Belajar Islam

ISLAM: Jangan Langkahi Area Shalat Saya!

Salah satu hal yang saya syukuri sekarang ini adalah fasilitas shalat di Mal semakin baik, saya nyaris tidak mengalami kesulitan untuk mencari tempat Shalat yang  bersih dan nyaman. Kesadaran umat Islam untuk shalat walau pun sedang di Mal juga makin baik, buktinya Musholla semakin ramai pula pengunjungnya. Sayangnya kesadaran untuk shalat tidak dibarengi dengan sikap menghormati orang lain yang sedang shalat. 😦

Mungkin banyak yang belum tau urgensi penggunaan sutrah dalam shalat. Sutrah? Apa itu sutrah?

image

Definisi sutrah


Hadits yang mendasarinya:


Hukum penggunaan sutrah:

Memang terjadi khilafiah antara wajib atau sunnah-nya sutrah, walau pun begitu penggunaan sutrah tetap diutamakan. Fungsi dari sutrah ini adalah pembatas, dengan menggunakan sutrah, kita seperti menandai area shalat kita. Selama kita shalat gak boleh banget ada orang lain yang melewati sutrah kita, bahkan kita boleh mencegahnya dengan mencegatnya menggunakan tangan.

Biasanya kalau shalat di tempat umum, saya berusaha shalat di belakang tembok atau menggunakan tas sebagai sutrah. Pokoknya dengan adanya sutrah atau pembatas itu fokus saya jadi lebih sempit, apa pun yang terjadi di luar sutrah tidak boleh saya pedulikan. Sayangnyaaaaa, banyak orang yang tidak menghargai area shalat saya. Dengan seenaknya aja mereka melewati atau melangkahi area shalat saya!
image
image

Awalnya saya suka kesal kalau ada yang gak menghormati shalat yang sedang saya lakukan, tapi mungkin mereka gak pernah ada yang ngajarin ya, mungkin juga mereka lupa pada saat shalat kita sedang menghadap dengan siapa? Mungkin.

Oleh karena itu, saya buat post ini. Kalau ada yang belum tau, yuk dikasih tau. Kalau sudah tau, tau kan apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan? Menunggu atau mencari jalur lain itu lebih baik dari pada melewati area shalat orang lain. πŸ™‚

Sumber:
🌼Sutrah dalam shalat, tahukah anda?, sukemping.blogspot.com
🌼 Shalat seperti Nabi: Sutrah, shalatsempurna.com
🌼 Hukum Sutrah, muslim.or.id
🌼 Sutrah Shalat, muslim.or.id

Advertisements

22 Comments

  1. Iyaaa nyebelin bgt kalo ada yg seenaknya lewat di depan kita begitu Nit, aku usahain nyari tempat di pojokan atw paling depan sekalian biasanya. Semoga banyak yg baca dan belajar lg tentang sutrah ya

  2. Kalau saya biasanya saya usahain cari yang mepet tembok. ya karena mungkin banyak yang gak ngerti tentang hal ini… btw, ini saya share ya di twitter saya… semoga menambah ilmu untuk saudara-saudara Muslim yang lain… Aamiin..

    Terima kasih πŸ™‚

    • Sama-sama,,
      Semoga semakin banyak yang ngerti sehingga semuanya bs shalat dengan nyaman.. πŸ™‚

      Aku jg suka mepet di tembok, tapi kmrn itu penuh banget, gak bisa milih lokasi shalat deh.. 😐

  3. Klo aku seringnya pake tas. Atau kalau pas bener gak bawa apa2 k masjid ya pake tempat mukena. Atw milih yang depan sendiri n mepet tembok.

    Tapi banyak jg yang gak mudeng soal ginian. Main lewat2 aja didepan org shalat.. –“

    • Iyaaa.. 😦
      Mereka mikirnya mungkin terpaksa ya? Tp klo udah tau hadits ttg lbh baik nunggu 40tahun, harusnya gak berani lagi asal lewat ya..

  4. Pingback: Jangan Langkahi Area Shalat Saya!

  5. Saya pernah melihat kejadian hampir sama seperti pembahasan di atas, waktu khutbah sholat jumat. Ketika ada seorang jamaah sholat jumat sedang sholat tahiyatul masjid sepertinya, ada orang di sampingnya menggeser kotak infaq ke samping orang yg sedang sholat, melewati depan orang yg sholat tsb. Langsung orang yg sholat tersebut menghalangi kotak infaq, menggunakan kakinya.

    Jika melihatnya menggunakan perasaan, akan terkesan kasar, tapi jika kita kembalikan pada syariah hal tersebut memang wajar, memang harus seperti itu. Wallahu a’lam.

    • Iya.. Banyak juga kaget bahkan ada yang sempet marah saat aku halau pake tangan, hahaha.. Tapi gmn lagi.. 😦

    • Mau di mana pun kalau yang orangnya belum berilmu ya akan tetap melakukan itu.. 😦

  6. mudah2an setelah baca ini banyak yang tahu dan gerti sola sutrah.

    ada kekeliruan juga yang melarang seseorang lewat di depan makmum yang berjamaah. padahal, ketika shalat berjama’ah, yg tidak boleh dilewati adalah depan imam. sementara depan makmum diperbolehkan

  7. banyak Mal yang kurang menghargai tempat sholat ya, aku paling suka kalau ke Mal yang punya tempat sholat bagus dan tidak ditempatkan di basement

    • Yang di Mega Mall Bekasi lokasi musholla-nya di Basement Mbak, tapi justru pernah jd tpt shalat di mal favorit krn ditegakkan shalat berjamaah, tarawih, dan yang mengimami bacaannya bagus.. Tapi gak tau klo skrg, masih begitu atau nggak.. πŸ™‚

Comments are closed.