Kesehatan Gigi dan Mulut

DRGNITA: Bagian-bagian Gigi

Setiap hari kita menggunakan gigi untuk membantu kita menggigit dan mengunyah makanan, penting banget kan gigi itu? Tapi sudah tau apa belum bagian-bagian gigi? Tak kenal maka tak sayang, yuk kenalan lebih jauh sama yang namanya Gigi. πŸ™‚

image

Dari bentuknya gigi itu terdiri dari mahkota dan akar gigi. Mahkota adalah bagian yang menonjol di atas gusi, sedangkan akar adalah bagian gigi yang tertanam di dalam tulang. Batas antara mahkota dan akar adalah leher gigi yang idealnya bertepatan dengan tinggi gusi. Jika akar gigi sampai kelihatan, itu artinya gusinya gak sehat, bisa karena radang atau karena menyikat gigi yang terlalu keras.

image

Secara garis besar, gigi terdiri dari email, dentin, pulpa, dan sementum.

Email terletak pada bagian paling luar dari mahkota gigi, merupakan jaringan tubuh manusia yang paling keras, bahkan lebih keras dari tulang! Jaringan paling keras tapi kok gampang berlubang? Itu karena email harus bersinggungan dengan isi dari rongga mulut yang banyak sisa makanan, bakteri, dan asam yang bisa mengikis mineral dari email. Email tidak punya syaraf sama sekali sehingga apabila berlubang pasien tidak pernah merasakan sakit.

image

Dentin merupakan bagian gigi yang terbesar dan lebih lunak dari email. Secara struktur dentin ini terdiri dari rongga-rongga yang menyerupai sedotan yang dinamakan tubulus. Tubulus di dekat email ukurannya kecil-kecil dan semakin dekat ke pulpa, ukuran tubulus semakin besar. Di dalam tubulus terdapat serabut syaraf sehingga apabila terjadi lubang pada dentin, pasien biasanya sudah merasakan ngilu apabila makan panas, dingin, manis, atau asam tapi ngilunya hilang beberapa saat setelah rangsangan itu hilang.

image

Pulpa merupakan jaringan lunak, bisa dibilang pulpa itu ‘daging’ di dalam gigi yang terdiri dari syaraf dan pembuluh darah. Kalau gigi berlubang dan sampai pulpa sakitnya bisa gilaaaa banget!! Kalau terkena makanan yang panas, dingin, manis, atau asam tidak hanya menimbulkan ngilu melainkan sakit hebat yang bisa bertahan sampai beberapa menit, jam, bahkan hari!!

Saya pernah merasakan yang namanya sakit gigi sampai ke pulpa ini, makan obat pun gak mempan, mau gak mau deh melakukan yang namanya perawatan syaraf. 😦

Lalu apa itu sementum? Sementum merupakan bagian paling luar dari gigi, bedanya dengan email adalah email terdapat pada mahkota sedangkan sementum terdapat pada akar dan merupakan salah satu penghubung antara gigi dan tulang.

Gigi merupakan jaringan yang spesial tidak seperti bagian tubuh lainnya, apabila rusak gigi tidak dapat memperbaiki dirinya sendiri, sehingga dalam urusan gigi penting banget yang namanya mencegah dari pada mengobati. Caranya bagaimana? Dengan rutin ke dokter gigi dong. πŸ™‚

Mau konsultasi?
Baca syarat dan ketentuannya dan ikuti format di bawah ini ya.. πŸ™‚

image

Referensi:
🌼 Textbook of endodontology

Advertisements

13 Comments

  1. Pingback: DRGNITA: Gigi Patah Pada Email | JNYNITA.com

  2. Pingback: Gigi Patah, Apa yang harus kita lakukan? | JNYnita

  3. klo gigi sensitip bisa di tritmen yg permanen g kambuhan kyk gigi berlubang g mbak?

  4. nambah ilmu soal pergigian dan jujur, gw paling wegah ke dokter gigi. Masih kebawa stigma orang jaman dulu. Makanya matimatian bawa anak rutin ke dokter gigi.

Comments are closed.