Kesehatan Gigi dan Mulut

DRGNITA: Tanya Jawab Tentang Gigi #1

Ada yang mau konsultasi? ;)

Hai holaa..

Di blog ini aku membuka akses bagi para pembaca yang ingin berkonsultasi tentang gigi bisa melalui email atau kolom komentar. Biasanya aku jawabnya langsung via email atau komentar. Kemarin ini aku berpikir lebih baik pertanyaannya aku kumpulin dalam satu post sehingga yang lain juga bisa baca (plus bisa jadi bahan update-an di blog, hihihi). Sooo.. Inilah episode pertama “Tanya Jawab Tentang Gigi”.

Cekidot.. ^^,,


FIFIT

Tanya: Salam kenal dulu sebelum saya konsultasi, saya ibu yang mempunyai umur 5 tahun lebih 2 bulan, dia mengeluh sakit gigi bagian depan bawah, padahal giginya bagus, badannya agak anget, apakah giginya mau tanggal, soalnya giginya belum pernah tanggal sama sekali, mohon solusinya ya dok. Terimakasih..

Jawab: Salam kenal juga bu Fifit. Sakit pada bagian depan bawah perlu diketahui penyebabnya, bisa dari gigi, gusi, atau pipi. Kalau dari usianya, biasanya umur 5 tahun belum waktunya tumbuh gigi, tapi bisa saja di kasus anak ibu gigi tetapnya tumbuh lebih cepat. Badan yang demam bisa banyak penyebabnya, untuk lebih yakin konsultasikan ke dokter dan dokter gigi secara langsung. ๐Ÿ™‚

Baca juga: Waktu tumbuh dan tanggal gigi susu dan gigi tetap + Periode gigi geligi.


RESSY

Tanya: Haloo dokter, sy mau tanya, sy punya baby umur 8 bulan, sudah punya 4 gigi (2 bawah 2 atas) yg sy mau tanya, gigi bawahnya tumbuh bagus, tapi gigi atasnya tumbuh tidak rapet seperti gigi bawahnya, kalo sy perhatikan kyk ada garis kulit di tengah2nya.. Itu kenapa ya dokter? Tks

Jawab: Halo juga Ressy… Garis kulit yang berada di tengah gigi kemungkinan adalah frenulum. Jika frenulum cenderung tinggi dekat dengan leher gigi bisa menyebabkan gigi tidak bisa rapat tumbuhnya. Solusinya dilakukan pemotongan frenulum (frenectomy) dan menggunakan kawat gigi, tentunya saat usia anak ibu sudah memadai untuk dilakukan tindakan tersebut.


BAGUS IBRAHIM

Tanya: Pagi Dok , mau konsultasi ini saya punya gigi geraham yg dulunya sih lubang namun lama2 patah separuh nya dan sekarang tertinggal separuh bagian luarnya , itu sangat sakit ketika ada makanan yg masuk pd gigi yg lubang. Saat ini jg saya baru menyadari bahwa ada gigi baru yg tumbuh pada gigi paling belakang bawah saya . Apa yg harus saya lakukan untuk perawatan ekstra pd gigi saya ? Terimakasih ๐Ÿ™‚

Jawab: Pagi Bagus…
Untuk kasus gigi geraham yang patah, karena sudah sangat sakit jika kemasukan makanan, artinya butuh dilakukan perawatan syaraf gigi atau pencabutan tergantung kondisi giginya. Untuk gigi paling belakang (gigi bungsu) yang baru tumbuh, diperiksa saja ke dokter gigi supaya terlihat gigi tersebut bisa tumbuh normal atau tidak.

Baca juga: post tentang gigi bungsu.


IWAN

Tanya: Dok saya mau nanya. Harga kisaran pembuatan gigi palsu yg ga usah di lepas pasang berapa ya??? Gigi saya patah dan patahnya itu sampai akar jadinya harus di copot. Terima kasih dok.

Jawab: Gigi palsu yang cekat atau tidak lepas pasang ada dua jenis: gigi jembatan atau implan. Harganya bervariasi tiap klinik. Rata-rata gigi jembatan itu sekitar 3-5 juta dan implan gigi bisa sekitar belasan juta (dikerjakan oleh dokter gigi spesialis).


RIDWAN

Tanya: Dok,Maaf saya mau tanya.Cara untuk memutihkan Gigi,tapi saya merokok,Apa gigi sayaย  tidak putih lagi akibat merokok

Jawab: Untuk memutihkan gigi yang pertama harus dilakukan adalah pembersihan karang gigi terlebih dahulu, selanjutnya bisa menggunakan bleaching atau labial veneering.


ADE RAMANDITA

Tanya: dokter… gigi graham saya ada yang patah, dan sudah goyang. apa sebaiknya segera dicabut? tapi gigi tersebut rada ngilu jika tersentuh lidah. berbahaya gk dokter klo dicabut?

Jawab: Gigi yang terasa ngilu jika tersentuh itu menandakan adanya radang pada jaringan penyangga gigi (tulang dan gusi). Periksa saja ke dokter gigi supaya diketahui tindakan yang paling tepat entah dipertahankan atau dicabut. Jika dicabut insya Allah tidak berbahaya. Justru lebih berbahaya gigi berlubang yang banyak bakteri dan sisa makanan di gigi yang tidak dicabut karena bakteri dan sisa makanannya bisa masuk ke pembuluh darah dan menyebar ke bagian tubuh yang lain.


ACMAD NUR

Tanya: Dokter Nita. Saya mau tanya nih.
Ni dah sekitar setahunan kulit dalam pipi saya yg langsung bertemu dengan gigi itu, sering luka karena tergigit secara tidak sengaja. Kadang lukanya itu baru sembuh sekitar seminggu lebih. Tapi beberapa hari/minggu kemudian tergigit lagi. Bisa yang sebelah kanan atau sebelah kiri. Mohon saran atau solusinya dokter.
Terimakasih

Jawab: Diperiksa ke dokter gigi saja yaa.. Jika gigi yang menyebabkan tergigit itu masih bagus namun di luar lengkung gigi: butuh pemakaian kawat gigi. Jika gigi yang menyebabkan tergigit itu tajam: bisa dipoles supaya tidak tajam atau ditambal atau dicabut jika sudah indikasi pencabutan.


LANA

Tanya: Haloo dokter, Saya mau tanya,
1. saya punya anak skrg umur 19bulan. Giginya amasih 8 (atas depan 4 bawah depan 4) apa itu masih normal dok?
2. Pertumbuhan gigi pengaruh ga dengan imunisasi?
Trima kasih

Jawab: Waktu tumbuh gigi memang ada waktu idealnya, namun jika tidak sesuai dengan waktu tersebut belum tentu itu sebuah kelainan. Ibu bisa periksa gigi anak Ibu ke dokter gigi supaya bisa dilakukan foto radiograf untuk memastikan ada tidaknya benih gigi yang belum tumbuh tersebut. Insya Allah, imunisasi tidak mempengaruhi pertumbuhan gigi.


NOVIA

Tanya: Dok, maaf mengganggu. Sepupu saya giginya sudah patah pas usia 3 tahun. Apakah bisa tumbuh kembali? Tumbuhnya kapan ya dok? Makasih. Maaf sekali lagi

Jawab: Insya Allah gigi susu yang patah bisa digantikan gigi tetap. Tentang waktu tumbuhnya bisa dilihat di post ini.


ROTUA

Tanya: Malam dok,
Saya ingin menanyakan biaya tambal gigi dan pemasangan gigi tiruan untuk gigi bagain bawah yg akarnya masih ada, jadi giginya patah karna berlobang, kira-kira berpa ya dok,?

Jawab: Tentang harga, setiap klinik memiliki kebijakan tersendiri. Sebelum pemakaian gigi tiruan, semua akar gigi dan gigi yang indikasi pencabutan harus dicabut terlebih dahulu.


YENNI

Tanya: Dok anak saya umurย  7 thn. Gigi serรญ depan atas kirinya baru tumbuh skitar 1/4ย  ukuran ,setelah sebelumnya copot sejak umur 3 tahun. Tapi kendalanya adalah gigi tersebut tumbuh MIRING KEKANAN mendidih gigi serรญ depan kanannya.ย  Solusinya gmn ya dok biar gigi tersebut ga akan terlanjur miring untuk tumbuh full nya. Apakah BISA JADI RAPIH TUMBUHNYA kalo gigi taringย  sebelah kirinya itu dicabut. Terima kasih…. mohon dijawab ya dok…..:mrgreen:

Jawab: Giginya bisa tumbuh rapi jika digunakan kawat gigi. ๐Ÿ™‚


MAHKOTA GALERI

Tanya: Salaam, selamat pagi dok. Semoga Anda selalu dalam lindungan Tuhan.
Saya punya adik cewek berusia 7 tahun. Giginya berantakan sekali, ada yang lubang, hitam, dan gigi yang akan tumbuh di atas gigi lainnya. Menurut dokter, tindakan apa yang harus saya lakukan agar kelak ketika dia sudah dewasa giginya terlihat rapi.

Jawab: Mulai dari sekarang adiknya diajak ke dokter gigi & diperiksa secara keseluruhan lalu dokternya akan menentukan rencana perawatan secara keseluruhan dan giginya dirawat satu persatu. ๐Ÿ™‚


Bagi pembaca yang ingin konsultasi gigi via blog ini, harap baca post Konsultasi Gigi via Blog terlebih dahulu yaa.. Penentuan diagnosis dan tindakan di bidang gigi dan mulut tidak bisa berdasarkan keluhan atau cerita pasien saja, dokter gigi butuh melihat secara langsung bahkan bisa butuh pemeriksaan penunjang seperti foto radiograf dan laboratorium, oleh karena itu berkunjung ke dokter gigi adalah pilihan terbaik. ๐Ÿ™‚

Salaam,

drg. Nita ๐Ÿ™‚

Advertisements

28 Comments

  1. dini says

    dok 5 hari lalu saya cabut gigi graham yg bawah, namun d dasar mulut d bawah lidah terjadi pembengkakan dan gumpalan darah sehingga saya agak sulit untuk menelan, selain itu d gusi dan lubang bekas cabutan da warna kuning seperti nanah namun saya coba korek pake tisue ternyata nempel kaya gusi dan terasa sakit ketika d sentuh, apa yg harus saya lakukan dok ? apa itu hal yg wajar dok? terimakasih

    • Hai Dini.. Kondisi spt yang Dini sebutkan bisa jadi bukan hal yang wajar, kontrol ke dokter giginya yaa..

  2. almia says

    siang dok saya punya masalh gigi depan atas pas di depan dan itu ada dua itu lubangx di dalam sudah luas hanya saya taru kapas di dalam lubang tersebut dan kadang saya merasa nyeri dan juga agak ada warna hitamnya
    menurut dokter itu bagusnya di babut saja ataw bagaimana
    mohon solusinya dok?

    • Untuk gigi depan, sebisa mungkin dipertahankan yaa..selagi ada mahkotanya, walau cuma sedikit, banyak cara untuk bisa bikin gigi itu bertahan..

  3. dinda jatiasih says

    Dok.saya mau tanya.umur saya 13tahun..kira kira.gigi taring saya bisa tumbuh lagi gak dok??

    • Gigi taring bisa tumbuh lagi atau nggak di usia 13 tahun tergantung 2 hal ini:
      1. Gigi yang baru saja lepas itu gigi susu atau gigi tetap? Jika gigi susu, ada kemungkinan masih ada gigi tetapnya.
      2. Ada benih gigi tetapnya atau tidak? Hal ini baru bisa dicek dengan foto radiograf. Jika ada pun tidak bisa tumbuh sendiri, butuh bantuan alat supaya bisa tumbuh pada posisinya.

  4. Sore,dok saya mau tanya saya sekarang kan berumur 14 tahun apakah pada umur14 tahun ini saya bisa tumbuh gigi geraham baru.karena gigi saya sekarang goyah karena ada flek

    Tolong penjelasannya dok trimaksih

  5. hendra says

    dokter nita, umur anak saya 15 bulan,gigi seri atas dan bawah sudah tumbuh, yang ingin saya tanyakan : diatas gusi rahang kiri bawah tumbuh daging mengerucut,bentuknya seperti brokoli,berwarna merah,mohon pencerahannya bu dokter. terimakasih sebelumnya

  6. Bu Dokter Cantik, mau tanya juga nih.
    gigi bawahku sebelah kanan suka ngilu kalau makan coklat. kenapa ya kira-kira?

  7. Dokter Nita, kapankah tambalan perlu di cek ulang? Terus kalau misalnya perlu root canal treatment, apa gak bisa di cabut langsung aja? +/- nya apa?

    • Hehe.. Tambalan butuh dicek ulang bebarengan dgn scalling gigi rutin soalnya bahan tambal itu lebih cepet aus drpd gigi, misalnya tambalannya sudah terkikis akan ada celah antara gigi & tambalan > gampang terselip makanan > beresiko terjadi lubang baru.

      Gigi kalau masih bisa RCT mendingan RCT, emang lebih ribet tapi kalau sampai dicabut permasalahannya bisa makin banyak…

  8. Hallo drg Nitaaaaa makasih postnya berguna bgt lho ๐Ÿ™‚ aku malah lg mao bikin bridge sama crown kayanya muahal benrr ya haha

    • Waah… Emang mahal tp worth it kok… Aku juga punya crown & bridge, buatnya pas jaman di kampus jd dpt kortingan lumayan,, ๐Ÿ˜€

      • Hahaha iya nih Nit emg mau gak mau. Sama dokter gigi sini dikasih quote $4,200 buat crown and bridge nya… daku gak sanggup haha. Buatnya nanti aja pas di Indonesia

  9. Haduuuh keren banget Mbak Nita… mudah-mudahan rezekinya dilancarkan Tuhan soalnya sudah berbagi banyak banget dengan kami-kami di sini… :hehe. Keren banget Mak, saya punya temen seorang dokter gigi :hihi dikeplak.

Comments are closed.