Kaldu Tulang Yang Bikin Makanan Suuuuper Enak

Di Hari Raya Idul Adha lalu, aku jadi punya stok tulang kambing yang lumayan besar. Sayang banget kalau gak dimanfaatkan, lalu aku teringat kalau pengen bikin bone broth atau kaldu tulang.

Selama ini mau buat selalu nunda-nunda karena kalau pakai tulang ayam karena selama di Malang aku belum pernah beli ayam kampung sama sekali. Mau pakai ayam negeri takutnya malah bikin konsentrat hormon-hormon yang disuntikkan ke ayam alih-alih untuk mendapatkan manfaatnya.

Awalnya agak ragu karena pakainya tulang kambing (takut bau kambingnya kuat banget), yaa tapi mendingan diolah daripada dibuang begitu aja ya kan?

Apa fungsi mengkonsumsi kaldu tulang?

Fungsi yang pertama tentu saja untuk bikin makanan jadi lebih enak kalau ditambahkan kaldu di dalamnya. Selain itu kaldu tulang punya banyak mineral (kalsium dan magnesium), asam amino, kolagen dan gelatin. Kolagen dan gelatin ini bagus banget lho untuk mencegah keriput dan bikin sendi-sendi tetep sehat. Yeay!

Cara membuat kaldu tulang…

Aku mencontek Resep Kaldu Tulang yang ada di buku Masak Sehat itu Mudah karya Inge Tumiwa-Bachrens. Resep aslinya seperti ini:

  1. Masukkan tulang dan bagian selain daging ke dalam panci dan beri air hingga tulang terendam.
  2. Tambahkan 2 sdm cuka apel.
  3. Bisa ditambah dengan berbagai sayuran dan bumbu alami misalnya seledri, bawang putih, dan wortel. Sesuai selera.
  4. Masak dengan api sedang.
  5. Setelah mendidih, kecilkan api dan terus masak dengan api kecil selama 10-12 jam.
  6. Saring dan buang kotoran yang keluar.
  7. Setelah matang, angkat dan dinginkan. Jangan buang lapisan lemak yang terbentuk di atas kaldu. Lapisan ini fungsinya untuk melindungi kaldu.

Dari resep original tersebut, tentu saja aku modifikasi sesuai dengan kemampuan yang ada di rumah, hehehehe.

Tetap pakai cuka apel karena ini koentji supaya bisa mengeluarkan zat-zat penting yang ada di dalam tulang. Untungnya tinggal di Malang adalah mudah menemukan cuka apel yang produksi lokal. Untuk sayuran yang dicemplungkan, aku pakai yang ada di rumah aja seperti bawang bombay, daun bawang, dan wortel.

Semua bahan itu lalu direbus sampai bosen, hehehe, aku merebusnya gak sampai 10 jam (kira-kira cuma aku rebus selama 4-5 jam) karena tiba-tiba feeling guilty sama banyaknya gas yang akan terpakai. Mungkin kalau sudah ada kompor listrik bisa bikin yang ideal. Aku berhentikan proses pada saat tulang-tulang udah mulai bisa kelepas-lepas sendinya dan sayuran mulai ajur.

Setelah itu, aku saring dan ditempatkan pada cetakan es silikon berbentuk honey comb. Setelah beku dimasukkan ke dalam wadah. Saat mau memasak tinggal cemplungkan 1-2 balok ke dalam masakan dan masakan jadi auto enak!!

Setiap masak dengan ini, hampir selalu dapet pujian dari Pak Suami. Hohoho. Emang sih membuatnya repot, tapi worth it!!

Oh iya, aroma kambingnya ternyata tidak menyengat. Masih ada aroma khas kambing sih, tapi aroma yang bikin enak. 😀

9 thoughts on “Kaldu Tulang Yang Bikin Makanan Suuuuper Enak

  1. wah, adimasuaknd alam cube, baru tahu nih. kalau dimasak dengan cara 5-30-7 itu bisa gak ya. aku kalau masak daging pakai rumus itu empuk tak perlu lama menggodoknya

  2. Naaaah samaaa mba, udh lama niat mau bikin sendiri, tapi ga jadi2. Selain mager, sbnrnya mikir itu gas auto abis kayaknya wkwkwkwjw..

    Padahal pengen sih bikin sendiri, Krn kalo beli mahaaal :D. Selama ini aku beli soalnya, kaldu tulang dr tempat langganan. Oke juga dijadiin ice cube gitu yaaaa :D. Tinggal cemplung

  3. Wah, baru tau aku kalau ada kaldu tulang. Pastinya sih kaldu tulang ini bakal lebih gurih ya, secara kalau masak tulang terus disedot rongga-rongganya enak banget. Makasih dah berbagi resep ini. Bisa dicoba nih.

    1. Aku juga taunya gara-gara sempat ikut kursus eating clean.. pas kursus dibahas banget tentang fungsi menjaga kesehatannya, jadi awalnya aku bikin kaldu tulang ini biar dapet sehatnya, tapi ternyata enaaaaaakkkk….

    1. Iyaa.. gak nyangka bisa jadi andalan untuk bikin masakan yang lain-lain jadi enak…. Hehe,, masih belum mood beli kompor listrik baru, soalnya beberapa saat lalu abis beli tapi ditinggal di Bekasi..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.