BUKU
Leave a Comment

Baca Buku Tanpa Buku?

Di post tentang Digital vs Pen and Paper lalu, ada satu poin yang aku skip dan Alhamdulillah-nya diingetin sama Messa yaitu tentang baca buku. Aku jadi mikirin kan.. Mendingan baca buku cetak atau versi digital-nya aja??

Kalau cuma ditanya lebih milih mana baca buku cetak atau digital? Jawabanku gak bisa saklek lebih milih yang mana, kayaknya tergantung topiknya dan buku apa. Sampai sekarang aku masih tertarik beli buku dan ada juga yang lebih milih untuk cari gratisannya aja atau beli e-book.

Buku Agama

Untuk buku agama, aku lebih milih beli bukunya langsung karena walau udah gampang banget cari Kitab Ulama yang versi digital, rasanya pada tanggung aja gitu, dan ini kan tentang agama, takutnya yang versi digital ada kesalahan ketik atau salah-salah lainnya yang aku gak sadar. Kalau buku versi cetak kan ada quality control dan kalau ada kesalahan bisa heboh diberitakan.

Text Book Materi Kuliah atau Buku Materi Soal

Untuk kategori ini, aku lebih milih punya yang versi digital karena biasanya cuma aku baca sekali dan langsung lebih milih baca rangkumannya aja. Text book kan biasanya tebel-tebel, ribet banget kalau harus bawa ke mana-mana apalagi pas udah lulus seperti sekarang ini yang butuh buka text book hanya kalau ada kasus menarik (walau yang pertama kali dibuka pasti google dulu, huehehe).

Dengan buku yang udah jadi pdf, jadi mudah aku akses di mana pun, lewat gadget apa pun. Saat harus cari suatu materi juga lebih gampang karena bisa pakai fungsi “search”. Gambar-gambar dan ilustrasi juga jadi lebih gampang didapat, tinggal screenshot lalu dimasukkan kedalam notes.

Buku Fiksi

Untuk buku fiksi, biasanya cuma aku baca sekali karena setelah tau jalan ceritanya ya udah gak kepo lagi kecuali kalau bukunya bagus banget dan waktuku lowong banget dan sayangnya hal ini udah gak pernah terjadi. Oleh karena itu untuk buku fiksi aku lebih milih baca versi e-book aja biar rak buku gak makin penuh.

Buku Nonfiksi

Untuk buku nonfiksi, aku coba baca versi digital aja dulu, kalau oke baru beli versi full-nya. Sayangnya ya, aku itu sering lupa buku-buku apa aja yang udah kubaca versi digital-nya, kayak menguap aja gitu. Beda dengan baca buku asli, aku inget buku apa aja yang udah kubaca. Kalau dinilai dari segi efisien-nya, beli buku digital memang lebih efisien (gak perlu ribet-ribet nyari toko mana yang jualan dan gak nambah-nambahin isi rak buku), tapi dari segi feel memang jauh banget. Mungkin untuk buku-buku yang beneran bagus aku beli buku cetaknya juga kali ya..

Kalau kamu lebih suka baca buku versi apa? Cetak atau digital?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.