Skip to content
Advertisements

FILM: 22 Menit

Setelah nonton film Hanum dan Rangga beberapa saat lalu aku jadi berpikir film Indonesia apa ya yang terakhir kutonton dan membuatku terpukau? Film 22 Menit inilah yang lalu muncul di kepala. Kuingat-ingat lagi apa yang kulihat dan kurasakan saat nonton itu keren banget lhoo.

Awalnya aku underestimate film ini. Kenapa gitu? Karena aku bisa nonton ini hasil gratisan karena kerja di Polres. Kupikir filmnya pasti gak asik orang dibagi-bagi gini tiketnya. Ternyata tiket itu dibagi-bagi karena tema filmnya tentang kepolisian dan untuk mengapresiasi Polisi.

Cerita yang diangkat tentang peristiwa bom Sarinah pada Januari 2016 dan bagaimana polisi mengatasinya. Aku ingat benar saat kejadian itu karena bertepatan dengan jadwal praktekku di Polres. Terlebih lagi di Polres Metro Bekasi Kabupaten Pos Polisinya terletak di samping Klinik, sehingga kalau ada berita teror penyerangan Pos Polisi, kami merasakan kengerian tersendiri. 

70% cerita yang diangkat adalah kisah nyata dan setelahnya baru disertakan bumbu drama. Yang menarik alurnya maju mundur, menceritakan apa saja yang terjadi dalam 22 menit dalam berbagai perspektif tokoh dalam cerita tersebut. Lagi-lagi karena kerjaku di lingkungan kepolisian, aku jadi lumayan bisa memahami berbagai perspektif yang diangkat dalam film tersebut. 

Hahaha, aku jadi ingat saat hampir seluruh penonton bioskop tergelak karena melihat Pak Tito Karnavian sang Kapolri menjadi cameo dalam film ini dan menjadi pengendara motor yang kena tilang karena tidak memakai helm. Lalu ada Pak Krishna Murti yang cukup jenaka saat berperan menjadi tukang sate. Beberapa tenaga kesehatan di Polri juga nampak dalam film ini, hehehe.

Film ini dapat nominasi Penata Efek Visual Terbaik. Whoaa, aku gak kaget sih. Visual effect film ini menurutku udah lumayan kece! Sampai-sampai aku berpikir apakah ini hasil rekaman saat pengeboman dulu, tapi hasil cctv kan tidak mungkin sejernih itu. Kericuhan yang terjadi juga nampak nyata, aku benar-benar bisa merasakan ketegangannya.

Karena aku bukan pengamat film dan aktif memantau film-film yang sedang tayang, aku tidak tau bagaimana respon khalayak tentang film ini. Apakah ini ngehits atau failed?

Teman-teman pada nonton film ini? Kalau belum, saat film ini muncul di TV sok lah nonton, seru kok. 🙂

Advertisements

8 Comments »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: