Journal, life

LIFE: No Coffee No Problem :)

image

Salah satu target di 101 in 1001 days-ku adalah minum kopi maksimal satu porsi/hari. Waktu buat target itu aku mikirnya mustahil banget bisa berhenti minum kopi, yang realistis adalah mengurangi porsi kopi.

Dalam sehari aku bisa beberapa kali minum kopi. Supaya bisa melek pagi-pagi aku minum kopi, supaya gak ngantuk pas nyetir juga butuh kopi, sampai mau shalat Isya pun minum kopi dulu supaya tetep β€˜on’, dan aku suka merasa sehari 24 jam itu gak cukup jadi untuk memperpendek masa tidur ya butuh ngopi.Β 

Aku tau ketergantungan sama kopi itu gak bagus, tapi yang akhirnya bikin aku memantabkan diri untuk berhenti minum kopi adalah salah satu materi kuliah di pengobatan klasik dan thibbun nabawi. Di kedokteran klasik, semua bahan tambahan pangan (walau statusnya aman) gak bisa dicerna dan diserap oleh tubuh, karena itu bahan tambahan pangan itu pun numpuk yang nantinya bisa jadi penyakit seperti radang, tumor, kista, dll.

Dalam kopi yang kuminum pasti banyak bahan tambahan pangan yang gak bisa diserap oleh tubuh, karena yang kuminum adalah kopi instan bukan kopi hitam tanpa gula. Dalam kopi instan pasti ada pemanis buatan, penyedap rasa, pengawet, dan sebagainya. Karena alasan ini akhirnya aku bisa memantabkan niat untuk berhenti minum kopi.

Bulan Ramadhan aku anggap sebagai waktu yang tepat untuk menghentikan ketergantungan pada kopi. Konsumsi kopi aku ganti dengan minum teh dengan gula atau madu. Setiap berhasil melalui hari tanpa minum kopi, aku catat dalam aplikasi Habitbull (Android). Sempet beberapa kali gagal tapi abis itu langsung kapok karena sekalinya minum kopi langsung gak bisa tidur sama sekali. Seriusan aku tetep melek sampai pagi! Haha, padahal dulu mah abis minum kopi kalau mau tidur ya tidur ajaa..

Yang kurasakan setelah sekitar 3 bulan mengurangi konsumsi kopi:

  • Gak ketergantungan kopi lagi. Gak punya stok kopi di rumah ya gak masalah. πŸ™‚Β 
  • Mood lebih terkontrol. Pas banyak minum kopi aku sering merasa uring-uringan, sekarang udah nggak.
  • Sebelumnya aku punya benjolan di telinga yang sakit apabila ditekan, sekarang benjolannya sudah sangat mengecil (hampir tidak teraba) dan tidak sakit. Tapi ini bukan karena kopi aja kayaknya karena selain ngurangin kopi, aku juga ngurangin gorengan dan jajanan. πŸ˜€
  • Lebih hemat, haha. πŸ™‚

Aku lega banget bisa lepas ketergantungan sama kopi. πŸ™‚

Advertisements

24 Comments

  1. Pingback: HEALTH: Cara Untuk Selalu Sehat? | JNYNITA.com

    • Iyaa., skrg malah jd gak berani nyentuh kopi, takut kembali mengalami masa-masa kurang enak.. πŸ™‚

  2. permatakusumadewi says

    nit,, gw pengen nulis,, but it’s hard to start

  3. Hore!! Congrats! πŸ™‚
    Wahh aku masih berjuang nih, tadinya ketergantungan juga.. Skrg lg ngurangin, mau ga mau krn perutnya ngga kuat huhu

    • Kalau ngurangin bakal susah malah (soalnya udah bbrp kali coba ngurangin), hrs frontal berhenti minum kopi.. Semangat ✊

  4. Benjolan di telinga itu kira-kira apa ya Mbak… :hehe.
    Saya bersyukur saya tidak suka kopi dan tidak terbiasa minum kopi selain dulu pas kecil sedikit sebagai pencegahan step. Cuma saya sukanya teh manis sih… duh memang paling bagus itu minum air putih ya. Teh manis juga tidak bagus soalnya kalau kebanyakan gula bisa diabetes.

    • Hehehe.. Skrg masalahku banyak minum teh,, hrs mulai dihilangkan.. Kopi & teh aslinya minuman utk bersosialisasi, para tabib dulu mengganti anggur dgn teh & kopi.. Kalau pas sendiri harusnya minum air putih ajah…

      • Banyak minum teh juga salah ya Mbak? Padahal saya suka teh lho :hehe. Tapi memang betul ya, paling bagus minum air putih :)).

  5. Selamat Mb, apapun jika berlebihan ga bagus ya.. Haha, tapi baru tau ada wanita semaniak itu dgn kopi. Saya skrg ganti jahe merah kopi jadi ditinggalin.

  6. Wah selamat sudah bebas dari ketergantungan. Saya sih minum kopi, tapi bisa dihitung dengan jari dalam setahun, hehehe… Kadang dalam sebulan gak minum.
    Saya belajar dari paman yang maniak kopi akhirnya kena sakit maag akut.

  7. Waaah selamat mba…
    aku termasuk orang yang ngga terlalu suka sama kopi, kalau minum kopi suka sendawa terus dari jam minum kopi sampe makan 2 kali (ada waktu jedanya yaa) baru bisa berhenti..
    pernah minum kopi seharian ngga bisa tidur sampe pagi lagi, hasilnya izin 2 jam sebelum berangkat kerja demi tidur dulu.. hehe

Comments are closed.