Parenting

PARENTING: Jangan Bohong!

Lost

Di post Suntik Tidak Selamanya Sakit pada nyadar gak kalau saya jawab pertanyaan Era gak nyambung? Era kan nanya, “Aku bakal disuntik gak?” dan saya jawabnya, “Emang Era pernah aku suntik?” Gak nyambung kaan??

Jadi gini, pertanyaan Era itu simalakama buat saya saat itu. Kalau saya jawab “Ya”, Eranya bakal takut trus kabur dari klinik, lebay. Kalau saya jawab “Nggak”, saya jadinya bohong dong. Dan bohong itu sangat pantang dilakukan sodara-sodara!!!!

Di awal saya masuk klinik anak, which is so long long loooooooong time ago, dosen saya sering mengingatkan jangan sampai bohong pada anak! Kalau prosedur perawatannya bakal sakit dan lama ya jangan bilang kalau gak akan sakit dan cuma sebentar. Misalnya tentang suntikan, walau bisa menyuntik dengan tanpa terasa sakit, kita gak bisa bilang ke anak kalau disuntik itu gak sakit. Ya tetep harus jujur dan bilang kalau disuntik itu akan sakit sedikit seperti digigit semut segede gajah.

Selain dalam urusan perawatan gigi, kita juga gak boleh bohong masalah janji. Biasanya kalau pasiennya gak rewel saat perawatan atau semua masalah di giginya sudah diobati, mereka dapet hadiah bisa mainan atau makanan. Jangan janji kalau gak bisa nepatin atau janji palsu cuma untuk bikin anaknya nurut sama kita! Si anak akan mencap kita pembohong dan yang parah adalah kalau anak tersebut gak percaya lagi sama kita… (~_~メ)

Oh iya, anak kecil itu jangan disepelekan lho ingatannya, saya kadang lupa akan janji yang sudah saya gombalkan. Eeeeh anaknya inget terus sama janjinya untungnya masih bisa saya tepati. Phiuh..

So, pesan sotoy saya kali ini adalah jangan bohong dan jangan janji kalau gak bisa menepati! Ciao ^^„

image

Advertisements

18 Comments

  1. Terimakasih mengingatkan, mbak Nita.
    Saya jadi terinspirasi juga menulis tentang membangun budaya bohong dalam keluarga.

      • Postingan mbak Nita ini menginspirasi saya juga menulis tema tentang bahaya-nya berbohong, dari sudut parenting dan konspirasi 🙂
        Di sini

        Kuncinya untuk bisa keluar dari jeratannya adalah memperbaiki people skill.

    • Mau ngeluarin satu lagi Mas, ttg reward & punishment, tapi aku sendiri masih kurang ngerti… ~(*+﹏+*)~

  2. nyindir ya… sabr dong… cincin berlian yang kita liat kemarin kan mahal… aku nabung dulu yah…

Comments are closed.