Karena Data Adalah Mata Uang di Jaman Sekarang

Waktu mulai pada heboh tentang kebijakan privacy whatsapp, aku udah gak kaget. Justru mikinya dari awal hal ini adalah yang akan terjadi.

Inget gak diawal munculnya Whatsapp, Whatsapp bukan hal yang gratis, aplikasi gratis yang kita download ada masa kadaluarsanya, setelah lewat masa itu disuruh bayar. Hal ini yang sempat bikin penggunanya maju mundur untuk pakai Whatsapp seutuhnya (masin ada BBM dan Line juga saat itu).

Setelah Whatsapp dibeli oleh Facebook, ‘ancaman’ bahwa Whatsapp akan berbayar berhenti. Ya cuma aku tau kalan sejatinya kita akan tetap’membayar’ dengan akses kedata yang kita punya dan terserah si Facebook datanya mau dipakai untuk apa aja.

Karena paham akan hal ini, aku dulu nolak tawaran untuk backup isi chat. Tapi akhirnya aku pakai juga, hehehe. Alasannya karena aku suka ganti-ganti handphone dan males banget kalau setelah ganti riwayat chat di Whatsapp jadi hilang. Padahal data-datanya lumayan penting.

Masalah privacy? Hhm.. Asal si Facebook gak memanfaatkannya untuk hal yang gak beres aja seperti menguras rekening tabungan kita misalnya..

Sebenarnya dengan kebijakan privacy yang baru, justru kita jadi tau data-data apa yang akan diambil. Dan katanya hal ini gak begitu ngaruh untuk Whatsapp yang biasa, lebih ke Whatsapp Business yang harusnya memang dipakai untuk bisnis (bukan untuk hal yang personal).

Selain Whatsapp sebenarnya aplikasi di handphone yang gratisan berpotensi akan ambil data-data kita. Makanya dulu sebelum kita menginstall sesuatu harus sepakat dulu dengan terms and condition-nya.

Contoh pengambilan data secara ilegal itu seperti yang dilakukan oleh aplikasi pinjaman online. Si A minjem uang pakai pinjol, eh tau-tau rentenirnya bisa kontak semua orang yang nomernya disimpen oleh si A. Ya itu karena sebelum install aplikasinya, si A sudah memperbolehkan si aplilasi akses data-data di handphone-nya.

Ya begitulah cuap-cuap hari ini yang kemungkinan besar juga udah pada tau tentang hal ini.. hehehe.. 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.