Kesehatan Gigi dan Mulut

DRGNITA: Instruksi Setelah Pencabutan Gigi

Pencabutan gigi merupakan prosedur kedokteran gigi yang sering ditunda-tunda oleh pasien. Pada umumnya pasien cukup puas dengan sembuh karena obat, padahal obat diberikan hanya sebagai persiapan percabutan gigi. Gigi yang bermasalah apabila tidak dicabut kemungkinan besar akan menimbulkan sakit lagi. Jika dibandingan, sakit karena pencabutan gigi gak sesakit sakit gigi itu sendiri, jadi daripada mengalami sakit berulang lebih baik sakit sekali saat pencabutan gigi.

Naaah setelah berani melakukan pencabutan gigi, ada beberapa instruksi yang harus dipatuhi oleh pasien, yaitu…

image

Yang harus dilakukan setelah pencabutan gigi:

  • Gigit kapas atau kasa minimal 1 jam. Biasanya setelah cabut gigi, dokter gigi memberikan cadangan kasa sehingga apabila kasa sudah basah atau tidak nyaman bisa langsung dihanti.
  • Jika lebih dari satu jam masih ada perdarahan, ganti kapas atau kasa tersebut.
  • Minum obat yang telah diberikan sesuai petunjuk dokter. Biasanya diresepkan antibiotik yang harus dihabiskan dan antisakit yang dimakan pada saat sakit saja. Jangan sembarangan minum obat karena ada beberapa obat yang harus dihindari setelah pencabutan gigi.
  • Makan atau minum yang dingin-dingin bisa mempercepat berhentinya darah.

Yang harus dihindari setelah pencabutan gigi:

  • Memegang luka, memainkan bekas luka dengan jari atau lidah. Luka bekas pencabutan bisa lebih lama sembuhnya.
  • Berkumur dengan keras, sering membuang ludah dan menghisap-hisap bekas luka pencabutan. Jika ini dilakukan, bekuan darah bisa lepas dan bisa terjadi perdarahan lagi.
  • Makan dan minuman yang panas dan pedas setelah pencabutan.
  • Merokok selama 72 jam setelah pencabutan gigi.
  • Minum alkohol selama 48 jam pencabutan gigi.

Secara ringkas bisa lihat di gambar di bawah…

imageTerkadang proses pencabutan gigi tidak semulus yang diharapkan sehingga butuh dilakukan bedah minor dan penjahitan. Oleh karena itu butuh instruksi khusus.

Instruksi khusus jika pencabutannya sulit

  • Istirahat di hari pencabutan gigi.
  • Kompres air es pada pipi daerah pencabutan gigi karena ada kecenderungan terjadi pembengkakan.
  • Makan makanan yang lunak di hari pencabutan gigi.
  • Sikat gigi dan menggunakan dental floss seperti biasa, namun hindari daerah pencabutan gigi.
  • Cabut benang seminggu setelah pencabutan gigi.

Instruksi ini dibuat supaya darah bekas pencabutan gigi bisa cepat berhenti sehingga bisa makan dan minum dengan nyaman lagi. Normalnya darah setelah pencabutan akan berhenti setelah 1-2 jam, jika lebih dari 2 jam darah masih mengalir terus bisa dilakukan kompres dengan es dan segera periksa ke dokter gigi.

Setelah gigi dicabut dan terjadi penyembuhan total, gigi sebaiknya diganti dengan menggunakan gigi tiruan. Tapi jangan buat sama tukang gigi yaaa…  🙂

Semoga tips-nya bermanfaat, bagi teman-teman yang giginya sehat, ayooo jaga jangan sampai merasakan sakit. Lebih baik datang ke dokter gigi hanya untuk kontrol rutin dan pembersihan gigi. Oke oke?? 😉

P.s. Post tentang kedokteran gigi yang menarik lainnya.. 🙂

Advertisements

136 Comments

  1. Ridwan says

    Salam dokter..saya mau tanya 3 hari lalu saya cabut gigi, tapi sampai sekarang mulut saya masih terasa obat dok..bagaimana cara menghilangkan bau obat di mulut saya do..terima kasih

    • Bau obat mungkin karena masih minum obat yang diresepkan atau sugesti saja.. tenang aja ya Mas, jangan terlalu dipikirkan gigi yang sudah dicabut. 😀

  2. salinda says

    hallo ibu, sy mau nanya, semalam saya cabut 2 gigi graham krn tubuh miring sama yg sebelahnya rusak obt dri dr.Bm cefadroxi & spedifen. setelah cabut +- 4 jam pipi sy membengkak sampai sekarang.
    Apakah pembengkakan ini hanya beberapa hari saja paska penyembuhan atau saya harus kembali ke dokter tersebut?
    Ditunggu jawabnya Terimakasih.

    • Hai Ibu Salinda… Bengkak paska pencabutan gigi wajar jika sampai 1-3 hari… Untuk 24 jam pertama bengkak bisa dikompres dengan air dingin, selebihnya kompres bengkak dengan air hangat… Obat dari dokter harap diminum sesuai anjuran..

  3. siti syarah amalia says

    Dok, saya mau nanyak lagi. Bagaimana pencabutan gigi yang sesuai prosedur?
    Terimkasih dok 😊

  4. siti syarah amalia says

    Dok, cabut gigi itu pakai alat apa? Tang?
    Trus misalnya ada drg kerja di puskesmas di desa terpencil. Dia melakukan pekerjaannya hanya dgn alat2 sedeharhana. Yaitu 2 buah tang. 1 buah untuk rahang atas, 1 lagi untuk rahang bawah. Tiba2 ada pasien datang ke drg itu ingin mencabut gigi taring rahang atas yg sudah nekrosis. Drg itu mencabut dgn menggunakan tang yg ada, kemudian terjadi fraktur dan gigi tersebut tidak dikeluarkan lagi oleh dokternya. Apakah drg itu melakukan malpraktek dok? Misalnya iya, boleh kasih alasannya gak dok. Terima kash dok 😊

  5. fadliyah says

    2hari lalu sy cbut gigi molar ke tga. Pencabutanny agk sulit. Hmpir 1,5jm bs di ambil.
    Djhit 3 tp mlmny jaitany lepas. Esok hriny gusi mulai bngkak. Resep dkter cataflam dan analsik.
    Ap perlu obt lain?? Tmksh

  6. deazy says

    Dok saya mau tanya dong.. saya baru aja melakukan operasi gigi graham belakang 2 hari yg lalu. 1 hari setelah operasi saya tidak mengalami kendala. tidak merasakan sakit dan tidak mengalami pembengkakan. Boleh ga saya makan yg panas dan pedas? butuh waktu brp lama agar saya dapat makan seperti biasa?

    • Hai Deazy, sudah 2 hari paska operasi bisa makan seperti biasa kok, cuma kalau giginya terasa perih atau merangsang luka keluar darah ya dikurangi kadar pedas & panasnya..

  7. Mbak,2 hari yang lalu saya cabut gigi bagian ke 4 dari belakang,,dan pada saat pencabutan ada akar yg tertinggal tapi itu akarnya kurang dari 1/3 kata dokter yg nyabut,,sisa akarnya udah dikit bnget jadi gak diambil tuh akarnya,kata dokter akan hancur dengan sendirinya,,apa benar tuh ?nah setelah pencabutan gigi gusi saya lubangnya lebar dan dalam mabk..awalnya mau dijahit tapi kata dokternya jarummnya gak ada,,jadi cuma dikasih sponge 2biji di gusi saya yg berlubang itu,,saya mau nanya,,itu sponge dicabutnya kapan yah mbak ?atau tuh sponge larut sendiri ?

    • Hai.. Sponsnya biasanya akan larut dan sisa akar yang tertinggal kemungkinan besar akan naik ke gusi.. Jika sudah muncul di permukaan gusi, mudah dicabut..

        • Klo darahnya banyak, dlm sekejap juga larut.. Tp ini kalau spons yg dimaksud adl spons utk berhentiin perdarahan ya, bukan kasa

        • Ia dok..ini bukan kasa..dokternya bilang sponge..saat ini spongenya masih ada..tapi udah mulai goyang mbak..itu normal gak mbak?oh yah terakhir kira2 sembuhnya berapa hari yah mbak ?soalnya dah bosan makan bubur terus -_-

        • Ia mbak…ini bukan kasa..dokternya bilang sponge..saat ini spongenya masih ada..tapi udah mulai goyang mbak..itu normal gak mbak?oh yah terakhir kira2 sembuhnya berapa hari yah mbak ?soalnya dah bosan makan bubur terus -_-

        • Hoo.. Santai aja Mas, bekas lukanya jangan dilihatin terus karena luka bekas pencabutan memang dalam.. Makannya seperti biasa saja.. Kalau sakit dan bengkak, makan obat sesuai anjuran drg, kalau gak mempan kontrol lagi saja…

  8. fitri says

    salam, dokter, semalam saya cabut gigi geraham, sampai sekarang masih nyeri, tp tdk dikasih resep sama dokter, masih sedikit2 pendarahan, kapasnya saya lepas, apa perlu dikapasin lg dan perlu minum obat? trimakasih dokter

  9. Sukmhawatysaid says

    Teruss kalau parahanx sdh lama baru sekarang sakitx yang sakit banget gmna tuhh
    Butuh respon

Comments are closed.