Journal, life

LIFE: Carpe Diem!

image

Dead Poets Society (1989), merupakan salah satu film yang sangat mempengaruhi saya. Setting ceritanya ada di sebuah sekolah yang kolot dan penuh aturan. Di sana ada seorang guru, John Keating diperankan oleh Robin Williams, yang mengajak muridnya untuk berekspresi dengan bebas tanpa terkekang aturan. Salah satu quote yang terkenal dari film itu adalah carpe diem atau seize the day!

Carpe diem berasal dari bahasa latin Carpo dan Diem. Carpo berarti “You pick, pluck, pluck off, cull, crop, gather, to eat food, to serve, to want, enjoy, seize, use, make use of” dan Diem berarti “day“. Secara keseluruhan carpe diem bisa diartikan dengan “enjoy the present, as opposed to placing all hope in the future” atau “the enjoyment of the pleasures of the moment without concern for the future“.

Carpe diem merupakan frase yang menginspirasi saya untuk merasakan segala hal yang saya temui di hidup ini. Inilah alasannya kenapa saya suka coba-coba hal yang baru. Terkadang yang saya coba itu adalah hal yang baik, kadang merupakan hal yang biasa saja, dan bisa juga hal yang buruk.

Untuk hal yang baik dan biasa saja, tak usah dipermasalahkan lah ya, saya juga udah sering share tentang ini di blog. Saat ini saya mau bahas yang buruk.

Saya itu orangnya selalu penasaran dan kepo. Untuk hal yang buruk juga begitu. Saya tau resikonya, tapi atas nama penasaran atau coba hal yang baru, tetep aja saya lakukan. Awalnya menyenangkan tapi sesudahnya diikuti penyesalan. Untuk melakukan hal-hal yang jelek, saya punya partner dan partner ini pun mengajak, let’s go the extramiles! Saya udah gak tertarik. Rasa nyeselnya gak enak. Ya sudah seseorang yang anggep saya teman pun akhirnya jadi nganggep saya musuhnya.

Sedih sih kehilangan teman. Tapi saya gak pengen seperti dulu lagi. Saya mau menganggap Nita yang itu sudah mati dan terlahir Nita yang baru. Apa yang sudah tertulis di masa lampau, tidak dapat dihapus, justru harus tetap ada sehingga kalau mau bandel lagi bisa lihat catatan yang itu. Oh iya, setelah lepas dari yang bandel-bandel, hidup jadi lebih enak dan lebih tenang sih. Tapi yang bandel-bandel itu selalu dihias-hias oleh setan dengan cantiknya sehingga saya masih suka tergoda. πŸ˜₯

Hffft…
Saya masih ber-carpe diem
Semoga bisa istiqomah untuk hal yang baik atau mubah saja.

Advertisements

34 Comments

  1. api panas, katanya, ah masak, pegang sendiri, eh iya… enjoy aja, pengalaman guru terbaik πŸ˜€

  2. sy pernah nonton film ini, dan salah satu yang most recommended, menurut saya

  3. Sudah nonton film ini, dan salah satu yang most recommended, menurut saya

  4. Waktu HBO muter film ini aku nonton Mbak..Tapi waktu moodku gak enak kali ya, sdh lupa jalan ceritanya πŸ™‚

    • Temen2ku yang nonton bareng juga pada tidur.. aku aja yang semangat, makanya gak diganti.. *nonton dvd*

  5. Belum pernah nonton sepertinya.
    Ajakan berbuat buruk memang lebih menggoda mba ketimbang ajakan baik… πŸ™‚
    Semoga Istiqomah untuk katakan tidak pada kebathilan…

  6. metamocca says

    punya “partner in crime” emang seru, tapi awalnya doang πŸ˜€

Comments are closed.