Kesehatan Gigi dan Mulut

DRGNITA: Suntik Tidak Selamanya Sakit

Saya paling sebel kalau anak kecil ditakut-takutin orang tuanya dengan profesi dokter dan suntikan. Gak perlu saya kasih contoh pun sudah pada kebayang kan? Anak yang biasanya ditakut-takutin ujung-ujungnya akan takut sama dokter dan disuntik, akhirnya siapa yang rugi?

Ya anaknyaaaa!!!!

Injection

Terkadang, dalam prosedur perawatan injeksi aka suntikan itu diperlukan, bisa untuk imunisasi atau untuk menghilangkan rasa sakit. Saya paling males deh kalau ada anak yang sangat takut disuntik, males ngebujukinnya. Padahal disuntik itu belum tentu sakit.

Di dalam kedokteran gigi, kami diajari supaya bisa menyuntik tanpa atau minim rasa sakit. Prosesnya memang jadi lama, karena sebelum disuntik bagian yang akan disuntik akan diberi anastesi topikal sehingga kebal, pemberian obat harus pelan-pelan dengan jarum yang sangat kecil untuk mengurangi rasa sakit, dan kami melakukan pengalihan perhatian supaya si anak gak cemas.

Dengan cara tersebut, Alhamdulillah pasien saya tidak ada yang menjadi trauma karena saya suntik. Bahkan beberapa ter-desensitisasi dan menjadi berani disuntik untuk prosedur perawatan berikutnya. Ada juga yang tidak sadar kalau pernah saya suntik. Contohnya pasien saya yang bernama Era Fazira.

Era ini, pas saya tanya takut apa nggak disuntik, dia jawab takut. Duh! Padahal perawatannya butuh 3 kali suntik. Karena si Era ini takut disuntik, saya pun menyuntiknya diam-diam.

Suatu hari, Era pernah melihat pasien anak lain yang nangis takut disuntik, Era pun jadi takut. Dan dia pun bertanya ke saya, “Aku bakal disuntik gak?” Saya jawab, “Emang Era pernah aku suntik?” Dia jawab, “Nggak!” Lalu dia tenang. Padahal saat itu dia udah pernah saya suntik dua kali dan setelah perbincangan tersebut Era saya suntik untuk kali ketiga! Hahaha…

So teman-teman yang punya anak masih kecil, please please PLEASE, jangan takut-takutin anak dengan profesi dokter dan disuntik. Nakutin dengan cara itu, sooo yesterday abis!! Lagipula disuntik itu belum tentu terasa sakit, tapi kalau anaknya takut, disentuh aja reaksinya bisa seperti sakit banget, LEBAY. ~(+﹏+)~

image

Advertisements

50 Comments

  1. Raisya says

    Dok, saya terakhir disuntik kelas 2 sd. Sedangkan saya pingin bgt dibehel supaya rapi, jadi besok mama saya ajak saya ke dokter gigi, buat cabut gigi. Rasanya sesakit apa ya dok? Deg2annya udah dr kemaren nih

  2. rara-3 sd says

    Saya takut disuntik bu dokter..mulai kelas 1-sekarang masih takut..saya disuntik kalo ada dokter ke sekolah saya..saya kan sdh kelas tiga sd..nah kan kelas 4 gk disuntik g di sekolah..tpi saya penasaran sekali lg rasanya disuntik seperti apa..

  3. Pingback: Jangan Bohong! | JNYnita's Treasures

  4. dari dulu untungnya saya gak takut suntik. minum obat juga rajin, bahkan saat gak sakit. soalnya suka obat anak2 yang rasa jeruk.

  5. Pingback: Yes or No Question | JNYnita's Treasures

  6. Setuju bu dokter. Saya sebagai calon ibu (yang entah kapan) juga nantinya kelak gak akan menakuti anak-anak saya dengan yang namanya suntik, karena gimanapun suntik itu pasti terjadi sama diri kita. jadinya saya ingin anak saya berani dan gak takut disuntik apabila memang diperlukan. juga gak bikin pusing dokter tentu saja πŸ˜€

    aah… ini saya dari kemarin ngobrolin anak mulu ama temen2, kayaknya udah ngebet nih *curhat* :))

  7. Saya gak pernah sekalipun nakut nakuti anakku dengan suntikan dan dokter. Stetoskop, termometer dan suntikan ada dirumah buat mainan. Tapi tetep saja dia menangis jika ketemu dokter Melanie.

    Saya tanya, “nduk kamu menangins kenapa ?”. “Juus pak…., juuuss….. tatiiiit”, begitu katanya sambil memegang lengan atas bagian kiri.

  8. sampai sekarang saya paling merinding dengan jarum suntik..
    trauma masa kecil yang ga bisa hilang

  9. saya termasuk orang yg takut di suntik Nit, tapi tak pernah menakuti anak, malah sering kali bilang “masa jagoan takut sama jarum suntik.”

  10. Saya dulu takut disuntik juga gara2 berita gosip dari temen2 SD, heheee..
    alhamdulillah sampai sekarang saya ndak pernah disuntik, karena ndak ada alasan untuk disuntik πŸ˜€

        • Sebelum ko-as aku vaksin dulu hepatitis B, soalnya penyebarannya dari mulut… selain itu aku gak pernah vaksin pas udah gede. Bingung juga sih, soalnya akhir2 ini vaksin jadi kontroversi, cuma aku blom baca2 lbh jauh ttg hal ini..

  11. Suntik sama jarumnya dibuat model lucu kaya belalai gajah gitu kali ya.. Jadi anak kecilnya seneng kalau disuntik..

    πŸ˜€

Comments are closed.