Buku atau E-book? Preferensi Membaca Buku

Lebih milih baca buku cetak atau e-book? Di post sebelumnya aku bahas berdasarkan tipe atau genre buku yang dibaca. Kali ini aku mau bahas secara umum mengenai preferensi membaca buku.

Preferensi ini bukanlah hal yang layak untuk jadi perdebatan tentang metode apa yang terbaik, nyaman, dan mengasikkan. Tapi menurutku lebih ke personalnya aja, karena tiap orang beda-beda. Untuk tau jawaban mana metode yang paling tepat, harus kenal dengan diri sendiri dulu dan paham apa yang dibutuhkan.

Aku mendata poin-poin apa aja yang membuat buku cetak dan e-book lebih diminati (juga dalam perspektif orang lain). Aku tandain mana yang cocok sama keadaanku dan yang lebih nyaman bagiku, akhirnya e-book-lah pemenangnya….

BUKUE-BOOK
1. Suka sensasi buku baru.
2. Suka bolak-balik buku, entah untuk dibaca ulang atau cuma untuk dilihat-lihat.
3. Suka tampilan bukunya saat dipajang (estetis).
4. Suka aroma buku.
5. Lebih nyaman untuk dibaca.
6. Bisa diwariskan.
7. Sabar menunggu sampai waktunya bisa ke Toko Buku atau menunggu buku dikirim ke rumah.
8. Suka mengoleksinya.
9. Siap perawatannya.
10.Siap juga saat harus kehilangan buku (karena dipinjam atau terselip).
11. Rela menambah beban bawaan jika ingin membaca di perjalanan.
12. Jika pindah tempat tinggal, rela packing dan mindahin.
1. Tidak masalah membaca di layar dalam jangka waktu lama.
2. Terbiasa baca beberapa buku dalam satu periode.
3. Praktis, lebih tipis daripada buku pada umumnya.
4. Tidak memperdulikan sensasi membaca buku secara fisik seperti mencium aroma, membalik halaman, dan sebagainya. Yang penting bisa membaca buku.
5. Tidak suka punya banyak barang.
6. Suka baca sambil basah-basahan (sambil berjemur atau di bath-up) atau bukunya sering ketumpahan minuman. E-book reader biasanya tahan air.
7. Bisa membaca sample dulu baru memutuskan membeli.
8. Harga e-book relatif lebih murah.
9. Akses buku lebih cepat (khususnya buku import).
10. Jika file e-book hilang, mudah untuk mendownload lagi.
11. Saat harus pindah tempat tinggal, jauh lebih praktis.
12. Mudah untuk mencatat bagian-bagian penting (tinggal highlight).

Alasannya….

Dalam seminggu aku pindah-pindah tempat bernaung, repot banget kalau harus bawa buku secara fisik ke mana-mana. Jadi serba salah, dibawa berat, gak dibawa jadi gak dibaca-baca bukunya. Aku jadi lebih memilih baca e-book aja karena sudah menyatu di hp atau ipad (belum tertarik beli Kindle).

Secara harga juga jauh lebih murah. Satu buku bisa sampai ratusan ribu, kalau beli e-book harganya jadi lebih murah. Kalau bukunya tersedia di aplikasi Bookmate lebih asik lagi, karena sistemnya pakai subscription dan cuma 49 ribu per-bulan bisa bebas akses ke buku dan audiobook.

Aku juga kurang apik dalam memelihara buku. Buku jurnal kesayanganku saja bisa sampai hancur dan berjamur. Lalu bukuku juga sering ketumpahan air putih atau kopi, huhuhu.

Ada satu alasan lainnya. Kalau kita baca buku cetak, kita bisa lihat secara langsung halaman yang sudah dibaca dan belum dibaca bersarkan ketebalan halamannya. Selama ini, itu yang membebaniku kalau baca buku, rasanya tebel dan berat.

Kalau e-book, jumlah halaman yang dibaca dalam bentuk prosentase dan sisa halaman tercantum dalam bentuk angka. Melihat jumlah prosentasenya itu malah bikin makin semangat untuk menambah angkanya, tau-tau sudah tuntas saja bukunya.

Kalau kamu merasa lebih cocok buku cetak atau e-book?

Foto minjem dari nikaudemo.

8 thoughts on “Buku atau E-book? Preferensi Membaca Buku”

  1. Kita agak beda yaaaa, aku malah seneng banget Ama buku fisik mba :D. Cinta mati mungkin. Di rumah sampe ada book Corner yg mana jd spot favoritku kalo baca. Rak bukunya makin tinggi ke atas Krn tiap bulan aku slalu beli buku :D.

    Dari kecil sih aku suka bgt aroma buku, baru atopun bekas. Dan kalo beli buku, aku sebisa mungkin cari yg tebel2, tp isinya harus bagus juga. Makin tebal, aku makin tertarik tuh bacanya :D. Biasanya kalo beli beberapa buku, yg paling tebel, aku baca trakhir. Jd save the best for the last ;).

  2. Sesekali masih beli buku fisik, download ebook akhir akhir juga udah jarang. Pas baca ini kok penasaran mau beli versi ebook aja, mungkin harganya bisa lebih hemat juga

  3. jujur lebih suka versi buku kertas, kalau baca lama,ga terlalu perih kayak liat screen hp, skrg jd lebih sering e-book krn kondisi, dipikir2 kalau nitip buku dr indonesia sama ongkir bagasi terus masih dikirim pake post ke tempat sekarang, harganya bisa berkali lipat.

  4. secara praktis memang e-book sih mbak, bisa dibawa kemanapun.. hemat ruang juga..

    tapi bagaimanapun untuk kenyamanan membaca apalagi jangka panjang, buku cetak nggak ada lawan sih.. lebih berasa juga..

  5. Pengennya sih baca buku cetak krn lebih terasa menyerap ilmunya. Tapi setiap waktu malah hp aja y dipegang. Sy jadi tertarik baca ebook setelah tau preferensi sy lebih ke ebook itu 🤭

    1. Hehehe.. cuma kalau pakai HP bawaannya pasti pengen buka yang lain2 dan ada notif ya? Juga butuh settingan hp yang bisa bikin nyaman untuk baca banyak..

  6. Ya, setuju mba. Preferensi bukan untuk diperdebatkan. Yang paling penting adalah kesenangan yang didapat dari membaca hehehe..
    Saya sendiri kurang suka membaca di hp karena distraksinya jadi banyak. Lebih suka membaca buku cetak atau di kindle sekalian.

    1. HP-ku yang buat baca isinya minimalis,,, udah hp lama tapi rasionya lebar (gak kayak hp jaman skrg yang panjang), dan ada reading mode-nya.. jadi belum ngerasa butuh kindle, hehehe..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.