Drakor: The light in your eyes (2019)

Pernah gak nonton drama yang akhirnya bikin berasa aneh gitu? Bukan aneh yang negatif tapinya..

Masih dalam rangka mengeksplor kemampuannya si Nam Joo Hyuk, katanya di drama ini Nam Joo Hyuk berakting serius.

Hal yang bikin drama ini terasa aneh adalah karena berasa ada beberapa fragmen cerita di sini yang akhirnya baru aku tau maksudnya apa saat memaksakan nonton sampai habis. Oh iya, aku nonton ini gak dengan fokus penuh karena disambi ngerjain yang lain, tapi lumayan nangkep ceritanya apa.

Fragmen cerita pertama, sesuai kata sinopsisnya…

Dari sinopsis bilangnya drama ini menceritakan tentang Kim Hye Ja (Han Ji Min) yang cita-citanya jadi penyiar berita, tapi gak lolos-lolos casting. Berkenalan dengan Lee Jun Ha (Nam Joo Hyuk) yang ingin jadi reporter. Ceritanya Hye Ja punya jam tangan yang dengan jam tangan itu bisa membuat dia mengembalikan waktu, sehingga bisa mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Sayangnya hal ini ada konsekuensinya, penampilan Hye-Ja menjadi jauh lebih tua setiap dia membalikkan waktu.

Suatu hari ada kejadian ayahnya kecelakaan dan Hye-Ja tidak ingin itu terjadi dan dia menggunakan jam tangan untuk mengulang waktu demi untuk mencegah ayahnya kecelakaan. Sayangnya butuh berkali-kali percobaan, dan hal ini bikin usia Hye-Ja menua secara drastis hingga ke usia 70-an.

Cerita di atas adalah fragmen pertama dari drama ini, bikin aku berprasangka kalau kisahnya adalah tentang cerita fantasi yang suat saat Hye-Ja bisa kembali muda lagi dan bahagia bersama dengan Lee Jun Ha selamanya. Tapi ternyata bukan itu..

Fragmen cerita ke-2, Hye-Ja dengan penampilan barunya yang menua

Di fase ini kita bisa menonton betapa frustasinya Hye-Ja yang tiba-tiba menua dalam sekejap mata. Kemarin usianya baru 25 tahun, dalam sekejap menjadi 70 tahun. Hye-Ja berusaha meyakinkan keluarga dan teman-temannya kalau dia adalah Hye-Ja yang usianya 25 tahun, untungnya keluarga dan teman-temannya mempercayainya.

Apa kabar Lee Jun-Ha? Hye-Ja berjuang sekali untuk bisa meyakinkan Jun-Ha supaya dia bisa percaya kalau yang di depannya adalah Hye-Ja yang masih muda yang akrab dengan Jun-Ha. Kalau awalnya Hye-Ja sangat ingin kembali ke usia mudanya, makin lama dia menerima kenyataan dengan penampilan tuanya karena setiap pilihan akan ada konsekuensinya.

Hye-Ja akhirnya jadi punya teman-teman yang sama-sama tua. Di akhir fragmen cerita ke-2 ini jadinya malah seperti film action karena Mbah-Mbah itu tetiba jadi punya semacam kekuatan super. Pas aku merasa ceritanya mulai seru, aku dihadapi kenyataan kalau itu hanya imajinasi Hye-Ja saja. 😦

Fragmen cerita ke-3 dan inilah kenyataannya…

Okay.. kenyataannya adalah Hye-Ja ini aslinya adalah Mbah-Mbah yang gak punya jam yang bisa membalikkan waktu. Dia hanya punya masa-masa menyedihkan yang tanpa sadar ingin ia hilangkan, Alzheimer diagnosisnya. Mungkin keinginannya selama ini adalah kembali ke masa-masa indah saat masih bersama dengan Jun-Ha.

Apa kabar Nam Joo Hyuk?

Di sini jadi lihat beberapa bentuk Nam Joo Hyuk. Versi manis yang jadi andalan saat di awal cerita, versi licik di pertengahan cerita, dan tiba-tiba dia jadi dokter bok di akhir cerita. Hhm, dia lumayan oke di awal dan pertengahan (pas di pertengahan sukses bikin kesel) dan biasa aja pas di akhir.

Rekomendasi dan Rating

Hhhm, aku sempet mau nyerah nonton ini di pertengahan karena alurnya lambat banget. Tapi cerita di pertengahan ngasih pelajaran ke kita tentang worldview orang-orang yang lanjut usia dengan keterbatasan fisik, penampilan yang gak gres lagi, dan yang dirasakan saat kehilangan teman-teman seusianya.

Kalau ditanya drama ini bagus atau jelek? Hhhm, dari segi cerita dan alur ceritanya sih oke, cuma menurutku ini kepanjangan jika dijadikan drama walau sudah dikorting menjadi 12 episode. Menurutku cerita ini bagusan jadi film aja, jadi gak sampai ngerasain bosen banget di tengah-tengah.

Rating: 3.5 out of 5.

Rating-nya 3,5 deh.. Yang 3 untuk keseluruhan dramanya dan yang 0,5 karena akting Kim Hye-Ja (yang memerankan Hye-Ja versi tua) itu oke banget..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.