Kesehatan Gigi dan Mulut

DRGNITA: Macam, Jumlah, Waktu Tumbuh dan Tanggal Gigi

image

Heihoo!!
Rencananya topik gigi ini akan jadi subtopik blog ini dan akan dijadwalin tayangnya, tapi untuk sekarang ini saya belum siap. Insya Allah setelah resmi jadi dokter gigi rencana ini saya laksanakan, jadi yang sekarang anggap aja sebagai sneak peek dan saya tunggu kritik dan sarannya. ^^β€ž

Macam Dan Jumlah Gigi
Secara garis besar, gigi itu ada dua macam yaitu gigi susu dan gigi tetap. Gigi susu merupakan gigi yang tumbuh pada usia 6-30 bulan dan akan tanggal pada usia 6-12 tahun dan digantikan oleh gigi tetap.

image

Gigi susu terdiri dari 8 gigi seri, 4 gigi taring dan 8 gigi geraham (molar) sehingga totalnya ada 20 gigi.

image

Pada gigi tetap terdapat 32 gigi, 8 gigi seri, 4 gigi taring, 8 gigi geraham kecil (premolar), dan 12 gigi geraham (molar)*.

Kalau fungsi-fungsi dari berbagai bentuk gigi itu masih pada inget kan?
Pelajaran SD

Waktu Tumbuh Gigi Susu dan Gigi Tetap
Gigi itu tumbuh semacam ada urutannya. Untuk gigi susu yang paling pertama tumbuh adalah gigi seri rahang bawah sedangkan untuk gigi tetap gigi geraham yang paling pertama tumbuh. Periode gigi tetap dimulai sekitar 6-7 tahun, sayangnya saat umur segitu anak-anak kebanyakan masih belum telaten ngurusin giginya dan orang tua belum tentu peduli, jadi gak jarang gigi tetap ada yang udah keburu rusak pas masih SD. Sayang banget.πŸ˜₯

image

Umur yang ada di tabel di atas bisa jadi patokan tentang waktu pertumbuhan gigi. Tapi bukan harga mati, karena umur dentalis setiap anak beda-beda, jadi jangan langsung panik kalau tumbuh giginya gak sesuai ‘jadwal’. Kalau telatnya telat banget, masuk hitungan tahun atau sampe mau masuk SMP masih ada gigi yang belum tumbuh, datanglah ke dokter gigi, selanjutnya bisa dilakukan foto panoramik untuk melihat ada atau tidaknya benih gigi.

image

Serba-serbi..
β€’ Pembentukan email atau mahkota gigi seri susu β–Ά 4-6 bulan sebelum tumbuh.
β€’ Pembentukan email atau mahkota gigi taring dan geraham susu β–Ά 6-12 bulan sebelum erupsi.
β€’ Pembentukan akar gigi susu 1 tahun setelah tumbuh.
β€’ Jangka waktu periode tumbuh gigi susu β–Ά 6-30 bulan (2 tahun)
β€’ Pembentukan akar gigi tetap selesai setelah 3 tahun tumbuh.

*Saya lebih suka pake kata molar untuk gigi geraham dan premolar untuk gigi geraham kecil, jadi gak konsisten sih sama bahasa Indonesia, tapi lebih singkat.
**sumber foto panoramik

Mau konsultasi?
Baca syarat dan ketentuannya dulu yaaa..πŸ™‚

582 Comments

  1. nnda atie says

    Dok, umur saya 24 tahun, perempuan, tiba tiba gigi seri atas deket gigi geraham saya copot pas saya lagi makan malam. Kenapa ya dok? Perlu periksa ke dokter gigi ga ya? Soalnya tiba tiba, makasih dok

    • Perluuu… Soalnya ini kok aneh banget kasusnya, hahaha, klo udah umur24 thn dan ada gigi yang lepas itu wajib bgt ke drg…

  2. Alya Izza says

    Dok, aku umur 15 tahun aku masih punya gigi susu, aku juda sudah rongent dan pastikan kalau itu gigi susu dan masih ada benih gigi baru. Di umurku yang sudah 15th kenapa gigi susuku ga goyang juga ya dok?

    • Hai Alya Izza, yang membuat gigi susu bisa goyang dan lepas sendiri adalah saat gigi tetapnya mengikis akar gigi susu di atasnya sehingga gigi pun memendek, tinggal mahkotanya dan akhirnya lepas sendiri.
      mungkin posisi gigi tetap Alya tidak pada posisi idealnya sehingga tidak berhasil mengikis akar gigi susunya.πŸ˜€

  3. nurfitria says

    dok mw nanya ,anak sya skrng usianya 8 tahun,gigi susunya suda dicabut sekarang sda tumbu gantinya,dah berganti terus goyang ,,klo dicabut apa masi bisa tumbuh? dan kalau tdk ,dibiarkan goyang apa masi bisa normal,apa yg harus sy lakukan dok?

    • Diperiksakan ke dokter gigi buuu.. gigi tetap yang goyang di usia 8 tahun perlu dicari tau penyebabnya, mungkin pernah terbentur?

  4. Bayu prasetyo says

    dok Gigi sya blong tenggah dok.
    di bawah bolong tu retak.
    apkh. bisa seperti semula lgi dok?

  5. Dok umur saya 13 tahun gigi saya sedang goyang yang kata dokter di kotaku beberapa bulan lalu itu adalah gigi susu, jadi dok kalau misalnya saya cabut apakah akan tumbuh lagi atau tidak?an kalau di lihat secara kasat mata saya tidak bisa membedakan gigi susu saya yang dibilang oleh dokter tsb sama gigi ttp

    • Hhhhm, yang lebih tau ya dokter gigi yang sudah melihat secara langsung, saya takut salah jawabnya.. kalau pengen lebih yakin foto ronsen dulu..πŸ˜€

  6. zelly says

    dok saya 19 tahun gigi taring saya goyang , iya memang itu gigi susu. tapi apa bisa tumbuh lagi ya

  7. dok anak sya umur 3.5 krna main giginya
    goyang.. terus boleh di cabut gk mkasih

    • Kalau goyang pas usianya 3,5 tahun > goyang penyakit bukan alami. Cek ke dokter gigi ya bu untuk tau tindakan yang tepatnya.

  8. alexander says

    Dok..gigi sapa patah bahagian depan..boleh tumbuh lagi ka..risau saya nie😭😭?

  9. Dok umur saya 22 tahun, trus gigi geraham saya yang paling belakang atas bawah kok kaya tumbuh yah ? Daging pipi aku tuh yang dekat geraham bengkak, trus kaya geraham baru tumbuh jadi robek2 gitu sakit banget 😭😭

  10. refinalssani says

    dok umur saya 13 thn gigi susu atas saya keropos dok tpi saya blum pernah ompong apa gigi saya bisa tumbuh lagi dok trima kasih

    • Hai refinalssani,,,
      Saya gak bisa jawab di sini karena gak kebayang kasusnya, butuh dilihat langsung

  11. Pingback: Cara Mengatasi Bayi atau Anak Yang Menangis Terus? | Majalah Sehat

  12. Dewanti says

    Assalamualaikumdok saya mau tanya. Umur sya sekarang 24 tahun. 2 Gigi geraham saya pernah ditambal ketika sd, jadi masih termasuk gigi susu. Dan baru diusia saya sekarang gigi geraham itu dicabut. Pertanyaan saya masih bisa tumbuhkah? Karna menurut saya belum mnjadi gigi tetap. Terima kasih untuk jawaban nya.

    • Gigi ditambal saat SD, bisa jadi gigi itu gigi tetap & feeling-ku itu gigi tetap..πŸ˜€

  13. Pingback: DRGNITA: Tanya Jawab Tentang Gigi #1 | JNYNITA.com

  14. Dok umur saya 17 tahun, saya tadi periksa ke dokter, gigi taring saya katanya masih gigi susu, yg mau saya tanyakan
    1. Apakah gigi susu saya harus di cabut?
    2. Kalau di cabut apakah bisa tumbuh gigi baru?

  15. Dok saya mau tanya anakku umur 9th tapi giginya banyak yang copot. sekarang aja (selang beberapa hari) gigi geraham atas kanan kiri copot 4. sebelumnya juga ada yg copot bagian gigi yg lain. itu kenapa ya dok apakah giginya bermasalah? apakah akan tumbuh lagi? Selama ini minumnya setiap hari air es…apakah berpengaruh? Mksh

    • Hai Bu Fifi…
      Gigi yang copot bisa copot seluruhnya atau patah,, utk lbh jelasnya cek ke dokter gigi aja…

  16. Santoso says

    Dok sya mau tnya,,,ini gigi ank sya yang depn bgian ats,,,,sya lupa udh prnh cpot ap blom,,,seingat sya udah dok tpi kok skrng goyng lagi yha,,,,nah klu msalnya giginya itu cpot msih bsa tmbh gk dok,,,maaf sya lpa ank sya bru berusia 7 thun,,,trimksih dok

    • Entah Pak Santoso… Soalnya saya gak tau yg bapak ceritakan gigi susu atau tetap… Cek ke dokter gigi aja

  17. dok, usia saya 16 tahun tapi kok banyak gigi saya yang tumpuk.. yang paling parah dua gigi depan saya itu tumbuh di dibelakangnya.. itu lebih baik di cabut atau di biarkan ya dok?

  18. Nabila Rizqa Damayanti says

    Dok, umurku 14th gigiku yg geraham kecil berlubang kalo dicabut bisa tumbuh lagi gak?

  19. hendri says

    Dok..umur saya 21 thn..saya habis jatuh dan gigi taring depan saya copot..
    Kira” apa bisa tumbuh lagi ya soalnya gigi ini belum pernah copot sama sekali..
    Terima kasih

  20. nanik s says

    Dok, anak saya usia 5,5 th. 2 bln ini saya perhatikan gigi seri bawah kiri merenggang jadi nempel yg kanan.nah hari ini saya baru tahu kalau ternyata ada gigi baru yg tumbuh.padahal gigi susu tidak goyang sama sekali.panjangnya sudah 1/4 gigi susu.apa itu normal? Berarti harus segera dicabut ya? Terima kasih jawabannya.

    • Itu namanya persistensi gigi sulung bu,, jika gigi tetap tumbuh namun gigi susunya tidak goyang, butuh bantuan dokter gigi utk mencabut gigi susunya..πŸ™‚

  21. vina says

    Dok aku umur 13 tahun gigi dpn atas ku baru aja tanggal tp kok msh ada sperti daging nya gitu ya wrna merah? Apa itu akar gigi susu? Trus di dalam nya ada tumbuh gigi baru,gigi yg baru tanggal akan tumbuh lagi gak ya?dan jadi gingsul?

    • Tanggal atau patah? Dan yang patah adalah gigi tetap.. Sepertinya patah trus di bagian tengahnya tumbuh daging..

      • aisyah says

        dok bagaimana gigi seri kita habis ditampal tapi ia goyang dan terus patah
        adakah ia boleh tumbuh kembali dok
        harap dok beri penjelasan

  22. Dok, gigi depan saya (bagian atas) sudah dicabut , apakah masih bisa tumbuh?

    • Dok anak ku udah berusia 2,5 tahun tapi giginya baru berjumlah 16 kan seharusnya 20 trus anakku ngeces terus.skarang dia lagi panas.Apakah ini tanda-tanda kalo giginya bakalan nambah dok?

Comments are closed.