Beauty
Leave a Comment

BEAUTY: Pengalaman Pakai Vitacid (Retin A)

Pertengahan tahun lalu kulitku break out parah akibat banyak mencoba skincare. Alasan mencoba skincare karena pengen upgrade, hehehe, padahal udah cukup puas karena pakai Missha Time Revolution. Pas lagi fase itu pakai apa aja rasanya salah, kulitku gampang banget tersumbat pori-porinya lalu jadi banyak jerawat yang mendem-mendem gitu. Rasanya udah stuck banget.

Karena permasalahan terbesar saat itu adalah pore clogging, aku lalu inget untuk pakai retin A. Karena retin A bisa bantu untuk mengeluarkan racun-racun dari dalam, resikonya adalah ada fase jerawat-jerawat makin banyak keluar, kulit semakin sensitif, dan ada kemungkinan jadi gampang gosong kalau sunscreen-nya gak oke. Jika racun-racunnya udah keluar hasilnya biasanya oke, pori-pori makin kecil dan bonusnya bisa ngurangin keriput. Kupikir sekarang ini waktu yang tepat untuk pakai Retin A, karena udah kepala 3 dan belum ada rencana hamil dalam waktu dekat (karena Bapaknya belum muncul, hahaha). Retin A yang kupilih adalah Vitacid yang 0.025 dan 0.05.

Di awal pemakaian gak bisa langsung pakai setiap hari, tapi beberapa hari sekali, pas udah mulai kuat kulitnya baru deh pakai setiap hari. Sekarang ini aku pakai yang kadar 0.025 setiap hari selasa, jumat, sabtu, dan minggu dan pakai kadar 0.05 setiap hari senin dan kamis. Kenapa begitu? Karena yang kadar 0.025 ada di rumah Bekasi dan 0.05 ada di rumah Cikarang, hahaha.

20180114213335_IMG_0351-01.jpeg

Di awal pakai tentu saja jerawat-jerawat jadi pada keluar, tapi ya pede aja. Setiap ditanyain kenapa jerawatan jawabannya adalah “Emang sengaja dikeluarin”. Jerawat awal-awal yang lumayan gede dan mendem, ngeselin deh pokoknya. Setiap muncul jerawat yang gede dan ada isinya (cystic acne) aku pakai sticker jerawat aja supaya tangan gak gatel untuk ngutak-atik. Jerawat yang banyak keluar pada saat pakai retin-A disebut dengan purging. Apa itu purging? Cek video ini ya..

Yang menjadi tantangan adalah skincare lainnya apa? Karena Retin A ini adalah asam yang kuat sehingga skin barrier pun terancam sehingga selain pore clogging, ada satu faktor lain yang bikin kulit jerawatan yaitu jerawat radang karena merespon skincare yang kupakai. Kebayang gak?

Jadi begini. Radang itu suatu bentuk pertahanan tubuh karena sebuah serangan, tanda dari radang itu kemerahan, panas, bengkak, dan fungsinya terganggu. Jerawat merupakan salah satu jenis radang. Pas skin barrier kita terganggu, serangan dari luar bisa memicu radang (salah satu serangan adalah skincare) yang menghasilkan jerawat. Berbeda dengan jerawat pore clogging, jerawat karena skin barrier terganggu biasanya kecil-kecil sekitar 1 mm tapi langsung banyak. Haha.

Kriteria skincare yang kucari untuk menemani perawatan menggunakan Retin A:

  1. Cocok untuk kulit sensitif, bisa dipakai pas kulit lagi sensitif banget.
  2. Bisa bantu memperbaiki skin barrier.
  3. Bisa mengatasi kulit kering.

Hampir semua skincare aku langsung cari yang ringan, simple, dan bisa untuk kulit sensitif tapi harus tetep nyenengin, hehehe. First cleanser kembali pakai oil cleanser sehingga gak perlu usrek-usrek pakai kapas. Second cleanser jadi pakai yang busanya minimal. Butuh pakai toner untuk menenangkan kulit, seneng banget deh bisa nemuin Pyunkang Yul dan Klairs supple preparation toner. Yang perjuangan adalah mencari sunscreen, tapi Alhamdulillah bisa nemuin Etude House Sunprise Mild Watery Finish, mau kulit lagi iritasi pun sunscreen ini gak bikin perih pas aplikasinya.

Skincare yang bisa bantu memperbaiki skin barrier itu Cosrx snail essence. Cosrx ini suuuuper banget! Sebelum pakai Cosrx, setiap pakai Retin A kulitku langsung iritasi, gak nyaman banget deh. Setelah pakai Cosrx kulit jadi berasa lebih tenang gitu. Pokoknya Retin A ditambah Cosrx Snail Essence memang kombinasi yang ciamik! Untuk moisturizer aku pilih Etude House, dari namanya aja udah ada skin barrier-nya. Hahaha.

Dengan pakai Cosrx dan Etude House setelah pakai Retin A, lumayan ampuh mencegah kulit kering. Tapiii ada kalanya ya kering juga kalau udah lumayan lama, jika ini terjadi yang jadi penolong adalah The Body Shop Oil of Life yang kupakai sebelum Retin A. Aku pakai TBS Oil of Life setelah toner dan sebelum retin A supaya TBS Oil of Life bisa terserap duluan dan lumayan mengatasi kering dan jadi penghalang supaya si Retin A gak banyak yang meresap ke kulit.

Setelah dapat kombinasi yang ciamik ini ditambah berjalannya waktu, sekarang pakai Retin A gak menimbulkan kendala yang ngeselin. Jerawat masih suka muncul, kadang juga ada cystic acne yang bisa karena abis pakai foundation yang berpotensi menyumbat pori-pori, tapi yang gak masalah. Yang jadi masalah sekarang adalah bekas jerawatnya dan berhubung sebelumnya jerawatan hampir semuka, mukaku jadi tampak lebih gelap! Hahaha. Retin A bisa menghilangkan bekas jerawat sih cuma belom nih, sekarang lagi nambah essence yang punya efek brightening yaitu Cosrx Whitening Power Essence. Semoga berhasil!

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s