Journal, life

LIFE: Ngangkot’s Day

Setahun lebih tinggal di Cikarang dan sering bolak-balik Cikarang-Bekasi, saya belum pernah ngerasain naik angkot dari Bekasi atau pun sebaliknya. Saya pun naik angkot di Cikarang bisa dihitung dengan jari, angkotnya jarang euy kalau gak butuh-butuh amat mendingan di rumah aja. Kemarin sore karena butuh banget ke Cikarang dan mobil cuma ada satu, akhirnya untuk pertama kalinya saya naik angkot dari Bekasi ke Cikarang. Yeay!

image

Dari rumah Bekasi sampai rumah Cikarang, saya butuh 4 kali naik angkot! Dari rumah ke Bekasi Barat, lalu naik Elf yang Bekasi Barat-Cikarang Baru via tol, lalu naik angkot dua kali lagi baru deh sampai rumah. Pfiuhh.. Walau ribet gitu, ternyata lumayan menyenangkan.

Paling seru pas lagi naik Elf, Elf-nya ternyata bisa menampung 20 orang dan per-orangnya dibebankan 7 ribu rupiah. Saya lalu ngitung-ngitung 7 ribu dikali 20 orang berarti 140 ribu, kalau isi bensin 10 liter biasanya bisa lah 3 kali perjalanan, perjalanannya 30 menit kalau lancar, lumayan lah ya yang dihasilkan sekali perjalanan. Tapi gak tau juga sih Elf itu seberapa boros, soalnya perkiraan bensin di atas kalau naik Avanza atau Splash yang emang udah terkenal iritnya.

Hal yang tidak terduga adalah angkot yang harusnya mengantarkan saya sampai rumah ternyata gak beroperasi di atas jam 6 malam! Hwaduuuh, padahal rasanya kalau pulang praktek jam 9-an masih nemu aja tu angkot. Jadinya untuk sampai rumah harus naik ojeg yang ternyata lagi gak pada mangkal, tapi saya rela menanti dari pada pasrah dianterin om-om genit. Gara-gara naik ojeg, biaya perjalanan yang harusnya 20 ribu jadi 29 ribu.

Sebenernya saya agak-agak ngerasa bersalah karena selama ini nyaris ke mana-mana naik mobil, tapi transportasi umum di Indonesia emang belum nyaman, ribet dan termasuk mahal. Dengan biaya segitu dan fasilitasnya begitu, wajar lah motor dan mobil makin membludak.

Hhhmmm… Di sini pada suka naik angkot? Harapannya apa untuk dunia perangkotan di Indonesia? Saya pengennya semakin aman, nyaman (ber-AC supaya gak bau asep), jalurnya banyak, tertib dan murah. πŸ˜‰

Advertisements

22 Comments

  1. noeroelfaizah says

    Rumahnya d cikarang jg y mbak? Saya d cikarang utara πŸ˜‰
    D sni sering naik angkot, kalau bawa motor ga boleh suami coz rame en pengendara yg lain kdg suka ‘seenak hati’. Jadi klw mw k pasar alternatifnya emg angkot. Pengennya angkotnya lbih nyaman, tertib, akses nya juga lbih luas..

    • Cikarang Utaranya di mana? Aku prakteknya di Cikarang Utara tepatnya di Lemah Abang, sempat juga praktek di Karang Asih..
      Iya, kalau naik motor di Cikarang itu nyeremin.. 😦

      • noeroelfaizah says

        Perumahan d sweet home mbak yg sblum lotte.. πŸ™‚
        Wah ntar kapan2 bs kopdar ya.. ;D

        • Hayuuk.. Sebelum Lotte dari arah mana Mbak? Aku belum apal nama perumahan2 di Cikarang..

        • damare says

          saya jg d sweet.. blok f 5.. knapa saya nyasar d sini ya

        • noeroelfaizah says

          Oh..ini mas damar yg krja d samsung y? Salam kenal mas..saya istri pak fadli.. Hehe.. Tanya kenapa?,😁

  2. Aku kemana2 naik motor. Naik angkot atw ngebecak itu palingan klo pas pulang k rumah. Jadi dr tempat turun bis nyambung ngebecak atw nge-angkot. Tp seringan ngebecak sih, soalnya angkotnya cuman sampek jam5 aja.
    Klo pas d jakarta lebih sering naik angkutan umum. Entah itu naik angkot nyambung krl. Atw naik kopaja atw mayasari. Itulah kenapa klo d jkt aku banyakan gak tau jalan. Krn seringan naik angkutan umum ny.

    • Iya.. Klo naik angkot entah kenapa jd gak tau jalan ya, nunjukin lokasi dengan ‘itu lho jalurnya angkot A’ πŸ˜€

  3. Saya pernah beberapa kali naik Elf yang Bekasi Barat-Cikarang itu. Pernah karena kemalaman akhirnya angkotny udah ga ada, naik taksi deh bareng teman ke Bks.

  4. di sini orang rata-rata naik motor. nggak tahu kenapa. mungkin karena rutenya nggak terlalu lengkap jadinya pada lebih suka naik motor. kadang suka kasihan sama para sopir angkot yang nungguin penumpang di pinggir jalan

  5. Aku beberapa kali wisata di Bandung kemana-mana naik angkot. Yang paling susah naik angkot di Indonesia ini jalur yang kurang bersahabat atau susah dicari info trayeknya oleh wisatawan. Mbok ya dikasih peta gitu rute jalurnya. Jadi kan memudahkan wisatawan yang mau keliling2 suatu kota pake angkot

    • Iya.. Jangan cuma bis ya yang dikasih trayek gitu.. Trus dijelasin juga jam beroperasinya..

  6. karena luasnya negara eh kawasan jabodetabek aja kayaknya gak mungkin semua trayek terlayani dengan baik ya Nit, tapi boleh dong ngimpi kalo semacam MRT bisa menyentuh jalur-jalur utama jabodetabek dan ada semacam feeder yang jalannya sudah pasti. Bukan angkot aja yang supirnya narik berdasarkan setoran. Kebanyakan ngimpi ya. πŸ˜›

    • Gpp.. Semua itu berawal dari mimpi.. Tsaaah.. Wah klo ada feeder pasti enak ya Mas, tapi pasti mahal juga soalnya bis feeder lbh mahal drpd bis yang biasa, tp kenyamanannya sebanding dgn harganya sih.. πŸ™‚

Comments are closed.