featured, Health

HEALTH: Memanah, Olahraga Terbaik Yang Mengasikkan

img_576201.jpg.jpeg

Dari akhir tahun lalu aku berkomitmen untuk mulai olahraga lagi. Hmmm, memulai lagi sebuah kegiatan ternyata berat juga, terlebih dengan minat, kondisi, dan lingkungan yang berbeda. Dulu aku suka banget skipping, mengelilingi kompleks dengan jalan kaki, lari, atau bersepeda, serta sempet nyicipin yoga (sebelum aku tau filosofinya), pilates, dan belly dancing. Yang akhir-akhir ini bisa kulakukan baru jalanย cepat kalau butuh beli sesuatu di supermarket di depan kompleks, itu pun hanya sesekali karena seringnya aku usahakan belanja sekalian pas ke luar rumah dengan mobil. Aku cari-cari olahraga yang bikin aku semangat, pas temenku upload foto pas lagi memanah, aku langsung tertarik!

Memanah merupakan olahraga yang sering disebut oleh pengajar Thibbun Nabawi dan termasuk olahraga yang terbaik karena bisa melatih kekuatan, fokus atau konsentrasi, dan memperbaiki postur tubuh. Apalagi jika digabung dengan berkuda, wuih itu keren banget karena memanah dalam keadaan stabil aja sulit apalagi ditambah ajrut-ajrutan saat naik kuda. Salut banget deh kepada para pejuang Islam yang berjihad untuk menegakkan agama Islam di jaman Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam.

Saat ini memanah sudah menjadi salah satu ekstrakurikuler di Sekolah Islami, lalu bagi masyarakat umum bisa ikut memanah di mana? Tenang.. Ada Jakarta Archery Club yang memfasilitasi kita-kita yang ingin belajar memanah dan menjadikan panahan sebagai salah satu olahraga pilihan. ๐Ÿ™‚

Jakarta Archery Club merupakan klub panahan di Jakarta yang diprakarsai oleh Tri Danang Waskito seorang atlet panahan yang akhirnya banting setir menjadi pelatih. Lokasi kegiatan JAC ini di Gelora Bung Karno tepatnya di Jl. Pintu 7. Cara ke sananya cukup gampang, tinggal cari pintu 7 GBK lalu belok kanan tepat sebelum loket tiket masuk.

Jadwal dan Paket Latihan Jakarta Archery Club.

Kita bisa ikut latihan panahan setiap hari Senin, Rabu, dan Kamis dari jam 10.00-15.00, dan hari Sabtu dan Ahad pada pukul 08.00-18.00. Sesi latihannya adalah 2 jam dengan kuota maksimal 20 orang.

Ada beberapa paket latihan yang dapat dipilih, di antaranya:

  • Free trial untuk anak usia 6-8 tahun sebanyak 6 panah untuk mengetahui apakah si anak kuat dan enjoy dalam bermain panahan.
  • Play&Play Reguler usia 8-12 tahun: 125 ribu/orang.
  • Play&Play Reguler usia >13 tahun: 100 ribu/orang.
  • Play&Play Khusus: 150 ribu/orang.
  • Play&Play Private: 250 ribu/orang.

Perbedaan dari paket reguler, khusus, dan privat adalah dalam jumlah trainer dan pesertanya. Untuk paket reguler, 2 trainer melatih sekitar 20 peserta. Paket khusus 1 trainer melatih maksimalย 6 peserta dan paket private melatih maksimal 3 peserta.

Booking Jadwal Latihan.

Untuk ikut berlatih panahan, beberapa hari sebelumnya harus booking dulu via sms atau whatsapp karena peminatnya cukup ย banyak namun kuota-nya terbatas, hanya 20 peserta. Satu orang bisa booking untuk 5 orang dengan format pesan sebagai berikut:

Archery-NamaJumlah orang(Usia)HariJam

Contoh: Archery-Budi-4 orang-(8,12,26,30)-Sabtu-10

Lalu dikirim ke nomer: 0856 – 8771 – 313

Setelah dapat balasan tersedianya tempat, kita akan dikirimkan nomer rekening untuk transfer DP latihan minimal 25 ribu per-orang. Bayar full-nya nanti setelah latihan.

Fasilitas.

Setiap kali latihan, kita akan dipinjamkan perlengkapan memanah seperti pengaman untuk lengan dan jari, busur, dan panahnya yang harus kita jaga dengan baik. Kalau rusak, biaya gantinya mahal bok! ๐Ÿ˜€

Shoot.. Shoot.. Shoot..

Setelah alat pengaman di pasang dan masing-masing sudah menempati posisi untuk berlatih panahan, para trainer mengajarkan dasar-dasar memanah mulai dari perkenalan alat dan bagian-bagiannya (yang ini aku lupa rincian nama-namanya karena ribet ngurusin kamera), posisi, cara memanah, serta aturan main seperti tanda bisa memanah dan mengambil anak panah.

img_576701.jpg.jpeg

Saat pertama kali memanah trainernya akan memantau satu persatu. Awalnya kita diminta untuk membidik area kuning (paling tengah dari lingkaran) lalu dievaluasi posisi mana seharusnya kita membidik, karena kondisi mata tiap orang berbeda-beda jadi untuk mencapai areaย kuning belum tentu kita membidiknya ke area kuning tersebut.

Sesi berikutnya adalah memanah bersama. Trainernya akan memberikan aba-aba kapan saat kita memasang anak panah, memposikan busur, lalu membidik dan menembak. Ini seruuu, tapi bingungin karena gak keliatan anak panah siapa yang menuju ke sasaran, hahaha. Setelah itu sesi bebas dan boleh deh memanah untuk gegayaan di foto. Hahaha.

img_5770-0101.jpg.jpeg

Mamanah ternyata asik banget! Kelihatannya selow-selow aja tapi cukup sukses melatih tangan kanan, kiri dan kaki. Bisa bikin kulit sedikit memerah tanpa bikin keringat bercucuran, malamnya aku sukses tidur nyenyak. ๐Ÿ™‚

Ada yang tertarik ikut memanah juga?

Advertisements

29 Comments

  1. iwan says

    Kalo paket reguler harus memenuhi kuota 20orang ya? Terus harganya 100rb/orang per latihan apa per bulan mba?

    • Gak harus Mas, rata2 kuota 20 orang per sesi udah memadai, yang ada hrs buru2 booking supaya gak kehabisan..
      100rb/orang itu untuk setiap kali latihan..

  2. Wah belum pernah ini. Sepertinya sangat melatih konsentrasi, kesabaran dan feel akan timing ya. ๐Ÿธ

  3. ..kebetulan penggemar segala olah raga berburu…manah memang asyik, bisa bikin “hilang dunia” sesaat…cuma posturnya yg memang harus dilatih kalau ga kaku lagi

  4. memanah adalah olahraga yang di anjurkan nabi, memanah berkuda dan berenang..tapi kalau saya berenang sja heheeh karena gak punya panah..panahnya udah kupanahkan di hati istri saya mbak wkwkkw..lumayan juga ya 150an rb

  5. Aku baru mau bikin post yg panahan nih, nanti aku link ke sini. Dr kmrn ngedraft jakarta bienalle mau finishing foto sama cerita takut sendiri kok kaya serem dilihat malam2 ya Mba T^T

    • Hahaha.. Ini post buatnya pake perjuangan Nia, kmrn sempet draft-nya ilang tau2 ke-reset dan sempet publish post sebelum direvisi, akhirnya ubek-ubek hasil autosave di wordpress.. yang Jakarta biennale jg lg proses editing, susyeh bok buat postnyaa..

  6. mauuuu ikuuuut, dulu yang di Daarus Sunnah kayaknya jaraknya deket banget. Itu aja meleset mulu hahaha ๐Ÿ˜€

    • Aku juga kebanyakan melesetnya Diiit, apalagi pas tangan kiri udah mulai pegel, ikhlaskan saja kalau nyasar… yuk yuk memanah bareng..

Comments are closed.