Skip to content
Advertisements

TRIP: Berkunjung ke Panti Jompo = Unexpected Holiday!!!

Assalamu’alaikum!!

Pada hari Sabtu & Ahad tanggal 28 dan 29 Mei 2011 aku berkunjung ke Panti Jompo untuk membantu penelitiannya drg Mita & drg Dian (PPDGS OM yg lagi ngerjain thesis). Panti jomponya berada di Ciracas, deket Cibubur Junction, Kota Air dan Kampung Artis (Info Penting! -__- )

Ini bukan pertama kali-nya aku ke Panti Jompo, dulu pas SD aku pernah ke Panti Jompo di daerah Cijantung (kalo ga salah) utk nengokin Mbah-nya Mbak Sur yg dititipin ke panti jompo krn keluarga Mbak Sur gak sanggup merawat beliau, Alhamdulillah pas beliau meninggal pd saat sedang ditengok oleh anaknya. oot, hehehe

Photobucket

Tampak Depan Panti

Apa sih yang dikerjain disana?

Ya bantu pengambilan data utk penelitiannya drg Mita & drg Dian (kan udah disebut diatas, kenapa ditanya lagi!!). Selain itu ada juga drg Febrina yang ngambil sampel air liur nenek2 & kakek2 yg ada disana..

Siapa aja yang ikutan?

Di hari Sabtu banyak yang ikutan dr pihak dosen ada drg Avi, drg Gus & drg Ifeb, lalu dr pihak mahasiswa selain aku ada Ambar, Hedwin & Amatul ’09.

Hari minggu lebih sepi krn dosen gak ada yg ikutan, tp nambah drg Surya (PPDGS OM juga), dan mahasiswa-nya ada Rahmat, MeSe, Irfan dan aku :D.

Gimana keadaan Panti-nya?

Pertama kali liat panti jompo-nya, kesan pertama-nya adl lumayan bagus juga ya panti-nya (dibanding panti yg pernah kudatengin dulu). Walau secara samar aku mencium bau pesing (atau perasaanku saja, tp tetep disana aku selalu pake masker), tp Panti-nya terlihat bersih. Yang bersihin Panti penghuni Panti-nya lho, yang lucu ada kakek gendut yang tidur di parkiran (kayaknya kecapean stelah nyapu), sayangnya pas mau aku foto, dia udah keburu bangun.

Tentang makannya, aku sempet ngintip ke ruang makan & dapur-nya. Mereka makan gak pake sistem prasmanan, tp seperti catering, makanannya dimasukkin ke tempat makan. Sayang gak foto contoh makanannya.

Tentang kamarnya, aku juga ngintip dikiiiit kamar yg di Cendrawasih. Tempat tidurnya tempat tidur besi seperti yang di rumah sakit. Sayangnya gelap jd gak leluasa ngintipnya. Oiya, kamar cowok di sini dikasih nama2 burung (Cendrawasih & Garuda) dan kamar ceweknya di kasih nama2 bunga (Mawar, Melati & Anggrek).

Musholla & kamar mandi-nya standar lah.

Kalau kondisi penghuni pantinya gimana?

Ini nih yang bikin terenyuh. Mayoritas kan udah pada tua-tua (ya iyalah namanya juga Panti Jompo!!), sayangnya mereka banyak yang dihinggapi penyakit kronis seperti DM, hipertensi, jantung, dan banyak di antara mereka yg pernah stroke. 😥 >> Reminder: Untuk jaga kesehatan!!!

Untuk kondisi mulut, krn mayoritas punya riwayat merokok, jadilah banyak yang punya smoker’s melanosis & ada juga yang punya lesi suspek keganasan. >> Reminder: Berhenti merokok!!

Dari usia mereka yang tua & berakhir dgn berada di Panti Jompo, pasti banyak banget asam garam kehidupan yang telah mereka telan. Kadang-kadang pada saat pemeriksaan terungkaplah kepedihan yg terjadi di masa lampau. Di antara mereka ada yang pernah mengalami kecelakaan mobil/motor (hingga ada yg giginya rontok atau menjadi cacat permanen), kecelup minyak mendidih (sampai bibir bawahnya dower banget & ada jaringan parut dr dagu hingga leher), menikah & tdk dikaruniai anak, kemiskinan dan kisah sedih lainnya :'(. Tapi ada juga yang ‘pamer’ hobi-nya minum alkohol, masang tato & pernah nikah 3kali.. Sebenernya di paragraf ini aku bingung bagaimana menjelaskan proses logika-ku yang membuat aku berkesimpulan kalo apa yang kita lakukan di masa muda akan membekas di hari tua sehingga menurutku istilah masih muda sama dengan saatnya bersenang2, melegalkan perbuatan dosa, dan menunda berbuat kebaikan harus dihapuskan!!! Bingung kan aku menyimpulkannya dr mana?

Photobucket

Kok isinya sedih-sedih? Padahal kan judulnya ada unsur unexpected holiday!!

Hhhhm, yang namanya liburan kan supaya menjadi refresh kan? Dengan berkunjung ke Panti jompo membuat kita ingat supaya selalu bersyukur & berhati-hati dalam setiap perbuatan krn pasti akan ‘tercetak’ di hari tua kita & pasti harus dipertanggungjawabkan di akhirat > me-refresh ke-istiqamah-an, insyaAllah.

Jangan bayangin gloomy-gloomy di Panti Jompo aja, beberapa nenek & kakek2 itu ada yang seru-seru kok, yang bisa bikin ketawa mulu!! Hahaha…

Udah nenek & kakeknya seru, drg Mita & drg Dian juga ngelawak mulu.. Kekeke… Awalnya kukira bakal kaku kaku gimana gitu, ternyata seru banget main dgn mereka!! Ternyata pertemanan residen dan ko-as sama2 gilanya:P

Bonus: Abis sauna di ruang pemeriksaan dilanjutkan dengan makan-makan enak!! Hari Sabtu di Cwi Mie Malang yang model restorannya berbentuk saung dengan kolam ikan & kincir air. Hari Ahad-nya makan di Telaga (Kampung Air) dengan view danau dan bebek-bebeknya. Plus-plus banyak foto-foto,, aaah, ternyata drg Mita & drg Dian narsisnya SUPER!!!

Photobucket
Photobucket

Photobucket

Kampung Air, view dari Telaga

Senangnya aku di dua hari ini, Alhamdulillah. Pas kan kalau aku bilang ini adalah unexpected holiday dan ini adalah sesuatu yang kuanggap Sweet Treasures ❤ Lovely ❤

Advertisements

2 Comments »

%d bloggers like this: