Eat&Sip, Health

EAT: Kurma dan Mentimun Untuk Sarapan Pagi

image

Hai semua…
Saat ini aku sedang diet…
Langsung deh pada komentar, “Ya ampun udah sekurus ini ngapain diet?”
Wew, diet itu kan pengaturan pola makan, dear.
Gak cuma yang berat badannya berlebih saja yang butuh diet, yang berat badannya normal pun butuh diet, apalagi yang kurus seperti aku ini?

Karena satu dan lain hal, nafsu makanku sempat menurun drastis dan semenjak itu perutku gak bisa menampung banyak makanan. Makan sedikit cepet banget kenyangnya, dipaksa makan banyak pun mual. Tandanya lambungku kecil dan lemah sehingga perlu dikuatkan.

Cara untuk menguatkan lambung dengan makan makanan manis, kurma adalah makanan terbaik untuk menguatkan lambung. Buktinya bayi yang baru lahir ditahnik menggunakan kurma (menyiapkan lambung untuk menerima makanan pertama kali) dan saat buka puasa dianjurkan untuk memakan kurma.

Kurma baik untuk diet orang yang ingin menggemukkan badannya jika dikombinasikan dengan mentimun seperti yang dikatakan Aisyah berikut ini…

Mereka berusah membuat saya menjadi gemuk dengan berbagai macam makanan, tetapi tidak berhasil. Ketika mereka berusaha membuat saya gemuk dengan mentimun dan kurma, saya pun menjadi gemuk

Rasulullah Shallallahu alaihi wassalam juga menyantap kurma dengan mentimun seperti dalam riwayat Shahih Al-Bukhari dan Muslim dari Abdullah bin Ja’far bahwa ia menceritakan:

Aku pernah melihat Rasulullah Shallallahu alaihi wassalam menyantap kurma dan mentimun

Sifat Kurma

  • Kurma bersifat panas pada tingkatan ke-dua.
  • Dapat memperkuat lambung yang bersuhu dingin sehingga terasa nyaman.
  • Menambah karbohidrat.
  • Kurma cepat berubah baunya.
  • Membuat haus.
  • Mengotori darah.
  • Menimbulkan sumbatan serta rasa sakit pada kandung kemih.
  • Membahayakan gigi.

Sifat mentimun

  • Mentimun bersifat dingin pada tingkatan ke-dua.
  • Dapat meredam rasa haus.
  • Menambah stamina.
  • Menambah aroma karena ada unsur wangi di dalamnya.
  • Bisa meredam panas pada lambung yang meradang.
  • Bila dijemur dan ditumbuk halus, lalu diperas airnya dan diminum, bisa menghilangkan dahaga.
  • Memperlancar buang air kecil serta menghilangkan rasa sakit pada kandung kemih.
  • Bila ditumbuk dan disaring kemudian digosokkan ke gigi, bisa membersihkan plak gigi.

Alasan kurma perlu dikombinasikan dengan mentimun….

Kurma bersifat panas dan mentimun bersifat dingin, masing-masing bisa memperbaiki kekurangan pada buah lainnya, bisa menghilangkan bahayanya dan dapat mengatasi temperatur atau sifat yang berlawanan dengannya.

Di dalam thibbun nabawi ada prinsip keseimbangan, salah satunya dengan menyeimbangkan bahan makanan. Makanan yang panas digabung dengan yang dingin, efek samping makanan yang satu dinetralisir oleh makanan yang lain. Dengan begitu makanan bisa memberikan manfaat optimalnya dalam menjaga kesehatan tubuh, meningkatkan stamina, dan pertumbuhan badan.

Bagaimana rasanya??

Kombinasi kurma dan mentimun bisa dibuat menjadi jus atau dimakan langsung. Berhubung aku super malas untuk membuat jus (plus ngebersihin blendernya) dan ada kontroversi panasnya putaran pisau blender bisa merusak bahan makanan, aku memilih untuk makan langsung saja. Ganti-gantian. Surprisingly, rasanya enak! Favoritku adalah saat habis mengunyah kurma lalu lanjut mengunyah mentimun, ada rasa manis dan segar.

Untuk sarapan pagi aku siapkan 7 butir kurma dan satu buah mentimun yang dipotong-potong. Jenis kurmanya aku lupa yang pasti aku request ke penjualnya kurma yang banyak dagingnya. Untuk mentimun aku beli yang organik biar gaya aja.

Makan kurma dan mentimun ini baru kulakukan beberapa hari ini saja, untuk menambah berat badan kayaknya belum ngaruh. Efek kenyangnya ternyata cukup lama dan perut rasanya nyaman (perutku suka rewel kalau aku sarapan pagi pakai nasi dan lauk). Untuk stamina, aku merasa lebih berenergi dan saat harus beraktivitas gak segampang capek bisanya. 🙂


Sumber: Metode pengobatan Nabi Shallallahu alaihi wassalam, bab: Petunjuk Nabi Shallallahu alaihi wassalam untuk mencegah bahaya makanan dan buah-buahan serta kiat menghindari efek sampingnya dan memaksimalkan khasiatnya (120–121). Penulis: Ibnul Qayyim Al-Jauziyyah.

Advertisements

32 Comments

  1. baruu meninggalkan jejak. Ih jadi mau nyobaaa buat gemukin badan terutama! untunglah di rumah selalu ada stok kurma. Tinggal beli mentimun aja ini mah.

  2. septy avrill says

    disarankan sehari berapa kali ya minumnya

  3. Wah kalau yang kurus, diet terus gimana jadinya kak tubuhnya? hehehe. Yang jelas kalau kurma enak rasanya walaupun rasanya yang manis 🙂

  4. Makanan yang seimbang ya Mbak, kurma dan mentimun ini. Cuma berhubung saya ingin meluruhkan berat badan alih-alih menambah bobot, sepertinya saya akan menunggu postingan selanjutnya soal menurunkan berat badan deh :hihi. Terima kasih ya Mbak buat tipsnya, progres selanjutnya ditunggu :hehe. Ilmu kedokteran klasik itu pendekatannya berbeda tapi hasilnya sama ya (menindaklanjuti obrolan kita semalam :haha).

    • Kedokteran klasik dan modern prinsipnya beda banget Gar… Krn aku udah ada basic modern, pas belajar malah jd keteteran dibanding temen yang lain. 😦

      Yang kurasa dr belajar setahun, hal-hal yg di kedokteran modern itu stuck, di klasik malah ada solusinya.. Tapi untuk menjalaninya emg butuh disiplin tinggi.. 😐

      Kalau utk nurunin berat badan solusinya umumnya: jangan makan banyak, hehehe.. Tp teh hijau punya fungsi meluruhkan berat badan lho, asal tanpa gula…

      • Alangkah bagusnya kalau dua ilmu kedokteran itu bisa saling melengkapi dan saling menunjang ya Mbak :hehe. Wah, teh hijau tanpa gula? Oke… coba deh ya pelan-pelan Mbak, siapa tahu berhasil :)).

  5. Ohh gitu… baru tau kalau kurma bersifat panas dan harus dikombinasikan sama mentimun. :O

  6. Wahhh, aq harus menjauhi kurma berarti nih,krn sudah berlebih berat badan hihihihi. Kalo mentimun sih memang sering dijadikan lalapan

  7. Well noted. Jadi. Bisa jg buat alt sarapan si kecil yg suka ogah nasi tapi bisa makan kurma dan timun sesuka hati, hahaha. Thanks for sharing nita.

    • Gak boleh sesuka hati Juga Lisna… Segala yang berlebihan itu gak sehat, termasuk berlebihan dlm makan makanan sehat

  8. berarti kalo mau nurunin berat badan gak disarankan pake cara ini ya 😦 buang timbangan

  9. Wah boleh dicoba nih. Saya minum sari kurma kalo mau tidur.
    Saya yakin sekali apalagi yang dibuat atau dianjurkan rasullah adalah hal baik. Tak ada keraguan sedikitpun bagi saya ajaran Beliau itu.

  10. Kebetulan sekali nih, saya pengen gemuk tapi gk gemuk-gemuk. Siapa tahu cara ala nabi ini manjur, selain juga ittiba’ir rosul, siapa tahu juga ngikutnya termasuk pad sunnah 🙂

  11. mbak nita, saya dulu kalo makan lalapan, suka sekali makan mentimun. laluuuuu sejak ada yang bilang kalo mentimun agak kurang baik bagi kesehatan wanita, jadinya saya mulai mengurangi makan mentimunnya. tapi entahlah… segala sesuatu yang terlalu berlebihan juga ga baik kan? tfs ya, boleh dicoba untuk menaikkan berat badan nih 🙂

  12. Wah, banyak manfaat ya dari kedua buah tersebut, saya baru tau kalau kurma itu dikombinasikan sama mentimun, biasa cuma makan kurmanya aja.. makasih tipsnya mbak Nita

Comments are closed.