Skip to content
Advertisements

Skincare Routine Saat Kulit Berjerawat dan Iritasi

Minggu lalu sempat ada masanya lelah sekali setiap pulang praktek ditambah jadwal halangan yang lebih cepat dari seharusnya sehingga kulitku pun tumbuh banyak jerawat, merah-merah, dan iritasi. Ya kalau begini aku gak bisa pakai skincare yang biasanya, butuh dimodifikasi supaya kulitnya gak tambah ngambek.

PM Skincare

Untuk malam hari setelah double cleansing pakai cleansing oil dan facial wash, aku semprotkan Miniso Little Daisy Relieving Spray untuk hidrasi. Lalu pakai Evalen Krim untuk mengeluarkan sumbatan-sumbatan. Dan supaya ngasih kelembapan dan gak iritasi aku pakai Avene Cicalfate Repair Cream (katanya ini bentuk barunya Avene Recovery Cream).

AM Skincare

Untuk pagi hari hampir sama seperti malam hari, bedanya aku pakai Biore UV Perfect Milk. Saat lagi iritasi, skin barrier kulitku rusak, jadi rentan fungal acne. Nah, saat seperti ini butuh pakai produknya yang ‘gak ngasih makan’ si fungal, Biore ini salah satunya.

Review singkat masing-masing produk

  • Miniso Little Daisy Relieving Spray

Produk ini aku kurang suka sih, karena walau judulnya relieving namun sedikit terasa perih baik di kulit dan di mata. Secara kandungan sih yang penting ada air dan glycerin sehingga kelembapan kulit setelah cuci muka gak langsung hilang. Untuk kemampuan itu aja lumayan efektif. Setelah habis tidak akan kubeli lagi (dan belum tentu masih ada di Miniso juga).

  • Evalen Krim (Adapalene 0,1%)

Adapalene ini turunan Vitamin A tapi lebih gak mengiritasi dari pada Retin A (sebelumnya aku pakai Vitacid). Fungsinya sama bisa mengatasi jerawat dengan mempercepat penggantian sel kulit mati dari bagian dermis, tapi untuk anti-aging belum terbukti karena reseptornya berbeda.

  • Avene Cicalfate Repair Cream

Avene Recovery Cream itu andalan aku banget kalau kulit lagi iritasi, sayangnya udah gak nemuin ini di mana-mana, kata Mbak BA Avene sudah digantikan dengan Avene Cicalfate Repair Cream ini. Rasanya saat dipakai mirip-mirip aja namun aku lebih suka kemasan yang lama.

  • Biore UV Perfect Milk

Sunscreen ini pernah aku review di post Koleksi Sunscreen Juli 2018, merupakan salah satu sunscreen yang paling aku suka. Sayangnya masih ada alkohol, tapi kok ya kalau kulit lagi iritasi aku malah lumayan cocok sama ini. Selain ini aku juga suka Etude House Sunprise Watery Light.


Skincare routine ini lumayan efektif meredakan kulit iritasi, tapiiii beberapa hari kemudian muncul cystic acne karena cara kerjanya Evalen krim dengan mengeluarkan jerawat mendem yang di dalam (purging). Setelah masa purging, kulit lalu jadi lebih aman dari jerawat.

🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: