DRGNITA: Macam, Jumlah, Waktu Tumbuh dan Tanggal Gigi

image

Heihoo!!
Rencananya topik gigi ini akan jadi subtopik blog ini dan akan dijadwalin tayangnya, tapi untuk sekarang ini saya belum siap. Insya Allah setelah resmi jadi dokter gigi rencana ini saya laksanakan, jadi yang sekarang anggap aja sebagai sneak peek dan saya tunggu kritik dan sarannya. ^^„

Macam Dan Jumlah Gigi
Secara garis besar, gigi itu ada dua macam yaitu gigi susu dan gigi tetap. Gigi susu merupakan gigi yang tumbuh pada usia 6-30 bulan dan akan tanggal pada usia 6-12 tahun dan digantikan oleh gigi tetap.

image

Gigi susu terdiri dari 8 gigi seri, 4 gigi taring dan 8 gigi geraham (molar) sehingga totalnya ada 20 gigi.

image

Pada gigi tetap terdapat 32 gigi, 8 gigi seri, 4 gigi taring, 8 gigi geraham kecil (premolar), dan 12 gigi geraham (molar)*.

Kalau fungsi-fungsi dari berbagai bentuk gigi itu masih pada inget kan?
Pelajaran SD

Waktu Tumbuh Gigi Susu dan Gigi Tetap
Gigi itu tumbuh semacam ada urutannya. Untuk gigi susu yang paling pertama tumbuh adalah gigi seri rahang bawah sedangkan untuk gigi tetap gigi geraham yang paling pertama tumbuh. Periode gigi tetap dimulai sekitar 6-7 tahun, sayangnya saat umur segitu anak-anak kebanyakan masih belum telaten ngurusin giginya dan orang tua belum tentu peduli, jadi gak jarang gigi tetap ada yang udah keburu rusak pas masih SD. Sayang banget. 😥

image

Umur yang ada di tabel di atas bisa jadi patokan tentang waktu pertumbuhan gigi. Tapi bukan harga mati, karena umur dentalis setiap anak beda-beda, jadi jangan langsung panik kalau tumbuh giginya gak sesuai ‘jadwal’. Kalau telatnya telat banget, masuk hitungan tahun atau sampe mau masuk SMP masih ada gigi yang belum tumbuh, datanglah ke dokter gigi, selanjutnya bisa dilakukan foto panoramik untuk melihat ada atau tidaknya benih gigi.

image

Serba-serbi..
• Pembentukan email atau mahkota gigi seri susu ▶ 4-6 bulan sebelum tumbuh.
• Pembentukan email atau mahkota gigi taring dan geraham susu ▶ 6-12 bulan sebelum erupsi.
• Pembentukan akar gigi susu 1 tahun setelah tumbuh.
• Jangka waktu periode tumbuh gigi susu ▶ 6-30 bulan (2 tahun)
• Pembentukan akar gigi tetap selesai setelah 3 tahun tumbuh.

*Saya lebih suka pake kata molar untuk gigi geraham dan premolar untuk gigi geraham kecil, jadi gak konsisten sih sama bahasa Indonesia, tapi lebih singkat.
**sumber foto panoramik

Mau konsultasi?
Baca syarat dan ketentuannya dulu yaaa.. 🙂

706 thoughts on “DRGNITA: Macam, Jumlah, Waktu Tumbuh dan Tanggal Gigi

  1. Koq saya gigi atas paling belakang katanya udah gigi dewasa padahal belum pernah tanggal

  2. Dok, anak saya usia 5,5 th. 2 bln ini saya perhatikan gigi seri bawah kiri merenggang jadi nempel yg kanan.nah hari ini saya baru tahu kalau ternyata ada gigi baru yg tumbuh.padahal gigi susu tidak goyang sama sekali.panjangnya sudah 1/4 gigi susu.apa itu normal? Berarti harus segera dicabut ya? Terima kasih jawabannya.

    1. Itu namanya persistensi gigi sulung bu,, jika gigi tetap tumbuh namun gigi susunya tidak goyang, butuh bantuan dokter gigi utk mencabut gigi susunya.. 🙂

  3. Dok, kemarin satu gigi seri atas/gigi susu anak sy goyang, trus dibawa ke dktr gigi untk dicabut. Tp dokternya malah mencabut dua gigi seri atas, padahl gigi yg satunya masih sehat. Apa tidak mengapa dok? Apa ini akan mempengaruhi gigi permanennya? Umurnya 6 tahun. Tlong dijawab dok krn sy benar2 risau dibuatnya. Terimakasih.

  4. Dok gigi saya atas depan no 3 kekanan masih gigi susu pada saat ini saya usia 31 tahun,,saat malam giginya copot sendiri wktu saya tidur ,apakah masih bisa tumbuh gigi permanen dok,,,secara ini gigi susu dr dulu emang tidak copot,,,,

  5. Dok aku umur 13 tahun gigi dpn atas ku baru aja tanggal tp kok msh ada sperti daging nya gitu ya wrna merah? Apa itu akar gigi susu? Trus di dalam nya ada tumbuh gigi baru,gigi yg baru tanggal akan tumbuh lagi gak ya?dan jadi gingsul?

      1. dok bagaimana gigi seri kita habis ditampal tapi ia goyang dan terus patah
        adakah ia boleh tumbuh kembali dok
        harap dok beri penjelasan

    1. Dok anak ku udah berusia 2,5 tahun tapi giginya baru berjumlah 16 kan seharusnya 20 trus anakku ngeces terus.skarang dia lagi panas.Apakah ini tanda-tanda kalo giginya bakalan nambah dok?

  6. Halo dok saya yusuf, umur saya 23th. Kata dookter gigi itu tidak bisa tumbuh stlh umur 13 tahun? Tapi buktinya saya bisa tumbuh, gigi taring saya yg atas di sblh kanan saya cabut waktu umur 19th. Aku pake gigi palsu stlh itu selama 3 thn, kmrn saya ronesen di FKG UGM dan ternyata ada gigi tumbuh di dalam gusi saya. Dan blm keluar karna dulu ke halang gigi palsu. Nah skrng gigi palsu saya copot, kira2 brp lama gigi taring saya bisa keluar. Terimakasih

  7. Dok, sya mau nanya, gigi seri atas saya karies dan sampai skrng (16 th) belum cabut. Tpi gigi itu masih gigi susu. Apakah gigi itu kalau d cabut skrng masih bisa tumbuh?

  8. Hai dok, nma saya IKROM AL BANTANI saya mau nya apakah saya punya gigi depan yg sudah pernah coplok misalnya gigi depan saya coplok lagi apakah bisa tumbuh lagi??

  9. dok mau nanya umur ank saya 9 thun giginya paling belakang yg bwah dua2nya berlubang bisakah tumbuh jika akan dicabut

  10. Dok..mau nanya..ini gigi geraham saya yg kanan bgian atass..ituu berlubang.. dan akhir nya copot…itu bisa tumbuh ndak..saya umur 20 thun

  11. Dok mhon maaf saya mw nanya
    Gigi tetap bwh saya kemarin pas saya umur 16 then copot, Dan sekarang saya umur 19 thn
    Ttp ajh gk tumbuh*
    It gmna dok??
    Makasihh

  12. Dok tanya dong.. Kan gigi taring saya yg atas keropos dan patah.. Dan sekarang tinggal ‘tunggak’ nya aja(masih ada gigi sedikit bgt).. Itu gigi taring saya gigi tating susu.. Saya berumur 19 tahun.. Kalo aku cabut sekalian bahaya nggak dok.. Terus gigi taring susu itu apa udah termasuk gigi tetap? Apakah jika saya cabut ada kemungkinan untuk tumbuh lagi dok? ;(

  13. Hallo dok..
    Maaf mau nanya..
    Adek saya umurnya 6 tahun, gigi gerahamnya hancur pake banget.. kalau saya cabut apakah bisa brtumbuh??

  14. Dok saya mahu tanya .. Kalau gigi paling depan bahagian atas patah dngn usia saya sekarang 18 tahun .. Adakah ia akan tmbuh semula ? Berapa jangka masa utk tumbuh ?

  15. Dok adik saya abis kecelakaan , dan gigi nya dicabut semua setelah operasi . Sekarang hanya tinggal gigi geraham belakang . Umur adik saya 13tahun lebih 5bulan apa giginya masih bisa tumbuh lagi?

    1. Hai Zaskia, setelah usia 12 tahun sudah tidak ada lagi gigi yang akan tumbuh kecuali gigu geraham paling belakang.. Untuk lebih jelasnya, periksa ke dokter gigi yaaa…

  16. Dok maaf mau nanya anak saya sudah mau 7 tahun umurnya tapi giginya belum ada yg numbuh baru setelah reges dari umur 3,5 th….penyebabnya kenapa ya dok kok sudah umur 7th giginya masih item bekas reges dan belum mau numbuh gigi baru….bukannya di umur 7 th biasanya gigi sudah mulai tanggal…..mohon jawabannya terimakasih dok….

    1. Hai bu Alya.. Sama seperti perkembangan tubuh yang lainnya, pertumbuhan gigi setiap anak bisa berbeda-beda.. Untuk lebih jelasnya ke dokter gigi saja.. 🙂

      1. Dok . Gigi geraham saya sudah saya cabut diumur 21 karena udah parah dan ngeluarin pulpa granula. Kira2 kalau saya biarin ompong selamanya ada efeknya ga dok? Terus bisa ga tumbuh lagi?

  17. Dok,saya kn udah 2x ini tumbuh gigi bungsu lha sakit sekali.. kira2 penaganan yang cocok supaya tdk sakit gmna? Lha apakah gigi trsebut harus dicabut?

    1. Penanganannya harus sesuai dengan kasusnya Dita, lebih baik Dita periksa ke dokter gigi supaya terlihat keadaan gigi bungsunya..

  18. Dok .umur saya 15tahun saya
    ada gingsul sehingga gigi saya
    tidak rata,. bagaimana solusinya
    apakah ,di cabu aja tpi takutnya nggak
    numbuh lagi ,klw msh bisa ,tumbuh.
    gigi yg mana yg harus aku cabut
    help me. ,

  19. Dok mau tanya usia saya udah 14th dan
    1) ada gigi geraham atas yg masih gigi susu dan berlubang kalo di pke ngunyah itu sakit udah gitu gigi permanennya udah tumbuh
    2) gigi graham yg belakang kan suka ada dua bagian nah wkt 2 minggu lalu wkt saya cabut gigi,gigi yg sebagian itu kecabut kira kira tumbuh lagi ga dok

  20. Dok saya pnya teman dia itu ompong digigi bagian atasnya yg didepan itu sudah gigi tetap, itu masih bisa tumbuh gk dok? Klo gk bisa, caranya gimana ya dok agar gigi teman saya bisa tumbuh lagi? Cari solusinya ya dok,,Terima Kasih

  21. Dok saya pny teman,,gigi depannya (atas)itu copot, tapi itu udh gigi tetap,,itu bisa tumbuh gk dok? Klo gk bisa tumbuh adakah cara untuk agar teman saya giginya bisa tumbuh? Terima kasih

  22. Dok saya mau tanya.
    Waktu umur 16 thun gigi susu geraham bawah saya baru copot dan sekarang sudah tidak tumbuh lg. Bgmn solusinya?

  23. Dok mohon bantuannya , gigi taring atas sblh kiri saya goyang dn copot di usia 13 tahun pada bulan juli 2014 dan skrng saya 14 tahun tapi taring saya blm tumbuh juga . Menurut dn seingat sya gigi taring sya masih susu tp knapa dia tdk tmbuh smpai skrng ya dok ? Oiya dan skrng gigi taring sya lagi satu juga goyang . Itu knp ya dok ? Bantuannya ya

  24. Dok,umur saya 19 tahun,saya mau tanya gigi depan saya itu udah geripis dan kayaknya udah mau copot tar kalau copot bisa tumbuh lg ga ya dok?

  25. Dok. Mohon bantuannya. Saya linda umur 14 tahun 2 bulan lgi umur saya 15 tahun. Apakah gigi gerahang saya yg di atas bila di cabut masih dapat tumbuh?

  26. Dok , umur sy 18 tahun , dok gigi taring saya masih gigi susu sampai sekarang belum ada tanda bakalan tumbuh gigi baru / gigi tetap tuh gimana dok .. kalau gigi yg sudah rusak/ berlubang itu bisa d benerin gak dok .. selain d tambal atau pasang gigi palsu

  27. dok aku umur 16 th gigi saya yang paling depan itu udah goyang mau copot. kalo dicabut apakah bisa tumbuh lagi?bales ya dok, swbwlumnya terimakasih banyak:)

  28. Dok klo masih umir 16 gigi yg bru dicabut bisa tumbuh lagi gk dok?
    Klo gk tumbuh ap gigi laiiny bisa jarang?

  29. Dok, saya mau naya
    Kalo umur 14 tahun, terus gigi geraham kecil nya copot. Apa bisa tumbuh kembali?
    Gigi geraham kecil saya copot 2 dok, gara-gara kecelakaan. Tapi apa masih bisa tumbuh kembali dok?
    Tolong bantuannya ya dok
    Terima kasih.

  30. Twitter: @Nrinonurrahmad
    Nama: rino
    Umur :18 thn

    Dok, gigi taring atas saya kan belum lepas ,,lalu di gusinya seperti ada calon gigi permanen soalnya ada tonjolan keras berwarna putih ,,kalo gigi susunya d lepas apa ada kemungkinan bisa tumbuh ,,

  31. Dok saya mau tanya kalo gigi taring saya lepas di umur 28 apa masih bisa tumbuh tapi gigi taring yg lepas gigi susu dok makasih dok

  32. slmt mlm dok.sy mau tanya usia sy skitar 23 thn dan gigi bungsu sy sudah mulai tumbuh.rsanya gusi skit smpai bengkak.. kira2 smpai brapa lma skt ini dok..? mksh

  33. Dok.saya umur 18 tahun tapi gigi gusi bawah saya udah gk ada,trus masih bisa tumbuh lagi gk yah?jadinya susah ngunyah makanan.

  34. Dok saya Farhan saya mau tanya ketika dulu gigi taring di cabut setelah itu tumbuh ,nah kalo sekarang gigi taring yang dulu dicabut sekarang mau dicabut yang kedua apa masih bisa tumbuh kalo gigi copot dua kali

  35. dok saya mau tanya usia saya 18 thn gigi geraham sebelah kiri saya dicabut karna udh parah bener bolongnya apakah masih
    bsa tumbuh yg ke 2x nya ditunggu respnnya makasih sblmnya?

  36. Dok,saya 11 tahun dan sepertinya di belakang di gusi saya ada yang menonjol seperti gigi (hanya sedikit saja). Apa itu geraham bungsu? Kenapa muncul sekarang? Saya takut dok. padahal saya baca umur 17-21

    Davina

  37. Dok, pertumbuhan saya itu lambat. Gigi seri saya copot pda umur 8 thn. Nah, yg geraham atas nya gak pernah copot sebelumnya dok giliran umur 13 tahun dia malah goyang. Pertanyaan yang mau di ajukan :
    1. Geraham atas yg di Mksd itu termasuk gigi susu atau tetap dok?
    2. Kalo copot kira2 tumbuh lagi kagak dok?

  38. Dok umur saya septembet nanti 11thn.gigi graham depan bagian bawah saya goyang. Kalo dicabut enggak tumbuh gigi lagi aau masih ada?

  39. dok saya mau nanya, saya berusia 14 tahun. gigi geraham saya yang besar berlubang, jika dicabut apakah bisa tumbuh lagi??

  40. dok, saya mau nanya. umur saya 14 tahun, gigi geraham besar saya ada yang berlubang, jika dicabut apakah akan tumbuh lagi??

  41. Dokter gigi depan saya yg atas copot/lepas di saat saya msih menginjak kelas 3 sd dan sekarang umur saya 15 tahun tapi gigi depan saya tidak tumbuh kembali ….apkah ad solusinya dok atau saya mesti memakai gigi tiruan dok ….mohoh jawabannya

  42. dok q remaja umur 16 , dok gigi susu q baru copot ,tapi sekarang sudah mulai jadi setengahnya,
    apakah gigi q bakalan jadi lagi???
    dok,,,, telinga yg kanan terasa baal setengahnya wajah itu apa penyebabnya????
    makasih dok…,

  43. Dok umurku 17thn gigi depan bagian atas keropos 3 yg dua patah apa yg patah boleh dicabut ?

Comments are closed.