daily
Comments 6

Diapa-apain Dong…

Saat nanganin pasien anak, di kursi dental si anak biasanya akan bertanya: “Gak diapa-apain kan?. Jawabanku: Diapa-apain dong, kalau gak diapa-apain gimana bisa sembuh? Kan harus diobatin.

Semalam ada pasien anak yang sangat takut ke dokter gigi. Keluhannya gigi patah hingga separuhnya sehingga setiap si anak minum air dingin pasti terasa ngilu, giginya butuh diberi tambalan untuk menutup serabut-serabut syarafnya supaya gak gampang ngilu lagi.

Dari awal udah terasa alot. Setiap aku ambil instrumen, si anak pasti cemas. Sampai prosedur pembersihan gigi, si anak masih aman terkendali, hingga aku bilang ke asisten untuk siapkan bahan tambal. Seketika dia langsung lompat dari kursi dental, marah ke Mamanya dan protes “Katanya gak diapa-apain!”

Haha, biasanya kalau ada orang tua yang bawa anaknya ke dokter gigi dan bilang gak akan diapa-apain, aku bener-bener gak akan ngapa-ngapain kecuali kalau giginya butuh tindakan segera. Kenapa aku tunda? Supaya orang tuanya tetep dapat kepercayaan dari si anak, kalau udah ada riwayat si anak berasa ditipu bakal susah untuk mengajak anaknya lagi padahal butuh dokter giginya kan gak sekarang aja.

Kasus semalam, si anak sudah masuk usia yang bisa diajak berlogika. Yang bikin si anak takut adalah karena takut sakit. Dari tadi terasa sakit apa nggak? Nggak. Berarti selanjutnya ya gak akan sakit. Tapi kalau tiba-tiba sakit bilang ya.

Saat si anak nangis. Kenapa nangis? Memangnya sakit? Nggak katanya. Berarti gak ada alasan untuk nangis, nangisnya nanti aja kalau berasa sakit. Hahahaha..

Hasilnya kemarin si anak berhasil ditambal giginya dan berhasil juga dipoles tambalannya dengan menggunakan bur kecepatan tinggi dan mengeluarkan air. Aman terkendali. ๐Ÿ™‚

Ahh… Kalau bujuk anak untuk ke dokter jangan bilang gak akan diapa-apain, pasti protes anaknya. Enaknya dibilanginnya apa ya?

Advertisements

6 Comments

  1. kak nitaaa

    bener bgt, aku bbrp kali ada pasien kok cemas dan ngamuk terus pas dateng
    tnyt selama ini Ibunya selalu boong ga bilang ke dokter gigi.

    jadilah aku saranin untuk briefing dirumah, jelasin kedokter gigi dan akan diapain.

    langsung lho hari ini koop sejadi2nya padahal masih 2,5 tahun
    ortu suka menganggap anak ga paham ya? pdhl anak sudah harus diberi pemahaman walau bayi sekali pun

    http://www.annisaramalia.com

  2. Kalau giginya jelek dan nggak sehat pasti diapa-apain, kalau nggak diapa-apain itu artinya gigi kamu sehat dan bagus. Makanya jaga makanan dan sikat gigi!
    hehehe gitu nggak sih?

  3. Aku paling takut sama dokter gigi sampe akhirnya bertahun2 nggak ke dokter gigi, gigiku dah bener2 parah. Tahun kmaren akhirnya memberanikan diri, lalu di treatment sampe beberapa kali (sempet root canal juga) skrg akhirnya bagus lagi, terus menyesal, dulu kenapa sampe takut lama….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s