Kesehatan Gigi dan Mulut

DRGNITA: Gigi Bungsu, Kenapa Suka Bermasalah?

Gigi bungsu.. Wisdom teeth.. Gigi geraham ke-tiga.. Impacted teeth.. Apa pun panggilannya, gigi ini sering banget jadi keluhan para pasien. Hampir tiap saya praktek, adaaaa aja yang mengeluhkan gigi ini.

imageKenapa ya gigi bungsu suka bermasalah?

Gigi bungsu ini adalah gigi tetap yang terakhir tumbuh di dalam rahang kita. Usia normal pertumbuhan gigi bungsu adalah sekitar 17-21 tahun (simak juga post “Waktu tumbuh gigi susu dan gigi tetap“). Namun di jaman sekarang banyak sekali yang gigi bungsunya tidak tumbuh atau tertanam di dalam tulang karena gigi ini tumbuh saat pertumbuhan radang sudah berhenti, sehingga tidak cukup ruang. Atau bisa juga berhasil tumbuh tapi bermasalah dan menimbulkan sakit.

Masalah yang sering timbul pada gigi bungsu:

Sakit pada kepala.

Sakit kepala ini bisa terlokalisir atau menyebar. Penyebabnya bisa karena gigi bungsu menekan ujung syaraf bisa juga timbul rasa sakit karena sudah terjadi infeksi.

Gigi impaksi atau tidak bisa tumbuh.

Gigi yang tidak bisa tumbuh kadang baik-baik saja, kadang pula bisa menimbulkan masalah. Apabila di usia 17-21 tahun tidak ada tanda-tanda gigi yang mau tumbuh, lebih baik datang ke dokter gigi untuk memastikan ada atau tidaknya benih gigi bungsu. Lebih baik mencegah daripada mengobati kan? ๐Ÿ™‚

image

Keadaan patologis pada tulang sekitar.

Gigi bungsu yang tidak bisa tumbuh bisa menjadi pencetus terbentuknya abses (apabila terinfeksi), tumor, atau kista.

image

Radang gusi di sekitar gigi bungsu (pericoronitis atau operculitis).

Hal ini terjadi karena pada saat akan tumbuh, gigi harus menembus gusi sehingga timbul celah di antara gigi dan gusi. Apabila celah ini menjebak sisa makanan, plak dan bakteri akan menjadi infeksi dan radang gusi di sekitar gigi bungsu.

image

Gigi berantakan.

Gigi bungsu sering tumbuh dengan arah miring ke depan, sehingga mendorong gigi-gigi di depannya dan membuat gigi di depannya menjadi berantakan. Oleh karena itu, apabila ingin menggunakan kawat gigi, dokter gigi sering menganjurkan pengambilan gigi bungsu yang menjadi penyebab gigi berantakan.

Gigi berlubang.

Gigi bungsu berada di paling belakang sehingga sering tidak terjangkau oleh sikat gigi. Akibatnya, banyak sisa makanan terjebak di sana dan menjadi penyebab gigi berlubang. Yang berlubang bisa gigi bungsu itu sendiri atau gigi di sebelahnya. Pasien sering kali tidak menyadari hal ini, tau-tau sudah sakit saja.

image

image

Merusak akar gigi sebelahnya.

Selain menyebabkan gigi berantakan, gigi bungsu yang arah tumbuhnya ke depan juga dapat menyebabkan gigi di sebelahnya menjadi rusak.

image

Mengganggu pertumbuhan gigi sebelahnya.

Selain gigi bungsunya tidak tumbuh, gigi disebelahnya juga bisa ikut terbenam.

image

Banyak ya masalah yang bisa ditimbulkan oleh gigi bungsu. Bisa dicegah gak ya? Tentu bisa! ๐Ÿ˜€

Yang pertama tentu saja dengan cara rutin kontrol ke dokter gigi. Di sekitar umur 12-15 tahun, mahkota gigi bungsu sudah terbentuk sempurna sehingga dapat terlihat apabila dilakukan foto radiograf. Dari foto radiograf tersebut, dokter gigi bisa memprediksi dapat atau tidaknya gigi bungsu tersebut tumbuh dengan maksimal.

Apabila kemungkinan besar gigi tersebut akan menimbulkan masalah, dapat dilakukan tindakan pencabutan pencegahan (pada usia kurang dari 20 tahun). Pencabutan pencegahan ini lebih menguntungkan karena akar gigi sulung masih pendek, tulang lebih lunak, sehingga penyembuhan pun akan lebih cepat.

Mau konsultasi?
Baca syarat dan ketentuannya yaaa..

Referensi & Sumber Gambar:
๐ŸŒผ Oral Surgery, Fragiskos

Advertisements

58 Comments

  1. dancee says

    dok, kira2 kalo gigi ujung nya di cabut/di operasi gusinya itu biaya nya brpa yaa??

    • Hai Dancee,
      Tergantung operasinya di mana.. Kalau di RS pendidikan kurang dr 1 juta, tp klo di RS/klinik swasta bs di atas 2 juta

  2. Pingback: KGM: Periode Gigi Geligi | JNYNITA

  3. henny says

    mba nanya dong.. gigi bungsu ku tumbuh.. gede.. gusi sekitarnya bengkak.. sakit. klo sedang mengunyah kdg an ikut kegigit.. harus minum obat apa ya? perlu kah vitamin c tambahan. skrg sy sdg mnyusui

    • Hai Henny, untuk obat hanya dokter gigi yang lihat kasusnya yg boleh memberikan obat.. ๐Ÿ™‚

  4. Eka Perdanawati Yunus says

    Hi dr. Nita…
    Gigi M3 sy baru tumbuh. Tumbuhnya normal (tdk miring), tp tdk sejajar dg gigi lainnya, posisinya sekitar 3.5 mm lebih keluar dekat gusi. Mahkota giginya ini sepertinya sdh maksimal tumbuhnya, tp di atasnya ada gusi yg cukup tebal, dan sakit. Pelipis kanan sy jg kadang sakit seperti ketarik2. Sy sdh ke dokter gigi dikasi obat. Tp masih tetap sakit, makin sakit malah :’D. Dalam keadaan seperti ini, apakah sebaiknya segera dioperasi aja, Dok? Apakah cukup gusinya aja yg diangkat, ato sekalian giginya?

    Terima kasih ๐Ÿ™‚

  5. Lampor says

    Mbak, kalo misalnya gigi geraham bungsunya cuma numbuh separo doang, jadi masih ada ruang diantara gigi geraham bungsu sama yang didepannya, kan sisa makanan suka nyelip2 tuh. Kalo sy korekin pake lidi sehabis sikat gigi malam boleh gak sih mbak aturannya? Soalnya suka sy korek2in, ya lidinya sy kecilin lagi sih ukurannya sebelum sy buat ngorek2, dan juga setiap mau ngorek2, itu lidi sy siram air anget + alkohol dulu. Biar steril gitu maksudnya. Hehehehe.

    • Hahaa… daripada begitu terus menerus dan bisa bikin infeksi, lebih baik giginya dicabut ajaaa..

  6. Pingback: Sakit Gusi, Bukan Sakit Gigi | Meracau

  7. Saya.. saya.. *tunjuk tangan
    Kemaren abis cabut dua geraham bungsu, total hampir 2 jutaan. Untung pake asuransi.. hehe

    • Lebih bagus yang sesuai indikasi.. Hehe.. Kalau masih bisa disarung/dijaket/dipasang mahkota tiruan, itu lbh baik.. Tp klo udah gak bisa ya dicabut & pakai gigi palsu..

    • Kalau masih bs disarung/dijaket/dipasang mahkota tiruan, itu lbh baik. Kalau udah gak indikasi ya dicabut & pasang gigi palsu..

  8. Alhamdhulilah gihi bungsuku udah dicabut pas mo pake kawat jaman SMP dlu jadi ga senpet ngerasain sakit gigi yg bikin sakit ati itu :p

  9. Umur saya 16 tahun gigi bungsu saya tinggal setengah dan sekarang lagi sakit sakitnya. 5 bulan yg lalu saya pernah sakit juga dan ditambel tapi tambelannya hancur dan giginya sekarang tinggal setengah… Apakah harus dilakukan operasi supaya tidak menimbulkan sakit lagi?

    • 16 tahun? Yakin itu gigi bungsu yang bermasalah? Di usia segitu kemungkinan yang sudah berlubang itu gigi geraham ke-dua, gigi bungsu rata-rata tumbuh usia 17-21 tahun walau ada kemungkinan tumbuh lebih cepat atau lebih lambat. Datang kembali ke dokter giginya saja, soalnya beliau lah yang sudah pernah lihat kondisi giginya. ๐Ÿ™‚

    • Haha.. Pas aku nyabut gigi bungsu pasienku ada yg bentuknya spt payung, itu susahnya dicabutt.. Hiii..
      Gigi bungsu bentuknya emg suka aneh2..hehe..

  10. Pacar saya udah 2 bulan sakit gigi. Karena gigi bungsu ini menabrak gigi yang bolong…. ironisnya kami coba ke 3 dokter gigi dan analisa berbeda beda. Ada yang nambal saja, ada yang bilang harus bedah mulut, ada yang bilang gigi lama harus dicabut. Akhirnya cuman ditambal trus makan cataflam…. tambalan lepas… langsung bengkak lagi pipinya… -_-” malah curhat…

    • Hahaha.. Sbnrnya kata ke3 drg itu gak beda2 amat.. Jd m2-nya lubang dan m3-nya (si gigi bungsu) tumbuhnya miring dan masuk ke area gigi yang berlubang?
      Antara m2 dan m3 biasanya m2 yang dipertahankan, tergantung besarnya lubang gigi, bisa ditambal atau dicabut. Kalau pun ditambal, sepertinya itu udah butuh perawatan syaraf.
      Jika m3 yang dicabut (berhubung tumbuhnya miring) ya butuh drg spesialis bedah mulut..
      Pasti belum sampai di suruh foto ronsen yaa?

      • Sudah mba. Saya baru ingat. Ternyata gigi yang nabrak itu gak terlalu masalah setelah ronsen. Tapi yg bolong udah kena syaraf rusaknya. Mungkin nanti bakal dicabut… nice artikel mba… pasti banyak yg mengalami masalah gigi bungsu ini.

  11. Hai Mbak Nitha..

    aku giginya dua-duanya numbuh dan rasanya sampai dengan usia lebih dari yang mbak nitha tuliskan itu masih kerasa sakitnya.

    Gigi yang pertama tumbuh normal. Unfortunatelly, tidak ada ruang, saya sudah operasi untuk menggunting gusinya. Alhamdulillah saat ini baikbaik saja.

    Nah, yang satunya nih yang bikin saya gak karuan. Giginya sakit gak karuan, Dan posisi giginya tidur. ๐Ÿ˜ฆ harus dioperasi besar. Ah.. takut biaya sama ngelihat di youtube begitu bener ๐Ÿ˜ฆ

  12. Kalo aku gak ada masalah sama gigi bungsu nit, cuma lagi pengen mutihin gigi aja. nih ada masalah juga sama bekas kawat gigi, ntah lemnya ngrusak atau masih nempel, di tengah giginya kayak cadas (bekas berbentuk lingkaran gitu) sementara di sekelilingnya lebih licin. duh -__-

  13. Gw bermasalah banget.. udah tumbuhnya sakit.. sekarang malah lubang.. haiizzz s(ใƒป๏ฝ€ใƒ˜ยดใƒป;)ใ‚ž

  14. Waaa sering mba nit, mungkin karena itu ya, sikat gigi gak menjangkau sampai sana, pas ada sisa makanan yg terjebak jadi infeksi, gusi bengkak, kalo udah umur 24 gini gimana mbak nit ??

  15. waktu tumbuh sakit bgt, giliran udah nongol bolong segede2nya, dan akhirnya gigi bungsu kanan yang terakhir tumbuh akhirnya yang pertama wafat, alias dicabut sangking hebatnya bolongnya sampe abis itu mahkotanya, jadi mending dicabut aja huhuhu mana kaga diganti ama kantor lagi biayanya *ehkokcurcol

    • Itu karena gigi paling belakang susah dibersihkannya, makanya tiba2 aja bolong, gede pula.. Hehe..

  16. saya,,,gigi bungsunya tumbuh tapi setengah doang kayaknya,,kadang kalau makan kacang trus nembil di gigi bungsungnya pasti langsung bengkak deh gusi disekitarnya,,

    • Hooo.. Itu pericoronitis namanya Mbak.. Biasanya kalau kumat diobatin pake apa? Ttg pericoronitis udah dibuat post-nya, hehe, schecule-nya lusa.. ๐Ÿ˜€

      • jadi gak sabaran pengen baca ttg pericoronitis, ๐Ÿ˜€ bahaya gak sih kalo gigi bungsunya cuman tumbuh setengah gitu?
        kalo bengkak biasanya saya minum cortidex (isinya dexamethason),,,

        • Udah foto ronsen atau belum? Klo pericoronitis belum tentu dicabut, tergantung posisi giginya juga.. Drpd kambuhan terus & menghambat produktivitas, mendingan cpt ditangani mbak.. Sering makan obat antiinflamasi jg gak bagus, biasanya obat itu terpaksa banget diresepin..

        • belum pernah ronsen sih,,,tapi akyuu takut kalau harus dicabut, soalnya pernah liat di youtube simulasi buat cabut gigi bungsunya itu gusinya plus rahang dibeleh trus dicabut deh giginya, bener gak sih kayak gitu,,?hiks,,
          kalau minum obat anti inflamasinya beli atas insiatif sendiri, kan saya dulu kuliah apoteker ๐Ÿ˜€

      • Benernya sih pengen gw cabut aj.. udah tinggal mahkota doang.. lainnya ancur.. tapi ya itu.. ngaruh gak ya ama kegiatan menyusuiku???

        • Tinggal mahkotanya doang atau tinggal akarnya?? Nggak ganggu kok.. Daripada masalahnya tetep ada & tiba2 ‘isi’ lagi, hihihi..

        • Mahkota dan akar.. hohohoho.. siplah! Atur jadwal ke RS Gigi dan Mulut kalau gitu.. siap untuk dicabut!! Eikeh udah sebel ama kesusahan mengunyah ini…

Comments are closed.