Skip to content
Advertisements

Rutinitas Awal Bulan: Membuat Budget Pengeluaran

20181101_095400-1024x768.jpg

Sudah bulan Nopember!!!! Setiap awal pergantian bulan aku selalu senang, senang melakukan rutinitas saat pergantian bulan yaitu rekapitulasi lalu bikin budget untuk bulan berikutnya. Rasanya agak campur aduk sebenarnya karena aku selalu ada rasa bersalah dari hasil evaluasi sebelumnya, hahaha, tapi lalu selalu optimis kalau bulan berikutnya akan lebih baik.

Karena masih single, aku cenderung cuek untuk urusan uang. Tinggal masalah bisa jaga nafsu aja, tapi kalau gak bisa ya sudahlah, tak ada rasa bersalah. Aku gak punya target yang gimana-gimana, baru merasa punya target sejak bulan September tahun ini. Pas punya target ini baru deh merasa cara aku mengatur keuangan sebelumnya kacau balau. Walau setiap bulan membuat rencana pengeluaran, selalu saja out of budget. Alhamdulillah bulan Oktober mulai ada sedikit peningkatan.

Evaluasi Budget Oktober 2018

Terlihat di bagan di atas kan, mayoritas pengeluaranku menyimpang dari budget! Bocornya di mana saja yaaa..

Monthly

Ini merupakan pengeluaran bulananku. Yang bikin bocor di bulan Oktober adalah PULSA! Karena tinggal nomaden, aku gak pasang internet di rumah, semuanya mengandalkan paket data. Saat berada di Klinik pun, aku gak sabar kalau harus pakai Wi-Fi Klinik yang lemot. Lagi-lagi pakai paket data dari ponsel.

Banyaknya data yang terpakai karena:

  • Aku pakai untuk internetan di laptop (pasti menggunakan banyak data walau hanya untuk browsing saja).
  • Nonton Youtube di ponsel. Kebodohanku adalah videonya belum tentu aku tonton, cuma aku dengerin suaranya aja.

Untuk berhemat dalam poin ini:

  • Daripada cuma dengerin Youtube, mendingan dengerin podcast atau audio lainnya.
  • Lebih milih buka buku daripada buka ponsel.

Food & Drink

Karena di bulan Oktober aku lumayan sering bawa bekal dan kopi dari rumah, kelebihan budget di bulan lalu hanya 5%. Lumayan banget. Yang bikin merasa bersalah hanya di bagian membeli minuman kemasan (sekitar 9% dari budget), secara nominal biasa saja, tapi merasa bersalahnya karena melihat banyaknya botol yang kubuang. Hiks. Bulan ini harus lebih sedikit beli minuman kemasannya.

Beauty

Poin yang ini pasti selalu out of budget!!!! Penyebab kebocorannya adalah The Bath Box sering banget sale dan di akhir bulan skincare di Guardian sale 30%!! Yang sale di Guardian aku manfaatkan untuk beli keperluan yang pasti dibeli di bulan depan sih seperti sabun cair dan toner.

Btw, di bulan ini aku baru ngeh. Kalau sebelumnya promo-promo atau flash sale itu jarang banget dan aku sering banget kelewatan, sekarang ini sale itu sering banget dilakukan baik di toko online atau offline. Kalau jaman dulu promo diskon untuk mempercepat barang yang sudah deket expired supaya cepet laku, kalau sekarang kayaknya cuma untuk menggoda kita secara psikologis dan tanpa sadar belanja banyak. Hhhhmmm…

Apparel

Apparel ini isinya baju, sepatu, tas, dan aksesoris lainnya. Di bulan lalu bengkak banget, sampai kelebihan 169%! Hal ini disebabkan aku melipir ke Crocs dan nemuin sepatu yang selama ini aku bayangkan dan bulan lalu tas sehari-hariku robek. Untuk tas dan sepatu aku hanya beli pas yang kupakai rusak atau sudah tak elok dipandang, jadi pas beli ya memang udah waktunya beli.

Hobby & Education

Di sini isinya tentang bayar kursus dan beli-beli stationery. Semenjak pakai fountain pen, aku jadi hemat dalam kategori ini.

Cats

Urusan kucing-kucingan seperti makanan atau pasir. Jadi cuma 58% dari budget karena sejak bulan September aku langsung beli makanan kucing dalam karungan besar, langsung berasa banget hematnya. Untungnya kucing-kucingku pada gak masalah dikasih makanan kucing yang lebih murah. Hihi..

Transportation

Kalau poin yang transportation ini, aku agak muluk-muluk memang hemat dalam buat rencana pengeluarannya. Budgetnya gak masuk di akal, hehehe, jadi untuk bulan Nopember alokasi dalam kategori ini akan kutambah (mayoritas untuk bensin). Untuk berhemat aku gak bisa pakai opsi pakai angkutan umum atau ojek online, karena justru bikin tambah mahal.

Pengeluaran Lain-Lain

Selain yang kusebutkan di atas masih ada pengeluaran yang lainnya seperti keperluan rumah (detergen, sabun cuci piring, spons, dll), kesehatan (kalau lagi gak fit butuh beli obat), hadiah (kondangan atau hadiah untuk teman), dan hal lain yang cukup aku saja yang tau. Saat mengetik ini aku baru sadar untuk keperluan rumah sepertinya butuh masuk budget juga, biasanya hanya beli kalau merasa ada yang kurang di rumah saja.

Ada yang bikin budget bulanan juga?? Strateginya apa? Ceritakan di kolom komentar yaa, siapa tau bisa kasih aku inspirasi.

Love.

Advertisements

27 Comments »

  1. Baruuu aja kepikiran mau menganalisa budget bulanan. Udah 2 tahun ini aku catet di excel. Baru bbrapa bulan terakhir, pakai aplikasi serupa Mba Nitaa. Hanya sajaaa…. belum sempat ditelaah lebih lanjut. Jadi cuma dicatet aja spending dan income. Kudu mulai kayaknya bulan inii. Haha.

  2. Tabungan untuk investasi dan biaya menikah nanti coba untuk di planning juga

    Mamaku tipikal yang well prepare banget masalah financial…jadi sejak masuk kerja udah diajarin nabung dan invest….
    Tapi jadi kerasa banget manfaatnya, kayak daftar haji, nabung umroh, beli tanah, biaya nikah, dll bisa aku cicil tabungannya….

  3. Udah 1,5 tahun nggak pernah pake aplikasi budgeting lg krn merasa duitnya pas-pas aje dan udah dialokasikan unt bayar tagihan yg perbulan kira-kira ya jumlahnya sama aja.

  4. Ini bikinnya pakai apa Nit? Kok bisa ada diagram gitu, ada aplikasinyakah? Kalo aku atur budget ala emak2. Diajarin temenku yg udah merid. Pakai amplop. Nanti uang yg kita punya dipisahkan ke amplop2 itu. Misalnya amplop pulsa, amplop bensin, amplop jajan/makan2, dll. Ntar aku pengen jg bikin postingannya. Hehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: