Bullet Journal Tertua Nita, sejak 2005

Bullet journal menjadi trend beberapa tahun ini walau bullet journal yang nge-trend itu lebih seperti DIY journal daripada bullet journal seperti yang dimaksud oleh Ryder Caroll di blog dan bukunya. Saat nostalgia dengan jurnal-jurnal lamaku, aku jadi sadar bahwa bullet journal yang nge-trend itu sudah kulakukan sejak dulu kala. Hohoho..

Monthly planner dan rapid logging.
List.. List.. List..

Aku buat jurnal ini saat SMA kelas XII, lagi riweh-riwehnya persiapan Ujian Nasional dan SPMB. Ujian Nasional itu dulu momok banget karena banyak anak SMA yang akhirnya tidak lulus sekolah karena nilainya kurang. Aku tentu saja tidak ingin seperti itu.

Pelajaran yang harus dipelajari ada banyak, kalau gak dicicil dan dibuat jadwal belajar alamat gak kekejar belajarnya. Jadi dari bulan-bulan sebelumnya sudah aku list materi pelajarannya apa saja dan dibuat jadwal belajar. Karena malas memisahkan jadi beberapa buku, akhirnya semua numpuk jadi satu: diary, planner, to do list. Hampir mirip konsepnya bullet journal.

Setiap hari buku ini harus banget dibawa ke Sekolah. Temen-temen yang lain pada tau kalau dalam buku ini ada diary-nya juga tempat curcol-curcol segala hal termasuk gebetan di saat itu. Hahaha. Akhirnya jadi sering kejar-kejaran sama temen cowok yang iseng ambil dan pengen baca isi jurnal ini.

Isinya banyak yang memalukan. Cara menulisku yang besar kecil alay juga memalukan. Tapi sedih juga pas buku ini sempat terbengkalai di dalam kotak yang lembap sehingga jamuran dan tidak nyaman untuk dibaca-baca lagi. Saat itu juga aku sukanya nulis pakai pensil, jadi kurang jelas untuk dibaca. Tapi menguntungkan juga karena pensil tidak luntur.

Aku suka banget jurnal ini karena banyak kenangannya. Jenis bukunya juga aku suka karena kotak-kotak. Pas tahun 2005 buku kotak-kotak yang fancy masih sangat jarang dan buku ini pun itungannya lumayan mahal saat itu, 40 ribu! Sedihnya saat buku ini sudah tertulis semua, aku gak bisa nemuin buku seperti ini lagi. 😦

Foto yang terakhir ini bonus!! Catatan tentang lagu-lagu yang kusuka di masa itu. Jaman masih buat kompilasi lagu pakai merekam di kaset. Ahhh!!

One thought on “Bullet Journal Tertua Nita, sejak 2005”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.