Kesehatan Gigi dan Mulut

DRGNITA: Periode Gigi Geligi

Post yang menjaring banyak kunjungan di blog ini adalah tentang waktu tumbuh dan tanggal gigi susu dan gigi tetap yang berbuah saaaaangaaat banyak pertanyaan. Pertanyaan yang banyak itu sebenarnya yang ditanyakan itu-itu aja, huks. Karena sekarang aku udah mulai gemes dan bosen mengulang jawaban yang sama, kupikir lebih baik buat post tentang periode gigi geligi manusia sehingga kalau masih kurang ngerti lewat post itu siapa tau jadi ngerti lewat post yang ini. Yaaa begitulah…

Manusia (dan ternyata kucing juga :p) memiliki 2 jenis gigi, gigi susu dan gigi tetap. Gigi susu tumbuh pada usia sekitar 6 bulan dan pada usia 6 tahun akan mulai digantikan dengan gigi tetap. Untuk lebih spesifik tentang waktu tumbuh dan tanggalnya gigi bisa dilihat di tabel berikut ini.wpid-dhe-tumbuh-gigi0101_Smoke01.jpg

Dari tabel di atas sebenernya udah jelas banget kan ya, tapi supaya lebih mudah mengingatnya aku membagi menjadi 4 periode:

  • Periode tanpa gigi: 0–6 bulan
  • Periode gigi susu: 6 bulan–6 tahun
  • Periode gigi campuran: 6–12 tahun
  • Periode gigi tetap: >12 tahun

Rentang periode waktu di atas bukan harga mati harus segitu karena pertumbuhan dan perkembangan setiap individu kan bisa beda-beda. 😉

Periode Tanpa Gigi

  • Bayi dari lahir hingga usia 6 bulan.
  • Saat umur 0–6 bulan rata-rata bayi tidak memiliki gigi. Namun ada juga bayi yang lahir dengan gigi. Gigi tersebut dinamakan dengan natal teeth. Natal teeth ini akan cepat tanggal sehingga tidak perlu dikhawatirkan.

Periode Gigi Susu

  • 6 bulan–6 tahun.
  • Gigi susu yang tumbuh pertama kali biasanya gigi seri bawah pada usia 6–7 bulan.
  • Saat usia 2 tahun gigi susu sudah tumbuh secara lengkap.
  • Walau gigi susu akan digantikan oleh gigi tetap, bukan berarti gigi susu dapat disepelekan karena gigi susu juga penting digunakan untuk proses pengunyahan makanan.
  • Jika gigi susu rusak, pencernaan makanan tahap awal yang dilakukan di dalam mulut tidak bisa optimal sehingga mengganggu keadaan nutrisi anak. Padahal di usia tersebut nutrisi sangat penting untuk menyokong pertumbuhan dan perkembangan fisik dan psikis-nya.
  • Gigi susu yang berlubang juga dapat menimbulkan rasa sakit pada anak. Namun anak-anak belum bisa menggambarkan rasa sakit yang dia alami. Jika anak menjadi tidak suka makan, malas mengunyah, tidak mau menyikat gigi waspadai terdapat ketidaknyamanan pada gigi susunya.
  • Kondisi gigi susu juga akan mempengaruhi gigi tetap.
  • Di usia ini juga harus dilatih untuk makan makanan yang membutuhkan daya kunyah lebih. Makanan di masa sekarang ini serba lunak sehingga kurang merangsang pertumbuhan rahang. Sehingga gigi tetap yang ukurannya lebih besar daripada gigi susu tidak memiliki ruangan untuk tumbuh, hasilnya susunan gigi menjadi tidak beraturan.

Periode gigi campuran

  • Usia 6–12 tahun.
  • Periode ini ditandai dengan tumbuhnya gigi geraham pertama pada usia 6–7 tahun lalu gigi susu satu persatu akan tanggal dan digantikan oleh gigi tetap.
  • Untuk lebih memudahkan lagi, umur 6–9 tahun biasanya terjadi pergantian gigi seri dan di usia 9–12 tahun terjadi pergantian gigi geraham dan taring.
  • Gigi susu yang paling terakhir lepas adalah gigi taring atas.

Periode gigi tetap

  • Usia >12 tahun
  • Gigi tetap tumbuh lengkap di dalam mulut pada usia 12–13 tahun ditandai dengan tumbuhnya gigi geraham ke-dua.
  • Apabila di periode ini masih ada gigi susu yang belum tanggal, ada kemungkinan gigi tetapnya tidak bisa tumbuh (impaksi). Periksa ke dokter gigi untuk memastikannya.
  • Apabila gigi tetap lepas atau dicabut, sudah pasti tidak ada penggantinya.

Dengan adanya penjelasan di atas semoga semakin jelas dan gak bingung lagi tentang periode tumbuhnya gigi susu dan gigi tetap. Kalau masih ada pertanyaan silahkan ditanya tapi sebelum bertanya baca postnya dengan seksama dan baca juga komentar-komentar di post yang ini, siapa tau ada pertanyaan dengan kasus yang sama.. 🙂

Ps. Waktu tanggal dan tumbuh gigi. 🙂

Advertisements

12 Comments

  1. Pingback: DRGNITA: Tanya Jawab Tentang Gigi #1 | JNYNITA.com

  2. Semoga gigi geraham bungsu saya tidak ada masalah dalam pertumbuhannya (kendati kayaknya ini tumbuhnya rebah deh :hehe). Doh mesti ke dokter gigi ya buat periksa? Takut… :hehe. Terima kasih buat informasinya ya Mbak. Senang rasanya melihat dirimu muncul kembali di dunia perbloggingan, ke mana saja? :hoho.

  3. Kalo diingat2 gigi aku masi banyak yg belum ganti :’D
    dan ada juga yang tinggal akarnya :’
    Adduuuh males ke dr gigi… T.T

      • iyaaaaa…. ngga tau nih gigi..
        pengen banget ke klinik gigi hanya.. hanyaaaa.. hanyaaa.. hehe
        ngga menyempatkan 😦
        jadi berat rasanya melangkahkan kaki..

  4. kalo anak anak kita periode tanpa giginya sampe setaun lebih! si andrew 13 bulan, emma 15 bulan baru numbuh gigi pertama. hahaha.

Comments are closed.