Skip to content
Advertisements

BPN12 – 5 Tips Hidup Sehat JNYnita

Sebagai dokter gigi dan praktisi Thibbun Nabawi (aku punya sertifikatnya lhooo, walau sampai sekarang belum aku ambil, haha) seharusnya aku punya banyak tips kesehatan. Tapi sekarang ini gaya hidupku lagi kacau banget dan jauh dari gaya hidup sehat. Padahal syarat untuk membagi ilmu adalah menerapkannya pada diri sendiri dulu. 

Untuk cara hidup sehat yang ideal udah pada tau kan ya?

  • Makan tepat waktu (aku sering nunda-nunda makan).
  • Tidur cukup (waktu tidurku lagi kacau).
  • Olahraga teratur (apa itu olahraga?).
  • Banyak minum air putih (aku banyakan minum kopi kayaknya).
  • Hindari gula (ah aku ini sweet tooth).
  • Banyak makan sayur dan buah (aku nyaris seperti karnivora).
  • Hindari gorengan.

Dalam kebingungan memilih tips kesehatan, aku coba ya bikin 5 tips kesehatan versi aku. Hehehehe.

#1 Makan dan minumlah dan jangan berlebihan

Yang di atas itu koentji ilmu kesehatan dan terdapat dalam Al-A’Raaf ayat 31. Prinsipnya sih kita boleh makan apa aja, asal gak berlebihan. Berlebihan ini tidak hanya dalam segi kualitas, tapi juga segi kuantitias.

#2 Kadang makanan yang gak sehat bisa jadi menyehatkan

Hahahaha.. Ini tips yang aneh memang. Jadi begini, misalnya kita abis hujan-hujanan, lalu dalam keadaan lapar dan kedinginan. Makanan sehat yang tersedia udah dalam keadaan dingin tapi lalu ada tukang bakso tuh, mana yang harusnya dipilih? Bakso laah, yang panas-panas sehingga bisa ngusir anginnya keluar. 😀

#3 Habbatussauda itu obat, bukan suplemen

Memang ada hadits kalau habbatussauda itu obat dari berbagai penyakit selain kematian. Yes OBAT. Yang namanya obat itu berarti saat mengkonsumsinya harus ada penyakitnya dulu, yang namanya obat berarti ada aturan pakai dan dosisnya. Ya kan? Sayangnya banyak orang yang salah kaprah dan menjadikan ini sebagai suplemen dan dimakan sehari-hari.

Kalau di kedokteran modern ada suatu prinsip tentang obat: Obat itu adalah racun, dosis yang akhirnya membuatnya menjadi obat. Dan di kedokteran klasik juga punya suatu prinsip tentang obat: Suatu obat apabila diminum tanpa ada penyakitnya, maka akan menjadi penyakit itu sendiri.

Saat aku menjalani baksos thibbun nabawi (aku sebagai pengobatnya), beberapa kali aku dapati pasien yang jadi punya keluhan di tubuhnya, setelah dirunut ternyata pasien ini rutin minum habatussauda. Efeknya di tubuh, tubuh jadi cenderung panas, mudah terkena batuk, dan lebih gampang marah dan uring-uringan.

#4 Pakai rice bran oil atau corn oil untuk menggoreng

Masih susah ninggalin gorengan? Hehehe. Sebenarnya semua minyak itu awalnya baik, baru setelah mencapai titik didih minyak menjadi jenuh dan jadi minyak jahat. Solusinya pakai minyak dengan titik didih tinggi. Titik didih rice bran oil sekitar 200 derajat celcius dan corn oil sekitar 150 derajat celcius. 

Karena titik didihnya tinggi gitu pas kita menggoreng gak sampai minyaknya mendidih. Bayanganku menggoreng dengan minyak bekatul (bahasa indonesianya rice brand) dan minyak jagung bakal bikin rasanya aneh. Ternyata tidaaak, rasanya tetap renyah dan gak terasa ada yang ‘nyangkut’ di tenggorokan.

#5 Pakai ‘penawar’ untuk luruhkan yang jahat-jahat

Hahaha.. Makanan yang gak sehat itu menggoda banget kan, harusnya dihindari. Tapi kusuka bandel. Untuk meluruhkan hal yang gak sehat ini ada bahan-bahan herbal yang sifatnya sebagai peluruh. Misalnya abis makan sesuatu yang karsinogenik, netralin pakai antioksidan, teh hijau misalnya. Lalu ada temulawak juga yang bisa berfungsi meluruhkan hal-hal yang tidak dibutuhkan tubuh.

Tentang temulawak ini ya, banyak yang menghindari karena takut bikin gemuk. Padahal mau gemuk bisa pakai temulawak, mau kurus juga bisa pakai temulawak. Karena temulawak ini meluruhkan, sifat meluruhkan ini sebenernya bikin kurus. Tapi karena luruh, bawaan setelahnya laper, kalau gak tahan laper jadinya pengen makan lagi akhirnya gemuk, hahaha. Aku termasuk yang banyak minum temulawak, tapi akhirnya berefek kurus, karena walau lapar aku malas makan. Huhu.

***

Sekian tips kesehatan nyeleneh dari dokter gigi dan pemegang sertifikat thibbun nabawi (yang ilmunya jarang dipakai), harap menggunakan apa yang kutulis di pos ini dengan bijak dan cerdas. 

Ciao.. 🙂

Advertisements

4 Comments »

  1. oo jd habattusaudah itu obat to? Aku rajn beliin bapakku, kusuruh minumkapan dia mau, Ya Allaah paak, maapkan anakmu, huhu. Btw, jagi habbat itu obat apa ya mb?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: