Kesehatan Gigi dan Mulut

DRGNITA: Pilih-pilih Pasta Gigi

Pasta gigi (dentifrice) adalah pasta yang berfungsi untuk membantu menghilangkan plak, bakteri pada gigi dan gusi, memberikan nutrisi pada gigi, serta memberikan rasa supaya tidak eneg saat menyikat gigi. Plak dan bakteri adalah penyebab utama penyakit pada gigi dan gusi. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus diingat dalam memilih pasta gigi…


image

Mengandung fluoride. Mayoritas pasta gigi sudah mengandung fluoride. Fluoride ini akan menggantikan ion gigi yang hilang sehingga gigi lebih tahan terhadap asam dan gigi tidak mudah berlubang

Tidak menggunakan pasta gigi yang bersifat whitening atau menghilangkan bercak gigi atau stain terus-menerus. Karena biasanya pasta gigi tersebut mengandung bahan yang dapat mengikis gigi (abrasif). Jika gigi terus-menerus terkikis, makin lama lapisan email gigi akan semakin menipis dan dapat mengakibatkan gigi sensitif. Gunakan seperlunya saja.

Jika gigi sering terasa ngilu saat penyikatan, gunakan pasta gigi sensitif. Gigi sensitif bukan yang ngilu saat makan panas dan dingin saja, namun apabila gigi terasa ngilu saat menyikat gigi, gigi juga dapat dinilai sensitif. Biasanya karena gigi ngilu saat disikat, pasien menghindari penyikatan di daerah ngilu tersebut dan membuat plak menumpuk, padahal dengan pasta gigi sensitif keluhan itu bisa dikurangi. Jika setelah penggunaan pasta gigi untuk gigi sensitif selama minimal 2 minggu belum meredakan keluhan, datang ke dokter gigi untuk penanganan gigi sensitif (desensitisasi).

Untuk anak, pilih pasta gigi yang aman jika tertelan. ;).

Cari-cari yang cocok. Sama seperti sikat gigi, pasta gigi juga cocok-cocokan. Pilih rasa yang bikin betah untuk menyikat gigi, karena sikat gigi kan minimal 2-3 menit.

Have fun. ^^β€ž

Mau konsultasi?
Baca syarat dan ketentuannya dan ikuti format di bawah ini ya.. πŸ™‚

image

Advertisements

32 Comments

  1. Dulu kami sekeluarga pakai merek yang sudah terkenal itu. Sekarang pindah ke brand baru yang murah tapi sangat memuaskan. Emang harus hati-hati terutama buat anak-anak ya Mbak πŸ™‚

  2. Aku biasanya milih yg herbal, rasanya lbh soft di mulut. Kalo buat anak2, pilihnya memang yang aman kalo tertelan. Rasa buah-buahan biasanya…spt rasa stroberi dll

  3. dirumah dapet gratisan sih dari ipar yang kerja di salah satu merk pasta gigi, jd sayang klo ga dipake hehehe

  4. aku masih tinggal dirumah org tua jadi pasta gigi pakai yg ada dirumah aja, belom beli dan pilih2 sendiri hahaha

    • Sama.. Klo aku beli sendiri biasanya merek tertentu dan itu-itu aja, tp klo dpt gratisan atau dibeliin ya aku pake itu, asal bukan pasta gigi dlm btk gel..

  5. yeayyyy…aku emak ekonomis, kalo milih pasta gigi sekalian yang sekeluarga terakomodir….milih yg tube besar, biar irit..gak bolak balik beli..

    • Aku jg gitu Mbak.. Bahkan beli bs lsg banyak, jd itk bbrp waktu lamanya gak mikirin pasta gigi.. Hehe..

  6. Kalau yg buat anak-anak itu kalau ketelen beneran ga apa-apa? Kalau disengaja gitu?

  7. Aku pakai yang herbal, karena kalsu pakai yang bisa terlalu keras di mulut rasanya jadi kurang nyaman.

    • Iya… Kalau pakai yang keras, beberapa saat kemudian muncul sariawan di mulutku. Huhuhu..

  8. Aku pakai yang herbal, karena kalsu pakai yang bisa terlalu keras di mulut rasanya jadi kurang nyaman.

  9. Kayaknya sekarang cari pasta gigi yang non whitening agak susah deh mba, lebih banyak yg ada whiteningnya

Comments are closed.