Kesehatan Gigi dan Mulut

DRGNITA: Gigi Patah, Apa yang harus kita lakukan?

Ada yang pernah merasakan gigi patah? Aku pernah! Sedih banget.. Huhuhu.. Rasanya kalau patahan giginya bisa ditempel lagi pakai lem Uhuk pengen aku tempel patahannya, hahaha. Berhubung di post tentang waktu tanggal dan tumbuh gigi banyak yang menanyakan tentang gigi yang patah, kali ini aku mau sharing tentang gigi yang patah dan apa aja yang harus kita lakukan. Oh iya, gigi patah yang kubahas kali ini adalah patah karena trauma atau benturan yaa bukan karena gigi sudah berlubang sebelumnya. πŸ™‚

wpid-gigi-patah.jpg.jpegSebelum masuk ke pembahasan, aku mau refresh dulu tentang bagian-bagian gigi karena kondisi gigi patahnya akan kuhubungkan dengan bagian-bagian gigi. Berdasarkan bentuknya gigi terdiri dari mahkota dan akar dan secara struktur terdiri dari email, dentin, dan pulpa. Ada yang masih ingat? Kalau sudah lupa intip lagi post Bagian-bagian Gigi..

wpid-picsart_1423444771168_20150209082411541.jpg

Nah, lanjut ke topik utama.. πŸ˜€

Gigi patah bisa terjadi pada berbagai bagian gigi, ada yang terjadi pada email, dentin dan pulpa, juga bisa terjadi patah pada mahkota (sehingga tinggal menyisakan sisa akar) dan akar. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat gambar berikut ini.

wpid-picsart_1423443535651.jpg

Lalu bagaimana cara menanganinya?

Gigi patah pada email.

Jika terjadi patah pada email ada dua hal yang bisa dilakukan, jika patahnya kecil dan tidak mengganggu secara estetis gigi cukup dihaluskan saja, namun jika patahnya sudah menganggu estetis gigi bisa ditambal dengan menggunakan Resin Komposit atau tambalan yang menggunakan sinar.

Contoh Kasus: Gigi patah pada email.

Gigi patah pada dentin.

Jika gigi patah pada dentin, gigi harus dilakukan penambalan. Pada dentin terdapat serabut-serabut syaraf dan apabila tidak ditambal akan menyebabkan gigi ngilu pada saat makan panas, dingin, dan makanan dengan rasa yang kuat. Penambalan bisa dengan tambalan Resin Komposit (tambalan sinar) atau dengan membuat jaket/mahkota tiruan. Pemilihan teknik penambalan ditentukan berdasarkan banyaknya bagian gigi yang patah.

Gigi patah pada pulpa.

Gigi yang patah pada pulpa akan mengalami tanda khusus yaitu terjadi perdarahan dari dalam gigi, karena di dalam pulpa terdapat pembuluh darah dan syaraf, dan sakitnya pasti sakit banget! Kalau terjadi patah pada pulpa sebaiknya langsung ke dokter gigi untuk dilakukan perawatan syaraf sehingga malamnya bisa tidur dengan nyaman, hehehe. Setelah perawatan syaraf tuntas, idealnya gigi ditambal dengan menggunakan pasak dan jaket/mahkota tiruan.

Gigi patah pada akar.

Biasanya hal ini akan sulit terdeteksi apalagi jika gigi tidak menunjukkan keluhan apa-apa. Gigi yang patah pada akar hanya bisa terdeteksi dengan menggunakan foto radiograf, fotonya pun biasanya butuh beberapa kali foto (minimal 2) dengan sudut pemotretan yang berbeda. Harapan kesembuhan dari gigi yang patah pada akar sangat tergantung dengan kondisi patahnya, kalau rapat bisa saja cukup dengan dilakukan perawatan syaraf dan penggunaan mahkota tiruan.

Mahkota gigi patah.

Dari semuanya ini yang paling horor yaaa… Penanganan dari kasus ini benar-benar harus melihat kondisi patahnya. Jika patahnya masih di atas gusi, gigi masih bisa dirawat dan dilakukan pembuatan mahkota tiruan. Jika patahnya di bawah gusi atau tulang, kemungkinan besar akar yang tersisa itu harus dicabut dan selanjutnya butuh pembuatan gigi tiruan.

image

Kapan ke dokter gigi?

Beberapa saat setelah gigi patah, pasien bisa langsung datang ke dokter gigi untuk melakukan penambalan, tapi memang pada saat itu pasti masih merasakan sakit karena benturannya. Jika pasien mengalami kegawatdaruratan, misalnya kecelakaan dan mengeluarkan banyak darah, penanganan gigi bisa dilakukan setelah pasien pulih.

Sebulan setelah kecelakaan atau trauma, pasien dianjurkan untuk datang kontrol ke dokter gigi walau pasien tidak merasakan adanya keluhan. Hal ini dilakukan untuk memeriksa kondisi gigi paska benturan, kadang benturan menyebabkan gangguan pada pembuluh darah dan syaraf sehingga gigi tidak mendapatkan nutrisi hingga akhirnya mati, keadaan ini baru bisa diketahui minimal sebulan setelah kecelakaan. Gigi yang mati apabila tidak dilakukan perawatan dapat menyebabkan radang dan bengkak di kemudian hari. 😦

image

Semoga cukup jelas yaa.. Kalau ada temen, sodara, kerabat yang giginya patah boleh lhoo dikasih link post ini dan jika ada yang ingin ditanyakan bisa langsung tulis di kolom komentar. πŸ™‚

P.s. Post tentang kedokteran gigi lainnya + Gigi bungsu kenapa suka bermasalah.

Advertisements

86 Comments

  1. Sandy says

    mbak gigi qu patah sejak smp klas 1, apakah msih bisa di tambal lg atau di cabut

  2. sinta says

    Dok 3 gigi saya patah separuh 6 tahun yg lalu , bagaimna cara mmemperbaikinya apkah mahal kira2 tarifnya

    • Coba periksa ke dokter gigi dulu ya Sinta.. Tarifnya sesuai dengan tindakan yang perlu dilakukan…

  3. dok gigi saya patah pada pulpa sudah lama hampir 3 tahun apa itu akan baik saja atau akan memeburuk pada saraf?

  4. alda saputra says

    gigi ku patah karena kecelakaan kak.. mau jadi tentara tapi harapan malah hancur karena gigi patah.. apa ada solusi yg pas buat mulihin gigi biar gak malu karena gigi hancur..

  5. Hilma says

    Pagi dok, udah beberapa taun gigi depan aku patah serong gitu karena benturan..tp karna gak ada sakit2 gitu aku anteng2 aja. keluarga dan aku emg cuek bgt buat perawatn gigi..jadi masih ada nih. Is it okay buat mulai treatment gigi patah yg udah dr lama (banget) dan agak maju? Apa itu harus di crown tp sela giginya jadi kecil, thankyou in adv ya dok. Have a nice day! :*

    • Mau kasus lama atau baru, harus lihat kondisi giginya dulu.. Layak dipertahankan atau tidak, dan jika pakai mahkota hrs di pertimbangkan ruangannya juga..

  6. Pingback: DRGNITA: Gigi Patah Pada Email | JNYNITA.com

  7. Gigiku patah setengah setelah tabrakan, dokter kira-kira diapain, tapi setelah aku baca di artikel tadi kemungkinan ditambal giginya alias gigipalsu trus gigi palsunya secara umum biasanya berapa harganya?

  8. Klo gigi patah sAmpe. Dalem dan d bawa ke tukang gigi dh tidak bisa d cabut lagi dan masih ada gigi yg mati di dalam itu gimanah yah cara mengeluarkanya …..?

    • Ya dicabut tapi bukan sama tukang gigi melainkan sama DOKTER GIGI. Tukang gigi gak ada wewenang utk mencabut gigi…

  9. kenzo says

    mau tanya gan” gigiku patah 2 bagian depan, waktu kecelakaan motor.. konsultasi ke dokter dikasih 2 pilihan , cabut apa bungkus, tuing2. stress lgsg naik, patah dah sakit + di cabut, mau di ganti gigi yg lepasan alias palsu, stres lgsg maksimal cenut cenut… klu pilihan kedua di bungkus… pertanyaanku apakah klu di bungkus bisa kuat klu untuk makan, apa ada cara yg lbh bagus…tq

    • Bisa dipakai makan kok gigi yang dibungkus itu… Justru lebih bagus pakai jaket drpd dicabut + pasang gigi tiruan…

  10. Gigi dpn ku yg 1 patah separo karna jatuh.jnd malunya mintaampun.mau ktawa aja ga bisa gmg mulutnya d tutup 😷😭😭.klo gigi yg patah d biarin ga efek apa” kan??? Soalnya ga ada dana buat ganti gigi.😁😩😭😞

    • Gigi patah kalau dibiarin aja ada kemungkinan jadi bermasalah di kemudian hari. Yang sering terjadi: gigi mati lalu bengkak gusinya, muncul kista, dll… Kalau belum ada dana lebih baik menabung.. πŸ˜€

  11. ajisfazt says

    Ugigi aku patah dua yang sebelah kiri yang depan dekat dengan gigi tarimg kira kira itu masih bisa tumbuh gk ya??

  12. yohansa tangdiampang says

    Mau tanya ni Mbak Nit..klau gigi hanya sdikit yg patah kira” biaya perbaikannya biasanya berapa itu..?

  13. Bojah says

    kemarin dapet kecelakaan, gigi depan gempil. gak pede bgt jadinya 😦
    kekuataan sambungan giginya gimana ya? kuat gak buat makan/matahin semisal es batu? itu gigi yg udah disambung apa sensitif ya? soalnya kadang gigiku sensitif takutnya pas gak sengaja makan trs kambuh sensitifnya sambungan giginya copot.
    biaya sambung gigi kisaran brp? (patah bgn akar kyknya)

    • Wah patah bagian akar? Complex itu jdnya.. Utk tau perawatan yg tepat, dokter gigi hrs liat lsg kasusnya…

  14. Selamat mallam.. gigi sya patah setengah nii karena jatuh dari motor 2 tahun lalu, saya rencananya mau tambal.. gi mana apakah bisa… tolong banget solusinya makasih

    • Hai farid.. Utk perawatan apa yang tepat hrs ditentukan oleh dokter gigi yang udah liat langsung giginya..

  15. gusti ayu says

    Mba mau nanya dong kira2 klo mau nyambung gigi anak ussia 2 thn bsa gk y?

  16. Awal kuliah gigiku patah 3 karena kecelakaan 😦 akhirnya 2 gigi dikecilin dan di jaket (kata dokternya namanya dijaket, istilah kedokterannya gatau apa hehe) terus 1 gigi laginya ditambal gatau pake apa yang jelas pas ngaca udah full giginya hahaha.
    Pulang-pulang senang karena giginya normal lagi tapi tagihan nya lumayan ya haha.

  17. Punya ku ngga patah, tapi jadi cokelat di tengah itu gimana, Mbak Niiiiit? Mana di depan lagi.. Huhuhuhu.. πŸ˜₯

  18. Hooo. Thx infonya Nit. Baguus isi postingannya. Btw gambarnya juga keren. Postingan ini bikin gw inget dua gigi depan gw yang patah bertahun silam dan pas ke dokter gigi terakhir harus dioperasi, sejak itulah gw malas ke dokter gigi untuk periksa gigi sendiri. Huehehehe..

    • Tergantung keadaan klinisnya Mbak.. Pemilihan perawatan gigi itu hrs dilihat lsg sm dokter giginya..

  19. Udah banget ngalamin gigi patah. Tiba-tiba aja copot jadi diratain sisa setengah trus dicrown. Masalah penanganannya sih aku no problem tapi yang paling ngeselin sampai sekarang adalah makanan yang suka nyelip padahal aku udah ganti crownku 3x on my quest to find the one who can solve my problem. Terakhir sebelum berangkat bahkan aku switched ke orthodentist rekomendasi mami (biar kesannya manja nih) yang pas dengannya. Lulusan luar pula orthonya dan katanya mahir karena ibuku pun ada masalah dengan crownnya dan setelah ditangani drg ini lancar car car. Aku masih problem..suka nyelip muncul lagi, aku jadi harus rajin ngefloss tiap malam mana di negeri orang repot urusan gigi. Biayanya bisa bikin sakit gigi 😣

    • Wah,, sama Mbak Mikan aku juga pengguna crown, dowel crown malah jadi ada pasaknya.. huhuhu.. dan gak cuma 1.. di kampus klo ada kuis2 biasanya muncul tuh pertanyaannya siapa yang punya banyak crown di giginya dan itu akuuu.. skrg total 3 dowel crown, 1 crown dan 1 set bridge,, mantab yaa.. aku dibuatin crownya sama drg yang ambil spesialis di kampus,, jd masih dipantau sama dosen..
      oiya mw buka rahasia.. masa h-1 wisuda crownku crack!!! gak bisa tidur deh,, hasilnya foto wisuda profesiku jelek banget! bukan krn gigi tp krn mukanya kucel.. πŸ˜₯

      • Waaaaahh mahal juga gigi-gigimu Nit hahaha…ada drg di menteng langganan kakakku tapi alamaakk tambal aja 1.5jt. Memang beliau katanya ahli banget dan crown 9-10 jt. Tapi ndak mampulah aku klo segitu. Kemarin aja crown pake fasilitas asuransi kantor jd tiap tahun ganti hahaha…aku bingung sih mengakali masalahku ini. Apakah akan pernah ada jalan keluarnya. Ganggu banget! Waaaahh fotomu itu susah diakalinnya habis ekspresi sih ya hahaha…tapi worry not, bentar lagi foto-foto yang lebih berarti menghias hidupmu kan hihihi

        • Itungannya krn aku mahasiswa murah Mbak.. Dpt diskon 80% dr kampus dan efeknya bikin aku eksis di kampus juga, hahaha.. Walau jdnya gak enak pas aku telat lulus, ditanyain mulu sama dosen yg dulu jd supervisor penanganan crown-ku…
          Skrg jg udah hrs re-do crown,, cm masih males bolak-balik kampus,, haha..
          Walau foto wisudanya jelek, foto sumpahku cakep kok Mbak.. Hahhaaa… *info penting

        • Iiih beruntungnyaaaaaa…..ikutkan aku lah Nit jadi kakakmu untuk diskonannya hahaha…Wkwkwkwk…untung ya klo dokter-dokter itu masih ada kesempatan foto sumpah. Crown itu sebenarnya panjang lifenya berapa sih?

        • Seumur hidup nempelnya klo bagus.. Tapiii 5 tahun sekali hrs dibuka mbak,, soalnya kita gak tau apa yg terjadi di dalam crown kita.. Dan crownku sbenernya udah 7 tahun.. Hahhahaa.. Cm selalu aku pantau sendiri.. Skrg aku udah gak dpt diskonan Mbak.. Yg dpt mahasiswa, tp klo di kampus rasanya lebih terjamin aja, soalnya diawasi oleh dosen yang konsulen.. πŸ˜€

        • Ooow tiap 5 tahun sekali harus dicheck ya. Thank you tipsnya Nit. Aku praktekkan nanti. Diskon hanya sesaat yaaa hahahaha

  20. Duh, bacanya doang sudah membikin saya ngilu, euy!
    Takut ada gigi patah… mudah-mudahan nggak ada kejadian aneh-aneh seperti itu :huhu

  21. Hahahaha…. ngakak baca komen Mbah dulu. πŸ˜€

    Kayaknya harus beneran tutup mulut aja kalau ktm sama Nita. πŸ˜€

  22. Alhamdullillah, gigi masih sehat.
    Terimakasih ilmunya. Lama gak nge-blog & BW, sepertinya banyak ketinggalan post2 terbaru di sini.

    Maaf OOT.
    mbak Nita, Floride dalam kandungan pasta gigi sudah dibahas belum ya?
    Sejauh mana bahayanya bila ditinjau dari ilmu kedokteran beneran, bukan teori konspirasi?

  23. Ponakanku giginya patah waktu liburan ke Eropa… Kagak ada dokter gigi hahaha… Ngilu bener itu… akhirnya sementara diobatin pake essential oil buat mengurangi ngilu-nya…

      • Apa ya lupaaa… Clove mungkin Nit…
        Eh btw aku juga pengguna crown udah 12 tahun ga dibuka2 lho *waduuuhhh *kepikiran gara2 baca komen2anmu ama mbak Mikan

        • Aku tau.. Hahhaa.. Keliatan pas kopdar pertama,, tp pan gak sopan nanyanya.. Haha.. πŸ˜€

  24. aku tuh paling sebel kalau udah sakit gigi deh Nit, tiap PMS pasti deh gigiku yang emailnya tipis jadi ngilu2 gimana gituuu huhuhu. jangan sampe deh gigi patah gini. disini dokter gigi muahal banget dan gak 100% dicover T_T

    • wah Nis.. coba dioles pakai pasta gigi utk sensitif gimana?? didiemin di giginya beberapa saat sebelum sikat gigi, mungkin bisa juga cari tooth mousse..

  25. tak ada angin tak ada hujan gigi gerahamku patah. Rupanya lubang di dalam dan lubangnya cukup besar. Alhasil ditambal.

    Btw, kalau gigi ambruk karena telat bikin gigi palsu diapain ya?

    • Tergantung derajat kemiringannya Mbak Ailtje.. kalo ringan biasanya butuh diasah,, kalau berat dan mau ribet, bisa ditegakin dulu pakai kawat gigi. kalau berat dan males, bisa dicabut.. 😦

  26. honestly… aku lebih dulu mengenal istilah email gigi jauh-jauh hari sebelum mengenal istilah email untuk surat digital… info penting ini

  27. Pingback: Waktu Untuk Sebuah Post | JNYnita

Comments are closed.