Journal

BEC: Blog English Club Update

Unpredictable!
Merupakan satu kata yang kami (para Admin) pilih untuk menggambarkan BEC atau Blog English Club yang baru launching minggu lalu tapi antusiasmenya lumayan besar. Sampai saat ini tercatat sebanyak 44 member grup whatsapp, 39 peserta English Friday, dan masih ada blogger-blogger lain yang ingin bergabung.

Semangat belajar member BEC yang tinggi membuat para admin memutar otak untuk mencari bentuk BEC yang lebih asik. Hal pertama yang kami lakukan adalah meminta bantuan dari para blogger yang sudah fasih menggunakan Bahasa Inggris untuk menjadi mentor. Alhamdulillah responnya baik sehingga di BEC sekarang terdapat 4 mentor yaitu Mbak Yoyen (chezlorraine.wordpress.com), Mbak Mikan (riemikan.wordpress.com), Mbak Eva (sikoperbiru.wordpress.com), dan Mbak Nana (ourlivetogether.wordpress.com). Di BEC kami menyebut mentor sebagai Grammar Nazi, cool ya! πŸ˜‰

Aktivitas BEC masih sama dengan yang sebelumnya yaitu membuat post dalam Bahasa Inggris setiap hari Jumat dan ngobrol menggunakan Bahasa Inggris di grup Whatsapp. Yang berbeda sekarang adalah Grup Whatsapp-nya jadi ada dua yaitu BEC’s Learning Group dan BEC’s Chit Chat Group.

English Friday
English friday merupakan post menggunakan Bahasa Inggris setiap hari jumat. Kalau topik minggu lalu adalah One Word For 2015, topik minggu ini adalah Wildest Dreams. Baik member BEC maupun bukan bisa ikut English Friday ini, bedanya jika terdaftar menjadi member BEC akan mendapat kesempatan untuk dikoreksi oleh para mentor lewat kolom komentar.

BEC’s Learning Group
BEC’s Learning Group merupakan group Whatsapp yang memfasilitasi member untuk belajar Bahasa Inggris dari para mentor. BEC’s Learning Group hanya buka setiap hari Senin, Rabu, dan Jumat pada pukul 08.00-14.00 WIB.

Agenda BEC’s Learning Group:
Senin: Pembahasan post yang ikut English Friday. Ada 4 post yang akan didiskusikan grammar dan pemilihan katanya, secara detail, perkalimat!
Rabu: Pembahasan materi Bahasa Inggris dan topik khusus sebagai persiapan English Friday. Contoh materi yang dibahas minggu lalu adalah simple dan future tense.
Jumat: Sharing link English Friday disertai obrolan curcol tentang proses pembuatan post English Friday. πŸ˜‰

Adanya pembatasan waktu di BEC’s Learning Group adalah karena para mentor yang berada di 4 negara yang berbeda dengan waktu yang berbeda pula. Menurut pengamatan admin, jam 08.00-14.00 WIB merupakan waktu yang paling tepat. Oiya, para mentor ini akan mengkoreksi grammar dan pemilihan kata pada saat chat di group, maka istilahnya Grammar Nazis. πŸ˜€

Aturan lebih lengkap tentang BEC’s Learning Group bisa dilihat di post-nya Mas Ryan: BEC Update.

BEC’s Chit Chat Group
Group Chit Chat ini bener-bener untuk ngobrol doang, di sini tidak ada mentor, jadi yang mengkoreksi adalah sesama member.Β  BEC’s Chit Chat Group ini dibuat untuk memfasilitasi para member mengenal member yang lainnya dan untuk membiasakan berbicara menggunakan bahasa Inggris.

BEC’s Chit Chat Group buka 24 jam sehari dalam seminggu, terserah mau obrolin apa aja asal menghormati satu sama lain dan jangan berkelompok. Topik obrolan harus umum sehingga member dari usianya belasan tahun hingga puluhan tahun tetap bisa ikutan ngobrol.

Cara Bergabung BEC
Karena lumayan banyak yang mau ikutan BEC dan admin sudah mulai kesulitan untuk mendatanya akhirnya kami membuat Formulir Pendaftaran BEC. Di formulir tersebut teman-teman bisa memilih ikut aktivitas di blog saja atau gabung ke grup Whatsapp-nya juga. Yang sudah bergabung harap isi formulir juga ya untuk database. πŸ˜‰

Sudah ada beberapa permintaan untuk membuat blog khusus BEC sehingga lebih mudah untuk memberikan link balik dan rekapitulasi English Friday, namun dari pihak Admin memilih untuk menunda pembuatan Blog ini, kami ingin mengetes ombak dulu. Jika dalam 10 minggu para member BEC masih antusias, tanpa ragu admin akan buat blog khusus BEC! πŸ™‚

Sekian post BEC’s Update kali ini. InsyaAllah sudah cukup jelas yaa.
Bagi yang tertarik gabung silahkan isi Formulir Pendaftarannya.
Bagi yang sudah gabung, boleh lhoo tulis kesan-kesannya selama jadi member BEC di kolom komentar. πŸ˜‰
image
Untuk mempermudah rekapitulasi, setelah buat post isi formulir di bawah ini yaa.. πŸ™‚

Advertisements

83 Comments

  1. akhirnya bisa menemukan group kaya gni
    boleh gabung mas
    file pendaftarannya setelah di klik “page not found”
    jadi bisa masukan saya ke group tidak ? 08111139555

    terima kasih sebelumnya

  2. Pingback: [EF #5] Me, EL, Blogging, and BEC | andinaseptiarani

  3. Pingback: Januari 2015 | JNYnita

  4. Pingback: EF #1. Wildest Dream: Build Hundreds Squaremeters House | Portofolio Prita

  5. Pingback: [BEC-EF] My Wildest Dream | de[Bagpacker]'s Story

  6. Eh sekarang sudah berhasil isi form nya, pakai awalan http:// Mudah-mudahan masih diterima pendaftarannya hihihi

    • Kalau mw ikut blog challenges bs mulai dr skrg, tp kalau ikut wa group, kita add member tiap hr jumat ya Mbak.. πŸ™‚

  7. Hai hai.. mau gabung masih bisa gak ya? Tadi aku udah coba isi form nya, tapi kok bagian blog address nya terus-terusan dpt notif ‘please fill valid URL’ ya, padahal udah kuisi sama dengan yang di form komen ini

  8. Pingback: [EF #2] The (Once) Little Girl’s Unexpected Dream | andinaseptiarani

  9. Faraziyya says

    Hi, mba Nita. Assalamu’alaykum πŸ™‚
    Aku baru tahu nih tentang EF & BEC. Menarik banget. Pas dengan goalku untuk lebih banyak bikin review buku dalam bahasa inggris. Meski untuk BEC ini aku daftarin blog personal bukan blog buku, tapi kan poinnya sama: belajar menulis berbahasa inggris. So far aku cuma pasif, bacaan doang yg bahasa inggris tapi belepotan untuk ngasih memberi feedback berbahasa inggris.
    So, count me in!
    *I’ll fill in the form rightaway~ πŸ˜‰

  10. Wah, bagus! Jadi ga sekedar ngobrol doang, bisa sambil belajar.
    Well, kalo bisa saran, sebenarnya bagus menggunakan aplikasi LINE, karena di LINE ada fitur notes di setiap grup. Jadi member bisa posting di notes tersebut, dan semua org bisa komentar dan terfokus pada postingan tersebut tanpa khawatir tertimpa dengan histori chatting. Member baru juga masih bisa melihat postingan yang lama.

    Kalau mau gabung daftarnya di mana ya?

    • Awalnya pakai line mas.. Cuma kebanyakan member gak punya line.. Mau gak mau wa dan emang jd ada PR utk notulensi..

      Utk pendaftaran bisa klik link formulir pendaftaran yang ada di post ya Mas.. Ditunggu.. πŸ˜€

  11. kinanthi8p says

    kunjungan perdana, hasil “nguping” dr blognya bukanbucahbiasa ttg BEC.
    InsyaAllah, niat banget utk gabung, secara kemampuan bahasa Inggris saya msh amburadul. Perlu wadah/komunitas utk mengasah bahasa Inggris.

    Dan kebetulan, sebenarnya saya sdh membuat blog khusus dg konten bahasa Inggris tapi blm aktif bangettt

    • Sip Mbak.. Diisi formulirnya ya Mbak.. Jika ikut grup whatsappnya jg, bsok akan diundang utk ikut Learning group-nya..

  12. Ikutan ya mbak. Saya sudah isi form nya. Mudah2n bisa konsisten ikut. Makasih infonya ^^

  13. Salam kenal mba Nita πŸ™‚ Saya Andin, berminat untuk ikut blog challenge sama grup whatsapp juga. Barusan coba isi form pendaftaran, tapi waktu isi no hp untuk whatsapp, no hp saya dianggap nggak valid karena saya pakai nomer Malaysia dengan kode awal +60. Gimana ya mba solusinya? Makasih πŸ™‚

  14. Saya mau ikut mak ^^
    Baru minggu depan nih bisa daftar
    Bookmark dulu πŸ˜€

    Seruu idenya πŸ˜€

  15. bisa juga tuh usulnya Andik, buat agregator khusus BEC, biar admin nggak cape ngerekap
    aku juga pake aggregator dari blogspot, sangat bantu, semua orang bisa lihat

      • kl mau lihat contohnya sila ke happilykakmonda. blogspot.com, sm aja kayak buat blog tp nggak ada posting, cuma isi url aja, dan semua orang bisa lihat

        • Hhmm… Duluuu aku udah pernah lihat.. Semacam blogroll gitu ya?? Tp klo itu kan gak cm ef aja yg msk updatenya?

  16. Awesomely unpredictable Nit!!!

    Bener2 banyak terima kasih buat antusiasme semua member dan mentor. Keren.

  17. Huaaaa. Apakah gw bikin postingan soal BEC aja ya? Lagi mikir mau posting apa buat besok. Ihik!

    • Haaa.. Udah ada post shadow kan tuh.. Nanti aja buat post launching blog BEC.. *Optimis*

  18. Two thumbs up! Kalian bergerak sangat cepat dan koordinirnya bagus. Semoga tambah banyak yang ikutan ya Nit.

    • Terima kasih Mbak Yo.. Tanpa member dan mentor yang kece ya gak bakal jd seperti ini.. Admin cm berusaha mengimbangi.. πŸ™‚

      • Iya. Betul. Kalau antusiasmenya gak sedemikian hebat mungkin kita masih santai2 aja ya. πŸ˜€
        Makasih Mba Yo…. dan mentor lainnya dan juga member semua.

Comments are closed.