All posts tagged: FKG UI

BLOGZONE: Thank You Teman Blogger.. :)

Juni 2012. Merupakan saat-saat saya udah hampir putus asa mengerjakan requirement klinik. Karena saat itu pasien anak saya udah gak nurut lagi, padahal sudah banyak yang saya kerjakan di mulutnya, dan pasien itu adalah pasien ke-10 saya. Saya udah males banget cari pasien pengganti. Selain pasien anak, kendala juga ada di kasus gigi tiruan penuh. Advertisements

LIFE: Dari SKG Menjadi DRG

Cukup 3,5 tahun untuk menambah 3 huruf di belakang nama saya. Tapi butuh 4,5 tahun untuk memindahkan 3 huruf di belakang tersebut menjadi di depan. Setelah itu terjadi, saya jadi jet lag, seperti habis melakukan perjalanan jauh. Bukan jam biologis saya yang butuh adaptasi melainkan gaya hidup.

Gado-Gado di Luar Kampus

Selain di kampus, FKG UI juga sering mengadakan kegiatan di luar kampus. Setahun sekali ada baksos di pulau Jawa (Jambaksos), dua tahun sekali ada baksos yang di luar pulau Jawa (Kersos), ada juga kegiatan yang berhubungan dengan kemahasiswaan seperti PSAU, Mabim, dan sebagainya. Berikut ini, saya mau share foto-foto yang tercecer & tidak masuk ke post-post yang pernah saya publish tentang acara di luar Kampus.. Seperti liburan yah?? Ya iyalah, pas kerja mana inget untuk foto-foto… ~(*+﹏+*)~ Related Post: Kersos 2010: Maluku Utara

EVENT: TDM 2008

Di tahun 2008 BEM FKG UI pernah ngadain pelatihan darurat medis. Biar eksis, saya ikut dooong. Pelatihnya dateng dari PMI pusat selama 4 kali pertemuan. Pelajaran dasarnya sih mirip-mirip pas IKD dulu (Ilmu Kedokteran Dasar, semester 1) tapi dengan bahasa awam (jadi seperti pas belajar biologi pas SMA). Selain teori, yang dipelajari ada cara make perban, resusitasi jantung paru, simulasi bencana, dan sebagainya. Setelah 4 kali pertemuan, peserta di evaluasi dan hasilnya adalah… gak ada anak yang ikut pelatihan yang dinyatakan qualified dari PMI.. Huaaa, memalukan!!!

Gathering SMFKGUI 06-07 di Pondok Laras

Flashback lagiiii… Masih berhubungan dengan dunia kemahasiswaan. Setelah ikut acara Jejak Satria 2006, saya jadi gena ikut acara-acara di FKG. Awalnya saya ikut magang dulu di BPI (Badan Pengkajian Islam), DJ (Dental Jurnalistik), dan Senat. Setelah ikut magang, saya lalu masuk ke tiga organisasi tersebut. Kepengurusan senat awalnya berlangsung dari pertengahan tahun hingga pertengahan tahun berikutnya (seperti kalender akademik lah..). Tapi setelah kepengurusan kak Fajar (FKG UI 2003), pergantian kepengurusan diubah jadi awal tahun. Karena itu, kak Fajar menjabat jadi ketua senat gak cuma 1 tahun, tapi 1,5 tahun. Setelah 1 tahun kepengurusan, SMFKGUI ngadain Gathering pada tanggal 13 Mei 2007. Pagi-pagi para anggota senat berkumpul di Danau UI Depok (yang butek) untuk main perahu naga. Seru lho plus geli kalo kecipratan air danaunya. Iyyyuh.. Selesai main di danau *dan lupa saya termasuk kelompok yang menang atau kalah*, kami pun menjajah asrama UI untuk mandi & ganti baju dengan kaos warna biru sesuai dress code (saya pake kaos polisi, hehehe), setelah itu rencananya akan ngumpul di tempat gathering untuk makan siang. Saya dan beberapa teman …

Kersos 2008: Kalimantan Selatan

Kerja Sosial (Kersos) adalah acara BEM FKG UI yang rutin dilakukan setiap 2 tahun sekali dan dilakukan di luar pulau jawa. Kegiatan yang dilakukan pada saat kersos diantaranya pengobatan gigi, sirkumsisi, penyuluhan gigi, serta operasi bibir sumbing. Kersos ini merupakan proyek 2 angkatan. Pada tahun 2008 giliran angkatan saya (2005) dan angkatan 2004 yang bertanggung jawab dalam kegiatan ini. Daerah yang di pilih adalah Kalimantan Selatan dengan titik kegiatan pada Tanah Laut, Tanah Bumbu, Hulu Sungai Utara dan Tapin. Posternyaa!!! Sayang burem.. Saya termasuk dalam kelompok yang berangkat paling akhir, jadinya gak ikut acara sebelumnya (pembukaan) secara full (cuma dapet makan-makan, tp udah sisa, hiks).. Tapi, Alhamdulillah masih belum ketinggalan untuk ke Jembatan Barito!! ♥ FKG UI 2005 di Jembatan Barito ♥ ♥ TANAH BUMBU ♥ Dari 4 daerah yang menjadi lokasi kegiatan Kersos 2008, saya kebagian di Tanah Bumbu, daerah yang paliing jauh daripada daerah kersos lainnya karena membutuhkan waktu perjalanan ±9jam (udah kayak mudik aja).. Walau paling jauh, tapi view dan kenyamanan tempat tinggalnya setimpal lah, hehe… Kalau di daerah lain kan pada …

DRGNITA: Perjuangan Full Veneer Crown

Full Veneer Crown merupakan salah satu requirement Pendidikan Profesi Dokter Gigi FKG UI yang lumayan susah untuk nyari pasiennya dan susah pula untuk lolos indikasi dari dosen. Disaat stuck nyari pasien, Alhamdulillah ada drg Dn (PPDGS Prosto) yang menawarkan pasiennya untuk jadi pasien FVC karena gigi 12 dan 22-nya peg shaped. Setelah dapet model dr drg Dn saya lalu indikasi ke drg CMS (Supevisor FVC saya) dan ditolak!! Lalu Bayu mengindikasikan gigi 12 pasien tersebut ke drg LK dan diterima. Untuk gigi 22-nya Irfan mengindikasikan gigi tersebut ke drg SV, tapi waktu itu blom di pastikan diterima atau ditolak karena gigi 22 bentuknya paling ajaib.. Di masa-masa Bayu diskusi FVC sama drg LK, Uppa liat model gigi pasien dan melihat ada diastema di antara gigi 11 dan 12, lalu maksa Bayu untuk nanya ke drg LK tentang boleh tidaknya 2 gigi tersebut di full veneer juga untuk nutupin diastema, memperbaiki inklinasi gigi, dan ngasih ruangan untuk crown gigi 12 dan 22 yang peg shaped. Kata drg LK boleh, tapi harus ditanya ke drg FG. Karena …