Buku

BOOK: The Strange Case of Dr. Jekyll & Mr. Hyde

image

Setiap manusia punya dua sisi, kebaikan dan keburukan. Perbedaan antara orang jahat dan baik adalah tentang sisi mana yang lebih dominan?

Henry Jekyll, MD, DCL, LLD, FRS, &c* bisa dibilang sebagai orang yang terpandang di jamannya. Berasal dari keluarga terpandang, kaya, dermawan, tampan, dan pintar (lihat aja gelarnya yang segambreng, hehehe). Bagi banyak orang, itu prestasi yang membanggakan, tapi bagi Dr. Jekyll itu adalah hal yang palsu.
*Gelar dalam bidang kedokteran dan hukum, serte keanggotaan royal society.

Dr. Jekyll mempunyai imajinasi yang liar namun apabila dia melakukan apa yang dia
imajinasikan atas nama Dr. Jekyll tentu reputasinya akan jatuh, sehingga dia membuat sebuah karakter lainnya yang juga menunjukkan tampilan fisik yang berbeda, Edward Hyde. Mr. Hyde ini sangat kejam, 100% identik dengan kejahatan baik sifat dan fisiknya. Lambat laun, karakter Mr. Hyde semakin dominan, sehingga Dr. Jekyll tidak dapat mengontrolnya lagi.

Novel ini saya beli paska pulang kopdar di Atrium Senen, sembari nunggu adzan Maghrib, saya dan Utie mampir dulu ke TGA. Saya beli novel ini karena diskon (harganya jadi dua puluh ribu sekian) dan juga merupakan buku klasik (yang biasanya bagus), pas sampai rumah saya baru ngecek ternyata buku ini termasuk dalam 1001 buku wajib baca, WOW!

Novel ini tipis, hanya 128 halaman jadi harap maklum kalau review abal-abal ini lebih seperti spoiler. Menurut saya, ini novel yang bagus dan menarik untuk dibaca. Dari novel ini, kita bisa menyadari kalau tiap manusia itu punya dua sisi yang berlawanan, kebaikan dan keburukan, entah mana yang dominan. Di akhir cerita, Dr. Jekyll menyesal telah membangkitkan sisi buruknya. So, bagi kita yang masih diberi kesempatan untuk memilih, pilihlah yang baik, jangan sampai yang buruk mendominasi kita sehingga kita sulit kembali ke jalan yang benar. Bukan tidak bisa, tapi sulit.

The Strange Case of Dr. Jekyll & Mr. Hyde
Penulis: Robert Louis Stevenson
Alih bahasa: Julanda Tantani
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Cetakan: Mei, 2011
Halaman: 128 hlm
My Rating: ★★★☆☆ (I like it)

Advertisements
This entry was posted in: Buku
Tagged with:

12 Comments

  1. Pingback: JNYnita Ikutan Blogiveaway-nya Tom Kuu | JNYnita

  2. novel2 klasik yang kecil2 seperti ini emang wajib dikoleksi. 🙂 dan semoga makin banyak karya klasik yang diterjemahin di tanah air.

  3. untuk menjadi baik atau buruk, itu adalah pilihan. so manakah yang akan kita pilih maka aka ada sebab akibat yang akan diterima

    • Aku jd penasaran kan sm filmnya, penasaran bagaimana transformasinya..
      Oke, setelah lulus br mau nonton2 lagi Mas.. nonton itu bikin nyandu.. 😦

      • Okey, fokus dulu dengan prioritasmu itu.
        Kasus aneh J & H ini beberapa kali diangkat di layar lebar dan layar kaca (TV series), dg beberapa versi tapi tetap saja idenya merujuk pada naskah karya Robert Louis Stevenson.

        Nanti kalo dah lulus, selamat menjelajah versi-versi tersebut. Yang teranyar versi 2006, kalo saya lebih suka yg versi 1931, kesan klasiknya lebih terlihat alami.

Comments are closed.