Drakor Chicago Typewriter (2017), Recommended Bagi Penyuka Buku

Korea dan Indonesia ternyata punya kesamaan. Sama-sama pernah dijajah oleh Jepang. Jepang menjajah Korea terjadi pada tahun 1910 hingga 1945, sekitar 35 tahun. Indonesia berarti lebih kece dong karena hanya dijajah oleh Jepang selama 3,5 tahun. Waktu merdekanya sama-sama di tahun 1945. Masa penjajahan Jepang di Korea itu dinamakan sebagai Zaman Kekaisaran Jepang (일제시대, Ilje sidae).

Kenapa post ini dimulai dengan sejarah? Karena drama yang akan aku bahas ini mengambil latar belakang di dua masa yaitu tahun 2017 dan tahun 1932. Di latar belakang tahun 1932, ketiga tokoh utama merupakan bagian dari pemuda pemudi yang memperjuangkan kemerdekaan. Merdeka!

First Impression

Asal mula tertarik nonton ini adalah karena salah satu teman post di Instagram-nya tentang drama ini, kebetulan temenku ini dulu sekolahnya di Akademi Sekretaris dan baginya seru mengingatkan masa-masa sekolah dulu saat harus latihan mengetik 10 jari dengan cepat. Dan yang membuatku tertarik adalah karena setting pemeran utamanya, Han Se Ju yang diperankan oleh Yoo Ah In adalah seorang penulis.

Di episode pertama dramanya tipikal drama Korea modern banget. Menunjukkan tokoh-tokohnya dan pemeran utama pria-nya yang arogan. Aku juga suka pemeran utama wanitanya karena cantik natural (Lim Soo Jung memerankan Jeon Seol) padahal usianya lebih senior dari pada Yoo Ah In dan Go Kyung Pyo (sebagai Yoo Jin-O). Awet muda banget!

Kesimpulannya: secara first impression hasilnya cuma so-so sih. Namun melihat settingan dramanya yang apik dan jalan cerita yang gak tau akan dibawa ke mana, akhirnya lanjut terus nontonnya. Ah, mata dimanjakan banget sih nonton ini. Di settingan tahun 2017 banyak menampilkan ruangan penuh buku-buku yang estetis banget. Di settingan tahun 1932, bentuk bar Carpe Diem-nya cantik.

Quote-Quote Bertebaran…

Dari awal hingga akhir drama penuh dengan quote-quote yang oke dari tokoh-tokoh yang belum aku kenal. Sayangnya aku gak kepikiran untuk mencatatnya. Baru pas episode akhir aja berinisiatif untuk ketik quote ini:

Lfe isn’t only about the good days. If you did something wrong, admit it, and correct it, it might be painful from time to time but you should fight it. That’s life.

“Life isn’t only about the good days. If you did something wrong, admit it, and correct it, it might be painful from time to time but you should fight it. That’s life.”

Han Se-Ju to Baek Tae-Min.

Jalan Cerita…

Soe Hwi Young, Ryu Su Hyeon, dan Shin Yul adalah sahabat karib yang tergabung dalam Joseon Youth Alliance sebuah organisasi rahasia yang misinya ingin membebaskan Korea dari Jepang. Ketuanya adalah Soe Hwi Young, Shin Yul sebagai pemilik bar Carpe Diem, dan Ryu Su Hyeon bertugas sebagai sniper. Ada suatu misteri yang berusaha dipecahkan dalam drama ini mengenai apa yang terjadi pada tahun 1930-an sehingga menyebabkan Shin Yul harus menanamkan ruhnya pada sebuah mesin ketik yang akhirnya sampai pada reinkarnasi Soe Hwi Young dan Ryu Su Hyeon di tahun 2017.

Ketiga tokoh di tahun 2017 bertemu kembali dan mereka memiliki fragmen-fragmen memori tentang apa yang terjadi di kehidupan lampau mereka. Dan mereka bersepakat untuk menceritakan seluruh ingatannya hingga menjadi suatu novel.

Konklusi

Susah banget nulis pengalaman menonton “Chicago Typewriter” di blog karena ceritanya lumayan kompleks, kalau aku cerita dengan rinci alamat membocorkan jalan ceritanya. Kesimpulannya drama ini asik ditonton. Walau nampak complex tapi tidak memusingkan. Alur cerita dan perubahan karakternya juga halus memberikan sensasi yang berbeda saat menonton di awal, pertengahan, dan akhir (bikin tidak membosankan). Akhir ceritanya juga tidak menggantung dan gak maksain untuk bisa tuntas di episode terakhir.

Recommended bagi yang suka lihat buku, ingin tau di balik layar seorang penulis, tertarik dengan latar belakang jaman dulu, suka cerita yang imajinatif, dan gak ambil pusing kalau ceritanya gak sesuai dengan prinsip yang kalian anut. 🙂

3 thoughts on “Drakor Chicago Typewriter (2017), Recommended Bagi Penyuka Buku”

  1. Saya suka banget sama drama Chicago Typewriter ini 😍😍 saking banyak qoute yang berhubungan dengan dunia buku dan kepenulisan bertebaran, saya sampai nonton ulang 😂😂

    1. Yes.. Aku sempet baca post di blog Ai.. Tp aku nontonnya di netflix pakai sub bahasa Inggris, jdnya ga bs contek quotes2nya deh.. Hehehe..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.