Journal

Merapikan Isi Otak pt.2

Menulis sudah menjadi kebutuhan bagiku. Medianya bisa di mana aja. Diary, planner, blog, Evernote, Simplenote, Onenote (haha ini jadul banget), Epistle, Draft, apa pun yang menurutku nyaman pada masanya.

Dari berbagai media itu bisa dikelompokkan menjadi 3:

  • Pen & paper
  • Aplikasi notes
  • Blog

Dalam satu waktu aku butuh tiga-tiganya.

Pen & Paper

Cara paling mudah, murah, praktis untuk menuangkan pikiran. Saat ini aku menggunakan planner ukuran personal untuk mencatat agenda, buat draft post, catat ide topik, merangkum, sampai curcol. Setiap hari aku bawa planner dan pulpen andalan ke mana-mana, pasti dibawa karena juga berfungsi sebagai dompet dan tempat menyimpan kartu ATM. 😀

Aplikasi Notes

Ada 3 aplikasi yang setia kupakai di handphone saat ini; Evernote, Simplenote, dan Draft. Evernote sebagai pusat penyimpanan, apa pun ujung-ujungnya masuk sana. Simplenote aku pakai karena suka tampilan yang simple dan ringan sesuai dengan namanya, notes-nya mudah di-publish sehingga gampang kalau ingin sharing catatan. Aku menggunakan Simplenotes untuk meng-copaste materi yang kuanggap penting dan curhat yang butuh dibaca orang lain. Draft difungsikan sesuai dengan namanya, mengetik draft untuk post. Draft ini bisa menggunakan format markdown sehingga bisa preview tampilannya saat di web.

Blog

Karena blog jnynita.com mau aku fokusin untuk tulisan yang bisa kuanggap high quality, aku jadi gak bebas untuk post di sana. Sekarang memang jadi lebih rapi isinya namun aku kehilangan tempat untuk menyalurkan apa yang kupikirkan (merapikan isi otak), mendokumentasikan hidup, dan menuangkan kreatifitas tanpa peduli apa yang orang lain pikirkan.

Dulu blog jnynita bisa post lebih dari satu post sehari, yang menandakan otakku lagi sibuk pada saat itu. Banyak post yang dihasilkan membuat aku senang. Bagiku post-post itu evergreen, sampai sekarang aku masih suka baca-bacanya.

Karena blog jnynita.com udah gak sebebas dulu, makanya aku aktivasi blog ini yang followers-nya masih sangat sedikit (kurang dari 10 vs 1000!). Ritme menulisnya juga berbeda. Di blog ini aku tipikal type and publish, tapi kalau di jnynita.com bisa berkali-kali edit. Draft pertama itu selalu jelek soalnya. Haha.

Blog ini.. Rencananya akan untuk:

  • Mencatat keseharian
  • Dokumentasi hidup
  • Ikutan challenge dan giveaway (post English Friday juga akan dipost di sini)
  • Mencatat raw idea sebelum dimatangkan dalam jnynita.com
  • Creativity outlet

Kalau di jnynita.com beberapa kali aku dapat kritikan seperti readernya kepenuhan feed dari aku, kalau kualitas post lagi kurang oke bisa ada yang kritik juga, ya begitulah. Di sini bebas-bebas aja dong ya. Haha..

p.s. Diary vs Blog + Kembali newbie dan harapan ke depan + Kapan kamu mulai ngeblog?
p.p.s. Kalau post ini dibaca ulang, bawaannya gatel pengen edit. Biarlah apa adanya saja. 🙂

Advertisements

1 Comment

  1. Gara says

    Terima kasih ya buat rekomendasi aplikasinya :hehe. Kebetulan saya juga lagi cari aplikasi draft supaya tidak ada lagi insiden ketikan-hilang-di-kantor :haha.
    Well, feel free to write anything. Saya mengerti bagaimana rasanya butuh saluran untuk letikan ide yang terus meloncat seperti kelinci :)).
    Semangat menulis, Mbak :)).

Comments are closed.