BlogZone

BLOGZONE: Flickr Untuk Back-up dan Galeri Foto

image

Kayaknya hampir semua orang yang melek internet tau yang namanya Flickr ya? Dahulu kala, saya taunya Flickr adalah socmed untuk sharing-sharing gambar (semacam Instagram) atau tempat untuk nyari gambar yang bisa diposting di blog, entah itu benar atau salah. Saya baru pakai Flickr akhir-akhir ini, tapi saya gunakan sebagai tempat untuk back-up gambar dan galeri foto yang tersinkronisasi.

Setiap saya motret via kamera atau handphone, saya selalu menyimpannya di laptop dan juga di hard disc external, jangan sampai deh kehilangan momen berharga. Sempat cari aplikasi atau web untuk menyimpan gambar-gambar di Cloud, tapi susah ternyata nemuin yang kapasitasnya paling besar dan praktis, sampai akhirnya saya menggunakan Flickr ini.

Flickr ngasih jatah data di cloud sebanyak 1 TERA! Huaaa gede banget kapasitasnya, untuk para fotografer mungkin itungannya termasuk kecil ya, tapi untuk saya ini lebih dari cukup. Laptop dan HDE saya yang cuma 500 GB aja belum penuh-penuh. Selain itu Flickr ini bisa di-private, jadi orang lain gak boleh lihat, tapi untuk jaga-jaga saya sih gak niat back-up foto yang aneh-aneh. :p

Flickr bisa juga autosync, tapi saya gak ngaktifin kemampuan ini, karena alasan safety. Tapi saya pakai resep IFTTT untuk langsung meng-upload hasil screenshots, foto-foto yang saya upload dan like di Instagram, dan gambar download-an dari internet.

Selain itu Flickr juga saya gunakan sebagai galeri foto. Akhir-akhir ini saya lumayan sering pindah-pindah HP dan setiap pindahan rasanya pengen copy semua data dari HP lainnya. Karena Flickr bisa sinkronisasi, saya gak perlu repot-repot melakukan itu lagi. Kalau butuh foto dari HP A ya bisa buka Flickr dari HP B, foto yang dibutuhkan bisa didownload, jadi gak perlu copy atau bluetooth-bluetooth-an dan jadi hemat memori SD card. Poin yang ini tentunya harus didukung dengan sinyal internet yang mumpuni ya.

Kesimpulannya saya cukup puas menggunakan Flickr ini sebagai tempat untuk back-up dan galeri foto, karena:
+ Kapasitasnya gede pisan, 1 tera.
+ Bisa disinkronisasi dengan HP  lainnya, pakai account yahoo. Bisa juga diakses via web.
+ Bisa di-private, tapi tetep janganlah upload foto yang aneh-aneh. :p
+ Bisa autosinkronisasi atau pakai resep IFTTT. Hidup automatic life! 😀

Oiya saya nyebut IFTTT beberapa kali, ada yang tau? Menurut saya yang buat IFTTT ini brilian sekali. Sampai saat ini saya masih utak-atik resep IFTTT, kalau udah puas dan merasa ini bener-bener bermanfaat, akan saya share di blog juga.

Btw, ada yang pakai Flickr juga?
Untuk apa Flickr-nya?
😉

Cek post tentang aplikasi android lainnya: evernote + pocket

Advertisements

9 Comments

  1. Pingback: Simpan di Pocket | JNYnita

  2. Pingback: Ide Baru?? | JNYnita

  3. saat bukan ada ketentuan tidak bahwa foto yang diupload menjadi hal flickr dan mereka bebas menggunakannya untuk apa aja?

    • Hahaha.. Aku mrs aman dgn diprivate.. Klo mrk pakai dan bs dilihat orang lain kan melanggar privacy-ku.. Dgn di-private, fotonya jg gak searchable kok..

      • sejatinya… ketika kita menyimpan dokumen atau foto di dalam media internet, sudah nggak ada privacy lagi. sebab data-data ersebut tersimpan di suatu tempat yang sebenarnya ada yang bisa mengakses seluruhnya.

        • Iya.. Makanya ttp jangan upload yang aneh-aneh, hehe.. Foto2ku rata2 masuk ke blog ini juga,, yang gak layak masuk dunia maya ya gak ku-upload.. Makanya aku gak aktifin autosync-nya, supaya bisa dipilah2 mana yang layak masuk sana & yang nggak..

  4. Official Gravatar of AppsNity Team says

    kita juga bisa menggunakan Flickr untuk menshare product-product kita

Comments are closed.