Timeline Hidup 2011-2020

Aku menandai waktu yang telah dijalani dengan timeline. Sebenarnya timeline ini adalah salah satu jenis terapi yang menggabungkan hipnosis dan NLP (Neurolinguistic Programme), ditemukan oleh Tad James, PhD pada tahun 1980. Fungsi dari terapi ini adalah untuk menghilangkan trauma, emosi negatif karena pengalaman dan memori di masa lampau, juga bisa untuk self-improvement.

Timeline therapy (TLT) ini aku pelajarinya di tahun 2007, sekarang catatannya sudah entah ke mana. Kalau sekarang google tentang TLT, aku gak menemukan artikel yang sejelas apa yang kubaca di jaman dulu. Sekarang informasi itu berubah menjadi jasa terapi atau pelatihan berbayar.

Aku pun gak begitu paham, tapi setelah belajar tentang TLT, cara pandangku tentang waktu berubah. Jika mengingat waktu aku memvisualisasikannya dalam bentuk linier atau timeline. Hal ini pernah aku tulis dalam post khusus.

Baca juga: Visualisasi waktu dengan timeline.

Banyak yang bilang 2020 itu tahun yang suram. Tapi aku gak mau mencela suatu masa dengan hal yang negatif, karena waktu itu adalah ‘mata uang’ kita saat hidup di dunia ini. Bagaimana pun keadaannya, dalam setahun tetap akan ada 365 hari (tahun ini 366!), dalam sehari ada 24 jam, dst. Nilai dari waktu itu tergantung bagaimana kita menjalaninya.

Secara personal, tahun 2020 adalah tahun dimana aku akhirnya bisa ngerasa jauh lebih nyaman daripada tahun-tahun sebelumnya. Membandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya membuat aku ingin flashback dan melihat kembali apa yang telah kulalui.

Tentu saja divisualisasikan dengan timeline.

One thought on “Timeline Hidup 2011-2020

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.