Skip to content
Advertisements

BPN10 – 5 Buku yang Kurekomendasikan Untuk Dibaca

Hohohohohoho… Urusan rekomendasi ini hal yang syulit karena tiap orang bisa beda-beda selera. Saat ini rasanya gak ada yang bisa aku rekomendasikan banget-banget, yaa, urusan entertainment sepertinya setiap orang udah paham seleranya masing-masing dan tau gimana cara mendapatkannya. Kita mah cuma sharing pengalaman kita dan siapa tau jadi inspirasi untuk orang lain.

Topik challenge aslinya 5 rekomendasi buku/film/musik. Bisa milih berarti ya, aku pilih rekomendasiin buku aja soalnya buku itu walau udah keluaran lama jarang pernah usang. Tsaah..

#1 The Little Prince 

Buku ini termasuk dalam 1001 books you must read before you die! Aku sepakat sih. The Little Prince bisa jadi buku yang paling sering aku baca ulang karena ceritanya begitu ringan. Yang kusuka dari buku ini, karena ringan dan banyak ambiguitas bisa kita lihat dari berbagai perspektif. Setiap perspektif memberikan kesan tersendiri.

#2 Sebuah Seni Untuk Bersikap Bodo Amat

Merupakan buku yang terakhir kubaca dan aku banyak sepakat dengan poin-poin di dalamnya. Yes di jaman sekarang ini karena banyak distraksi dan komentar-komentar tak bertanggung jawab, kita harus gedein rasa bodo amat. Fokus ke diri sendiri daripada fokus ke pendapat orang lain.

#3 Spiritual Reading

Ada kalanya semangatku untuk belajar dan baca-baca turun banget, untuk menyemangatiku kembali biasanya aku baca buku ini. Membaca dan belajar itu bukanlah kewajiban, tapi sebenarnya kebutuhan kita sebagai manusia yang selalu ingin berkembang. Buku ini udah gak ada di aku, semoga bermanfaat di pemilik setelahku. 🙂

#4 Jane Eyre

Novel klasik yang manis, yang kubaca juga karena masuk dalam
1001 books you must read before you die. Untuk review dan pengalamanku saat membaca bisa langsung klik link di judul di atas yaa. Sayangnya karena ini novel klasik, sudah banyak yang kesulitan untuk mendapatkannya. Oh iya, novel ini juga ada filmnya dan aku pun sukaaa (waktu itu pinjem di Perpusdiknas).

#5 To Kill a Mockingbird

Buku ini merupakan buku yang akan aku rekomendasikan ke anakku kelak, dari sini aku belajar ilmu parenting walau banyak yang gak sesuai ‘keharusan’ tapi menurutku bisa banget bikin anak berkembang dan jadi dirinya sendiri. Sayangnya saat itu aku cuma pinjam, jadi keinget kalau nemu bukunya harus banget dibeli!

***

Antara baca buku, nonton film, atau dengerin musik aku jauh lebih merasa baca buku itu lebih bermanfaat dan lebih dapat banyak. Saat nonton film dengan waktu 2 jam, hikmah yang kita dapat gak bakal sebanyak kalau baca buku (buku yang bagus tentu saja). Untuk musik, aku berusaha menghindarinya, kalau pun bandel biasanya yang bahasanya asing (Kokoreaan misalnya, hohoho).

Kalau kamu lebih milih apa? Buku, film, atau musik?

Advertisements

6 Comments »

  1. Yang nomer satu akupun baca berulangkali. Suka dengan alur cerita dan maknanya yang dalam.
    Kalau kami sedang di rumah, radio selalu nyala sepanjang hari. Dari bangun tidur sampai menjelang makan malam. Muternya lagu anak-anak bahasa Belanda. Lihat TV hanya setelah makan malam, setengah jam, Berita malam. Buat aku pribadi, aku lebih suka tenggelam dalam bacaan. Aku baca ga hanya buku. Koran dan majalah pun masih baca karena di sini dapat gratisan. Lumayan bisa nambah-nambah pengetahuan dalam bahasa Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: