BlogZone

BLOGZONE: Beginner’s Mind on Blogging

Awal tahun 2015 niatku mau seriusin blog dan pengen jadi problogger, ketemu Mas Dani, Mas Ryan, dan tim blog IHB bikin semangatku di awal tahun makin membara hampir setiap hari kami semangat membahas pernak-pernik dunia blog. Mas Dani dan Mas Ryan udah bener-bener jadi pro sekarang, sedangkan aku di tahun lalu malah sempet ilang minat sama blog. Sedih rasanya pas gak semangat ngeblog karena blog itu hobi yang kupilih untuk menyeimbangkan hiruk pikuknya kehidupan. Tsaaah…

Aku inget di awal-awal mulai ngeblog, seneng banget rasanya bisa numpahin segala hal di blog. Foto-foto, edit gambar, buat post, terus yang buka mayoritas kayaknya aku sendiri, traffic-nya minimalis banget. Tagline-ku waktu itu adalah happiness in simple ordinary things. Isi blognya tentunya yang remeh-temeh tapi buat aku happy.

Akhir tahun 2012 aku baru mulai komentar di blog yang lain, ternyata makin seru. Kalau ditanya masa ngeblog paling asik ya antara tahun 2012 sampai 2013 itu. 2014 aku lihat opportunity dari mengembangkan blog, akhirnya memutuskan beli domain, belajar tentang blog, memikirkan content, lalu balik ke paragraf pertama post ini.

Saat aku hilang minat sama blog, aku tanya ke diriku sendiri, apa yang bikin aku suka ngeblog?

+ Pada dasarnya aku suka nulis, ngeblog bisa jadi tempat menulis.
+ Aku suka mendokumentasikan hidup. Nah, blog adalah tempat yang tepat untuk merekam jejak kehidupan.
+ Blog bisa jadi tempat berkreasi. Mainan foto, gambar, warna, dll. Jauh lebih praktis dan murah dibandingkan scrapbook.
+ Aku suka banget majalah, blog jadi seperti majalah pribadiku.
+ Bisa berbagi informasi yang siapa tau berguna.
+ Nambah temen dan pasien, hehehe.

Yang bikin aku malas ngeblog tahun lalu

+ Tahun lalu niatnya cuma publish post yang menurutku kualitasnya bagus dan layak dibaca orang. Sayangnya yang terjadi di dunia nyata gak begitu asik, susah deh kalau mau nulis yang niat, akhirnya gak posting-posting deh.

Karena poin-poin di atas, tahun ini kuputuskan untuk ngeblog seperti awal-awal aku ngeblog dulu. Berusaha posting setiap hari (ini lebih untuk maksain diri rajin nulis lagi), posting hal-hal yang bagiku menarik, dan lebih menikmati interaksi sosial (kalau komentar ya niatnya untuk tambah temen, gak sekedar nambahin angka visitor :D).

DA, PA, Alexa, bounce rate, traffic, income, gak mau jadi pusat perhatian dan gak mau jadi indikator suksesnya blog ini. Yang penting nyenengin diri sendiri, itu kan tujuannya ngeblog? πŸ˜€

Advertisements

34 Comments

  1. iya yang penting mulai menulis saja…untuk self-therapy juga baik, lho..

  2. yang penting ngga jadi beban mba. aku seneng kok kalau baca blog eh isinya keseharian gitu, makin jarang soalnya. ngga kudu reportase acara apa..info jalan kemana..atau review product apa..

  3. Setujuuu, ngeblog buat bikin kita happy aja jangan dijadikan beban πŸ™‚

  4. Aku menikamati bloggingku yg sekarang…bahas yang happy2, bahas film dari sisi suka2ku( maksudnya bahas aktor ganteng..Errrr ibu2 hormonal) hahahah. Gpp kalau Kamu mau bahas simple2 gpp nit tp tetep jangan lupa bahas ttg Gigi yak. Mana postingan tttg perawatan syaraf gigi?hahaha nagihπŸ˜‚πŸ˜πŸ˜„

    • hwaaa… ditagih!! kemarin udah mulai intip gambar2nya.. uwooo langsung mumet sendiri. pengen taunya dalam segi apa? prosedur atau alasan PSA?

  5. kita senasib mbak…
    tapi ane sekarang yang belakangan ini males ngeblog…
    maunya post berkualitas malah gk dapat ide…

  6. Akhirnya dipost juga ya Mba kegundahan ini :p
    TSah kegundahan. Kupikir isinya nih tentang tipe2 blogger beginner dan musti gimana. Tapi aku setuju banget sama isi tulisan ini, aku juga lagi ngembaliin niat awal ngeblog biar semangat terus πŸ˜€

    • haha.. blogger beginner mah gak ada aturan harus gimana-gimana yang penting banyakin postingan dulu..
      Semangaaat Nia!

  7. bener Nit, ,yang penting nulis bikin happy dulu. Mikirin trafic dkk itu yg ada bikin stres x_x

  8. Karena hampir tiap tahun aku bolak-balik ganti halaman yg ada trafficku nga pernah bagus. Sekatang aku cuma bisa menikamti isi blog aja dech. Yang penting happy dan hampir nga pernha lagi ngelihat traffic soalnya suka buat sakit hati.

    • Hahaha.. aku juga aktifin wordads jadi ya diintip juga traffic-nya, rencananya untuk nambah2in biaya kuliah πŸ˜€

    • haha.. iya ya.. fokus kerjaan ya ngutak-atik gigi aja,, tapi berharap juga dapet duit dari blog tapi tanpa effort yang gimana gitu, lewat traffic ajah.

  9. Yg penting hepi aja mbak. Sedari dulu saya meyakinkan diri buat tidak ngikut2 an blogger profesional yang harus ini itu. Ntar tambah stres he he he….

    • Haha.. i wish i could.. kalau gabung sama problogger jadi keinget ranking2an yang sekrang udah jeblok, hehehe…

Comments are closed.