Journal, life

LIFE: Merapikan Isi Otak

Semua pasti sepakat kalau otak itu AMAZING!!! Sayangnya gak semua orang bisa mengoptimalkannya, termasuk saya, buktinya saat ini otak saya lagi kusut, huhuhu. Harus dirapikan, tapi how to??
image

Setiap hari, otak saya menerima banyak sekali informasi. Saya membaca buku, baca blog teman-teman, baca majalah, dengar radio, update gosip (penting abis!), merasakan makanan, mencium aroma, menikmati hasil foto-foto, dan sebagainya yang kalau disebutkan semua bisa bikin kalian gak fokus baca post ini, hehehe. Semua itu input yang masuk ke dalam otak saya di setiap harinya, banyak kan?

Saking banyaknya input yang masuk ke otak, saya jadi sering merasa dizzy. Pas lagi bengong-bengong asik tiba-tiba pikiran tentang A muncul, lalu keingat masalah B, mungkin solusinya C, tapi bagaimana dengan D? Pikiran datang dan pergi tidak sistematis, oleh karena itu butuh di-proses. Saya tidak ingin info-info yang masuk ke otak hilang begitu saja dan saya mau membuatnya sistematis.

How to process?
• Yang pertama, saat mendapatkan informasi, harus ditentukan dulu penting atau tidak, butuh disimpan atau tidak.
• Jika ingin disimpan ⇨ bookmark, print, foto, tulis, rekam, dll. Hal ini akan jadi raw data. Kadang juga cuma saya simpan di memori otak saya, kalau begini harus buru-buru ke langkah selanjutnya.
• Selanjutnya pengolahan data tersebut. Otak saya akan memproses kenapa ini begini, kenapa ini begitu, apa hubungan A dan B, dan sebagainya sehingga saya pun mendapat konklusi.
• Setelah punya konklusi, saya harus segera catat untuk selalu ingat. Mencatat adalah suatu cara untuk mengikat ilmu, kalau tidak diikat dia akan kabur lagi dan melayang-layang di kepala.

Salah satu media pencatatan saya adalah blog ini, jadi blog adalah output dari input yang masuk di kepala saya yang telah diproses. Setiap output di blog saya beri kategori dan tag, sehingga buah pikiran saya pun terorganisir. Saya mencari memori jadi lebih gampang daripada mencari di pikiran saya yang melayang-layang.

Jujur, saya senang kalau bisa buat post yang banyak yang menandakan proses ‘pencernaan’ otak saya berjalan dengan lancar. Pernah ada suatu masa saya merasa begitu banyak input dan susah untuk membuat output, sehingga saya pun melakukan information detox dengan membatasi input yang masuk hingga akhirnya sakaw informasi.

Post ini merupakan lanjutan dari Inside my head right now dan hal yang saya cantumkan di post ini adalah salah satu poin kenapa saya bisa banyak post dalam sehari, untuk poin lainnya insya Allah akan menyusul di post berikutnya. Bagi yang waktu itu request, sabar yaaa… (..)_

Ciao ^^„

image

Advertisements

51 Comments

  1. Pingback: LIFE: 3 Dementors | JNYNITA

  2. Pingback: Jadwal Internet | Letupan Kecil

  3. Pingback: Inside My Head Right Now pt.2 | JNYnita

  4. Pingback: Kembali Newbie dan Harapan ke depan :) | JNYnita

  5. Pingback: Alasan Bisa Banyak Post dalam Sehari | JNYnita's Treasures

  6. Pingback: Notes Ponstan untuk Mencatat Spontan | JNYnita's Treasures

  7. Tina Latief says

    hebat ya, otak bisa bekerja sebanyak itu..
    berpikir dari hasil respon terhadap rangsangan..
    lalu masih sempat membuat taksonomi..
    otak itu memang KEREN

  8. mengorganisir isi otak dengan blog memang seru.
    salut ama mbak nita bisa nulis banyak dalam sehari.

  9. wew,, terusin nulisnya ya.. Dulunya juga pengen ikut post a day, tapi lama- lama jadi gag fokus, tulisannya jadi amburadul.. Hehe..

    • Gak asik ini, rempong,, masih harus capek-capek nulis… enaknya langsung ada gadget yang bs mentransfer dari pikiran…

      • ntar diciptakan sis gadgetnya … langsung ngetik sendiri trus ngepost sendiri… gmana kalo ngerapiin pikiran yg aneh2 ya -_-” bisa di Block google mah wordpressnya 😀

  10. sakau informasi? bahkan terkadang ga ada satupun kata yang jadi ditulis.. 😀
    salam kenal dari riau, mbak.. 🙂

    • Sakau informasi itu sangat amat ingin mengisi otak, klo lagi sakau ya cari2 bacaan biasanya….

      Salam dr Bekasi ^^„

  11. aku jg sering overwhelming. saking banyak yg masuk ke otak jadi pusing sendiri. kadang ngebuat otak jd hiperaktif

    • Nonton masuk kategori wasting time, kecuali klo ditraktir nonton, hahaha…
      Klo belanja, udah cukup Ra, tobat tobat!! Skrg lagi shoping detox nih..

        • utie89 says

          Oalaaah.. Men-detox shopping toh. Kalau itu c aq angkat tangan, hihi hmm.. Mungkin dg sering2 mengunjungi “kalangan bawah” trus membantu mereka bisa mengurangi keinginan untuk shopping kak.

Comments are closed.