti FromMagz, Letupan Kecil, dan Instagram Hore.

Yang aku simpulkan ada 3 kendala utama yang sering dialami oleh para blogger untuk bisa posting blog secara rutin yaitu kehabisan ide, gak sempat menulis, dan gak mood untuk menulis. Insya Allah solusinya sudah terjawab di post ini yaa.. Ada tambahan Man Teman? πŸ™‚

Advertisements

147 Comments »

  1. Kalau aku bener-bener nggak sempat buat posting, bukan ngga ada ide. Ide sih selalu ada, tapi waktunya yang ngga pernah bersahabat denganku.. Hiks

  2. Biasanya kalau lg ada ide, masukin draft, tapi nulis ide posting di kalender sepertinya OK juga tuh. Will try deh. Cuma untuk nentuin jadwal posting rutin masih belum berani. Takut gak komit. Kemarin2 sih sempat pingin komit seminggu sekali tiap hari Rabu harus posting. Tapi nggak jugaaa.. Halaahh, gimana ini?

  3. thanks tipsnya.. saya udah mayan lama follow blognya mbak.. tapi baru sekarang komen hehe. Awal tahun ini saya punya resolusi ngepost seminggu sekali, tapi satu kendala utama : ga ada ide. Jadilah lagi-lagi post sesuatu yang temanya sama dengan post sebelumnya.

    • akhirnya komentar juga.. hahaha..
      Nah makanya itu di awal brainstorming tentang ide dulu, untuk selanjutnya tinggal pilih mana ide yang akan dijadikan post.. πŸ˜€

  4. Kalau saya, kendalanya ya koneksi internetnya… lagi asyik nulis, listrik mati, koneksi juga hilang…. dan itu sering banget! ya sudah, bubar semua yang direncanakan πŸ™‚

    kira2 kalo gitu solusinya apa?

%d bloggers like this: