Proses Pembuatan Keputusan – Decision Making

Jalan hidup kita adalah hasil dari keputusan-keputusan kita sebelumnya. Yes or yes?

Dari statement di atas aku berpikir untuk menghasilkan kehidupan yang baik, harus bisa membuat keputusan yang baik. Saat membuat keputusan, kita akan menggunakan seluruh data yang kita punya untuk mepertimbangkan pilihan-pilihan yang ada. Oleh karena itu aku berusaha banyak baca, banyak belajar, banyak cari tahu supaya bisa membuat keputusan-keputusan di dalam hidup dengan yang lebih baik.

Premis 1: Semakin banyak pengetahuan, semakin banyak perspektif, pembuatan keputusan akan lebih baik.

Pemikiran yang di atas itu dulu menjadi suatu alasan kenapa aku semangat banget belajar macam-macam hal. Namun bertambahnya usia, pemikiran pun berubah. Hal yang aku pegang sebelumnya bukan hal yang salah, tapi masih punya kekurangan.

Kekurangannya adalah….

Sebanyak apa pun kita belajar, ilmu manusia itu terbatas. Siapakah yang punya ilmu tak terbatas?

Allah.

Allah tau semua data yang ada di dunia dan akhirat, di masa lalu dan masa yang akan datang, sehingga saat Allah membuat keputusan pasti keputusan yang terbaik!!! Dan bersyukurlah kita Allah ngasih sebuah sarana dalam membuat keputusan dengan Istikharah.

Dengan membuat keputusan berdasarkan istikharah, hidup jadi jauh lebih nyaman. Karena kita bisa membuat keputusan dengan lebih yakin, gak gampang goyang karena sudah dijalankan sesuai dengan alurnya. Setelah itu, buktikan yakinnya kita itu dengan berjuang dengan sungguh-sungguh. Lalu serahkan hasilnya kepada Allah.

Secara singkat rumusnya jadi seperti ini:

Yakin (Iman) + Bersungguh-sungguh atas hal yang bermanfaat (Ikhtiar) + Serahkan keputusannya kepada Allah (Tawakkal) = Pilihan Allah adalah yang terbaik = GOOD LIFE.


Banyak orang yang berpikir kalau istikharah hanya untuk keputusan-keputusan besar saja. But no-no.. Semua hal bisa dipilih berdasarkan istikharah.

Pas kemarin aku memutuskan untuk buat website baru juga pakai istikharah, karena aku akan menginvestasikan uang dan waktuku di sana. Ya Insyaa Allah keputusan dan pekerjaan yang dilakukan berdasarkan istikharah akan tetap jadi berkah dan bukan buang-buang waktu, walau bagaimana hasilnya siapa yang tau. 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.