Health

HEALTH: Periksa Kadar Antioksidan Tubuh dengan BioPhotonic Scanner

image

Selain periksa kondisi kulit, aku juga periksa kadar antioksidan tubuh dengan menggunakan BioPhotonic Scanner di kantor Nuskin. BioPhotonic Scanner adalah suatu alat yang dapat membaca kadar karotenoid di jaringan kulit yang akan menunjukkan kemampuan antioksidan tubuh karena karotenoid dapat melindungi sel dari kerusakan radikal bebas.

Kalau ingat pelajaran biologi saat sekolah dulu, tubuh itu terdiri dari sel-sel yang berkelompok lalu membentuk jaringan, organ, dan tubuh secara utuh. Sel-sel ini idealnya mampu memperbarui diri dan fungsinya. Fungsi sel sangat bergantung dari asupan nutrisi, gaya hidup, dan tingkat stress emotional. Jika sel-nya berfungsi baik, mereka akan mampu melawan radikal bebas.

Radikal bebas adalah bahan-bahan eksternal tubuh yang memiliki efek negatif pada tubuh. Sumber radikal bebas ada radiasi, rokok, polusi, stress, metabolisme oksigen, racun kimia, makanan yang tidak sehat, dan sinar matahari. Adanya radikal bebas membuat sel harus bekerja keras untuk mempertahankan dirinya, jika selnya lemah hasilnya selnya rusak bahkan mati sehingga muncullah penyakit kronis dan penuaan.

Orang jaman sekarang susaaaah banget menghindari radikal bebas, di rumah aja udah bisa ketemu radikal bebas. Ditambah gaya hidup jaman sekarang bikin tubuh kita makin ringkih melawan radikal bebas. Duh, beneran deh nulis ini bikin serem sendiri.

Gaya hidupku jauh banget dari ideal, sehingga saat temanku ajak untuk cek kadar antioksidan aku terima dengan senang hati. Lebih baik kita tau kenyataannya walau pahit daripada terlena, ya kan? Jadi ini hasilnya..

Jeng jeng jeng…

image

Kadar karotenoid-ku masuk dalam hitungan rendah! 19.000 saja. Huhuhu. Angka ini menunjukkan kalau kadar giziku buruk dan banyak terpapar radikal bebas, oleh karena itu memperbaiki nutrisi dan gaya hidup wajib banget aku lakukan. 😦

Sayangnya saat aku cek kadar karotenoid, aku dan temanku lupa untuk mendokumentasikannya. Akhirnya temenku daftar dan cek kadar antioksidannya juga. Kita menggunakan BioPhotonic Scanner secara mandiri, gak dibantu oleh petugasnya. Bagaimana caranya bisa dilihat di video di bawah.

Saat aku lihat hasil temanku, jujur aja aku senang ternyata kadar karotenoid-ku lebih bagus! Hore!

Aku dan temanku berjanji untuk memperbaiki gaya hidup dan makan sehat (plus suplemen juga), 3 bulan lagi mau periksa kadar karotenoid-nya lagiiii, semoga hasilnya lebih bagus. Semangat!!!

Ps. Aku lupa banget foto alatnya, hahaha, blogger apaan aku ini? :p

Advertisements

2 Comments

  1. Lebih fokus sama hasilnya (dan hasil temannya) ya Mbak, sampai-sampai lupa foto alatnya :haha. Tapi ada videonya juga kita sudah syukur banget kok :hehe. Duh saya jadi merasa bersalah nih siang tadi makan junk food lagi… ah bagaimana kabar kadar karotenoid dalam kulit saya? Doh. Mesti banyak makan sayur dan buah nih supaya tetap sehat dan makin sehat lagi dari saat ini. Terima kasih, ya!

  2. Meningkatkan kadar antioksidan itu beneran susah rasanya. Secara apa yg kita makan juga terkadang mengandung radikal bebas. Salah pengolahan juga gak baik.. huft.. repot ya..

Comments are closed.