Kesehatan Gigi dan Mulut

DRGNITA: Radang Gusi di Sekitar Gigi Bungsu

Gigi bungsu yang sedang tumbuh akan berusaha merobek gusi yang di atasnya,Β  berbeda dengan gusi anak-anak yang masih tipis dan empuk, gusi orang dewasa sudah lebih keras dan tebal. Tulang rahang orang dewasa juga lebih padat sehingga proses tumbuhnya gigi menjadi lebih panjang.

image

Saat gigi setengah tumbuh ada dua hal yang sering terjadi yang dapat menimbulkan radang:

  1. Gusi yang masih menutupi sebagian gigi menjadi sering tergigit.
  2. Bakteri dan sisa makanan mudah terjebak di antara gigi dan gusi.

Radang di sekitar mahkota gigi yang sedang tumbuh ini dinamakan pericoronitis.

Gejala dari pericoronitis sangat bervariasi dari ringan hingga berat, seperti:

  • Sakit
  • Gusi bengkak
  • Gusi kemerahan dan mudah berdarah
  • Bau mulut
  • Muncul nanah
  • Sulit menelan
  • Sulit membuka mulut
  • Pembengkakan pada nodus limfa
  • Demam
  • Hilangnya nafsu makan

image

Apa yang harus dilakukan jika berada dalam kondisi sakit?

  • Makan obat anti sakit, yang paling aman adalah paracetamol.
  • Kumur air garam hangat untuk menenangkan daerah yang sakit.
  • Segera ke dokter gigi!! πŸ˜€

Sampai di dokter gigi, sampaikan keluhan yang dirasakan, riwayat penyakit, dan hal-hal yang dilakukan untuk menghilangkan rasa sakit. Lalu dokter gigi akan melihat langsung dan mengambil tindakan. Secara garis besar dapat dilihat dalam bagan berikut:

image


Menghilangkan rasa sakit dan infeksi.

Dokter gigi akan melakukan pembersihan sisa makanan dan plak di daerah radang tersebut karena hal inilah yang menjadi penyebab timbulnya infeksi. Lalu pasien akan diresepkan obat antisakit, antiradang, antibiotik, atau obat kumur sesuai dengan keparahan penyakit. Jangan iseng-iseng beli obat sendiri yaa.. πŸ˜‰

Pemeriksaan radiograf.

Pemeriksaan radiograf atau foto ronsen diperlukan untuk menilai kondisi gigi bungsu.

Jika gigi bungsu tumbuhnya bagus, juga punya gigi berlawanan yang bagus, gigi akan dipertahankan dan dilakukan operculectomy (memotong sebagian gusi yang menutupi mahkota gigi bungsu). Tapi sayangnya operculectomy ini bukannya perawatan yang paling efektif, karena ada kemungkinan gusi tumbuh lagi menutupi gigi.

image

Jika gigi tumbuhnya ke arah samping atau diperkirakan akan berdampak buruk jika dipertahankan, lebih baik dilakukan pencabutan gigi saja.


Referensi:

🌼 Oral Surgery, Fragiskos
🌼 www.surgical-dentistry.info

Advertisements

39 Comments

  1. catroc says

    Gig ibungsu saya lama banget tumbuh ny ..
    Masih separuh tumbuh nya..
    Gk besar2 gigi nya .. malah gusi saya sering sakit,
    Kalau di bawak makan, itu kenapa yah dan solusi nya ap yah mbak

    • Solusinya ke dokter gigi lah yaa.. biar tau keadaan sebenarnya seperti apa.. kalau di internet cm bs kasih gambaran umum, di post sudah tercantum

  2. meii says

    dok,
    gigi bungsu saya tumbuh.nya miring. hampir sama seperti yg ada di.gambar diatas.
    yg dua diatas udh lumayan kelihatan giginya tapi miring semua
    yg dua bwah blm klihatan msih tertutup gusi tp kemungkinan miring jg
    gmn solusinya ya ???

  3. Dok….
    Gigiku mirip sm yg gambar b. Gusinya sakit, posisi giginya normal ke atas tp tdk sejajar dengan gigi lainnya, sktr 3.5 mm ke arah pipi. Sejak numbuh gigi, pelipis sy sering berasa ditarik2, Dok? Kalo kasus kayak gini biasanya bedah gusinya aja ato hrs sm pengangkatan gigi, Dok?

    Terima kasih

    • Klo dipotong gusi atau diambil sekalian giginya tergantung kasusnya, kalau giginya fungsional & mudah dibersihkan bisa dipertahankan

  4. dua gigi bungsu pojok kiri dan kanan atas punya saya semua bermasalah bu drg.. suruh bedah sih sama drg pribadi saya.. tapi semacam ngeri saja dengan kata2 bedah..

    sampe skrg masih bertahan.. tapi segera saya bedahkan saja kali ya?

    efeknya apa ya drg?

  5. Aku jg dulu pernah tapi ga sampe yg parah sih. Kl skr suamiku gigi geraham paling belakang itu apa namanya, numbuhnya miring. Kl lagi kambuh sakitnya gila2an, mesti dioperasi kyknya 😦

  6. Ohh sepertinya saya mengalami hal ini dehh….hmmm harus ke dokter gigi deh nihh

  7. saya sudah mengalaminya… geraham bungsu kanan atas, tumbuhnya miring, merusak pipi bagian dalam, jd sering banget sariawan… krn sudah parah sakitnya, alhasil dicabut, dijahit pula… tp untung ga sampe OD, eh, apa itu termasuk OD ya? entahlah… πŸ™‚ **salam

  8. Sekian tahun berselang gigi bungsu tumbuh menyamping, yah jadi bagian kerja BM. Terima kasih sharing artikel ini. Salam

  9. aku pernah ngalami ini, gusi ku kyk mau copot, sakitnya sampe gak bs mangap, susah makan.. ke dokter gigi sampe bbrp kali, hampir di bedah kecil, tp ga jadi krn dari perawatan bbrp kali jadi sembuh

    • Alhamdulillah, masalah gigi walau suka diremehkan sekalinya bermasalah langsung bikin pusing ya.. Hihi

  10. Alhamdulillah saya termasuk yang gigi bungsunya tumbuh ga mengganggu gusi.. :))
    liat gambarnya aja bikin ngilu deh..

  11. “Tapi sayangnya operculectomy ini bukannya perawatan yang paling efektif, karena ada kemungkinan gusi tumbuh lagi menutupi gigi.”

    nah.. ini yang terjadi padaku.. jadi tak cuekin ajah -__-;;

    • Di BPJS, pas br di klinik awal cuma bs tambal & cabut ringan, kalau lbh kompleks dari itu harus pakai sistem rujukan..

  12. Kalau bedah mulut itu mahalll buanget plus ngak di kafer asuransi, kalau gigi aku ada yang karopos kenapa ya ,..?

    • Kayaknya bpjs bs di-cover, tp prosedurnya ribet.. Gigi keropos ada banyak penyebabnya.. πŸ˜€

Comments are closed.