BlogZone

BLOGZONE: Jangan Asal Co-Pas dong!!!

Walau masih baru dlm dunia blog per-blog-an & belum ada yang meng-co-pas tulisan saya plek-plek, saya paling sebal sama yang namanya asal co-pas, yaitu meng-copy dan paste artikel dari blog atau website lainnya sama persis dan tanpa memberikan sumber aslinya!!

Hal ini saya sadari saat mencari informasi tentang suatu hal di google, dan mbah google yang pintar pun merekomendasikan beberapa situs. Sayangnya situs-situs itu sering kali memunculkan isi yang sama dengan situs lainnya, dan tidak semua situs memberikan link sumber aslinya. Jadinya saya bingung deh mana sumber aslinya (padahal pengen baca dari tempat aslinya dan jd lebih enak kan kalau mau ‘mengutip’ πŸ˜€ ).

Walau menulis sudah biasa kita lakukan sejak 1 SD, bagi saya, menulis sebuah artikel (atau apa pun) bukanlah suatu hal yang gampang. Untuk membuat tulisan yang bermutu, sering kali penulis membutuhkan riset dari yang kecil-kecilan maupun yang besar-besaran, butuh studi pustaka, butuh membuat outline, lalu menulis, setelah menulis butuh re-evaluasi lagi supaya pesannya tersampaikan dan tidak terjadi suatu kesalahpahaman dari tulisan tersebut. Apa rasanya kalau tulisan tersebut dengan mudahnya diakui oleh orang lain?

Saya tahu saat kita menemukan sesuatu yang menarik, terkadang ada rasa ingin berbagi supaya orang lain tau hal yang menarik tersebut dan sama-sama mereguk manfaatnya. Tapi hal ini bukan suatu alasan yang dapat melegalkan pencurian!
Menurut saya, kalau menemukan artikel yang menarik dan merasa patut di-share, lebih baik reblog aja (fasilitas yang tersedia di wordpress dan tumblr) yang kalau di-read more masuknya ke sumber aslinya. Tapi kalau gak ada fasilitas reblog, ya jujur aja kalau artikel tersebut diambil dari… (link sumbernya). Isi artikel tersampaikan & originalitas tetap terjaga kan πŸ™‚

Tulisan orang lain = hasil kerja keras orang tersebut. Mengakui tulisan mereka = pencurian. Mari kita hargai usaha mereka dengan tidak asal ‘mengakui’ hasil tulisan mereka dan tolong ingatkan saya kalau saya khilaf ya..
Terima Kasih. πŸ™‚

Advertisements

1 Comment

Comments are closed.