Kesehatan Gigi dan Mulut

DRGNITA: Konsultasi via Blog?

Karena di blog ini ada artikel kedokteran gigi, jadinya banyak pembaca yang memanfaatkannya sebagai media konsultasi. Saya sih senang-senang saja, karena itu bukti kalau pembaca percaya dengan saya dan sebisa mungkin akan saya jawab. 🙂
image

Menanggapi konsultasi kedokteran gigi via blog itu susah pemirsa. Karena pada prakteknya, selain mendengarkan keluhan pasien, dokter gigi juga harus melihat keadaan tubuh dan wajah (bengkak atau tidak? Asimetris? Susah bicara?), kondisi gigi dan mulut, dan tidak jarang dokter gigi membutuhkan alat bantu lain untuk menegakkan diagnosis seperti foto radiograf dan pemeriksaan laboratorium.

Selain itu konsultasi via tulisan juga memiliki keterbatasan dari segi bahasa dan juga pemahaman pembaca. Pembaca bilang giginya patah, ternyata bisa jadi itu adalah sisa akar. Pembaca bilang giginya sakit, padahal rasa sakit itu banyak macamnya, bisa ngilu, sakit berdenyut, rasa kemeng, sakit jika digunakan mengunyah dan perbedaan rasa sakit itu bisa menunjukkan jenis penyakit yang berbeda-beda. Ditambah banyak juga  pembaca yang masih belum memahami mana gigi susu, mana gigi tetap, dan konsekuensi apabila gigi tetap dicabut.

Hhhffft. Pusing..

Walau begitu, bukan berarti saya akan menutup ruang konsultasi. Silahkan saja jika ingin berkonsultasi di blog ini. Namun jika pertanyaannya kurang jelas atau terlalu bias, saya gak janji untuk segera membalas. Mungkin akan saya jadikan inspirasi untuk topik post selanjutnya tapi gak janji bakal cepet-cepet juga ya…

Konsultasi via media sosial memang dapat dilakukan di era internet seperti sekarang ini namun pasti akan jauuuuuh lebih baik jika konsultasi dengan dokter gigi langsung. Jika sudah konsultasi dengan dokter gigi secara langsung, patuhi anjurannya, karena beliaulah yang sudah melihat secara langsung kondisi klinis Anda, dan pasti sudah berusaha memberikan solusi yang terbaik bagi Anda. ♥

Jika ingin berkonsultasi, harap via page:

KONSULTASI GIGI JNYNITA

Advertisements

53 Comments

  1. Pingback: DRGNITA: Tanya Jawab Tentang Gigi #1 | JNYNITA.com

  2. Irvan Prasetyo says

    Nama : irvan prasetyo
    Twitter : @irvanprass
    Umur : 17 tahun
    Jenis kelamin : Laki-laki

    Pertanyaan :
    Dok saya abis kecelakaan, satu gigi depan atas saya patah sisa 1/2 giginya, Apa bisa tumbuh lagi?

  3. klo kasus saya ini (ceileh pake kasus :p ) kedua gigi taring terlalu menonjol kedepan… dan gigi depan agak bengkok…

    apa harus pasang kawat atas bawah?

    • Gak tau.. Hehehe…
      Sudah tercantum di post kan kalau di KG itu pemeriksaan klinis yang paling penting, gak bs dgn wawancara atau cerita keluhannya aja..
      Untuk pakai kawat, sebelum menentukan rencana perawatan butuh dilihat foto ronsennya dulu, cetakan giginya, foto muka.. 😀

  4. saya memiliki gigi yang kurang rata di bagian atas…
    rencananya saya ingin memasang kawat gigi di bagian atas saja, apakah itu bisa di lakukan?
    atau jika inggin memasang kawat gigi harus atas bawah?

    dan jika saya harus menabung untuk angaran, kira” berapa biaya yang perlu saya siapkan?

    • Tergantung kasusnya.. Bagangin aja gigi geligi itu ada tonjol2nya yang mengunci antara gigi geligi di rahang atas dan bawah, misalnya yang atas mau dirapikan tapi terhambat gigi yang bawah bagaimana?
      Tergantung tempat pasangnya juga, hehe..kalau di RSGM pendidikan bisa 5jutaan.. Di tpt praktek pribadi atau RS pasti lbh mahal dr itu..

  5. Nama : Misbach
    Twiter : @misbach_
    Usia : 30
    Jenis Kelamin : Laki2
    Pertanyaan :
    Saya memiliki gigi yg udah lama berlubang dan ada sedikit karang yg menempel sulit dibersihkan. Lambat laun muncul bintik2 putih disekitar bibir saya. Pertanyaannya, apa ada hubungannya antara gigi yang berlubang/ berkarang dengan bintik2 putih disekitar bibir ? Apa obat yang cocok untuk menghilangkan bintik2 putih itu.
    Terima kasih Dokter Nita.

    • Coba googling ttg fordyce granule.. Bintiknya spt itu gak? Kalau bintik fordyce granule, ini variasi normal..
      Susahnya konsultasi gigi & mulut via online adl gak bs lihat aslinya, pdhal dr kalimat pasien belum tentu bs menggambarkan jelas kondisi aslinya.. Aku follow twitternya supaya Mas Misbach bs kirim gambar yaa..

      • kalau fordyce granule sepertinya disekitar lidah, tapi mirip gitu sih dan ini di sekitar bibir.
        OK.follback

        • Fordyce granule bisa di mukosa bibir hingga pipi.. Gak bisa ada di lidah.. *gini aja rawan salah persepsi kan? Hihi*

        • Apa yang harus saya lakukan Dokter Nita,
          karena secara estetik sedikit mengganggu penampilan terutama pada bagian bibir. Trims.

    • Ariyanipe says

      Nama: Ariyani Pancawati
      User Twitter: @ariyanipe
      Usia: 20 tahun
      Jenis Kelamin: Perempuan
      Pertanyaan:
      Maaf gabung disini, sepertinya permasalahan kita sama mas, tapi saya lebih parah, bibir saya rusak nih dok, awalnya sama bintik putih seperti sariawan, lalu saya diamkan, dan malah melebar, mengering, sudah 4 hari semakin menyeramkan bibirnya, tapi nggak ada masalah lain di mulut, bicara normal, gigi juga nggak sakit, cuma ada sariawan di pinggir gigi geraham yg berlubang jadi perih.. Kenapa ya dok? Saya sedih banget lihatnya.. Terimakasih sudah boleh numpang konsultasi, saya juga sedang proses berobat di dokter gigi, tapi belum bilang diagnosa nya, mungkin hanya sariawan, tapi kok separah ini? Mohon dijawab ya dok..

      • Kalau kasusnya penyakit mulut gini aku gak bisa kebayang kalau gak lihat gambar aslinya.. Bisa kirim via twitter atau line? Nanti bisa aku tanyakan ke temenku yang ambil spesialis penyakit mulut kalau kasusnya memang bikin bingung.. Hehe..

  6. dok, pada umur 27th gigi masih tumbuh hingga 7 gigi baru di atas & di bawah, dan jumlah gigi menjadi 39 gigi atas bawah. gigi yg tumbuh di luar line, jd gigi numpuk, hampir mirip dg foto panoramik yg dokter pajang, skr ada 1 lokasi tumbuh 2 gigi sekaligus, terkadang sakit skali, klo tiba-tiba masuk angin ato g enk badan gigi & gusi terasa skit bgt
    apakah itu termasuk kelaianan? apa nama ilmiah gigi tersebut?
    dan apa penyebab gigi tumbuh berlebihan secara tidak normal seperti itu?? bagaimana solusinya dok??

    trmksh dok,,, mhn penjelasannya dan solusinya…

    • Jumlah giginya 39? Yakin itu gigi tetap semua dan bukan gigi susu? Kalau ada gigi tumbuh berlebih, itu namanya supernumerary teeth.. Kalau usia 27thn ada gigi yang tumbuh memang ada kemungkinan gigi jd perih, krn gusinya sudah lbh tebal drpd pas kita kecil dulu..

  7. Pingback: DHE: Macam, Jumlah, Waktu Tumbuh dan Tanggal Gigi | JNYnita

  8. Pingback: DHE: Ibu Hamil & Kesehatan Gigi Mulut | JNYnita

  9. Pingback: DHE: Pilih-pilih Pasta Gigi | JNYnita

  10. Pingback: Cabut Gigi Yuk!! :) | JNYnita

  11. Pingback: DHE: Bagian-bagian Gigi | JNYnita

  12. Pingback: DHE: Gigi Bungsu, Kenapa Suka Bermasalah? | JNYnita

  13. Pingback: DHE: Radang Gusi di Sekitar Gigi Bungsu | JNYnita

  14. Wah. Konsul via blog? Asikkk.
    Kalau yang umum bisa ya mba via blog tanpa harus lihat fisik.

    • Sama aja hrs lihat klinisnya, krn faktor kendala bahasa & istilah.. Contohnya klo ke dokter pastilah diperiksa walau pun sedikit.. Ya kan? 🙂

    • Harusnya gak gratis yaa dan salah satu syarat konsultasi ada bukti transfernya… Hahaha….

Comments are closed.