Wow 13 Tahun Bersama WordPress!

Berawal dari iseng, lalu bisa merasa seru karena ketemu banyak teman, dan sempat menjadi sumber penghasilan yang lumayan. 🙂

Dunia blog di tahun 2024 ini sangat berbeda sekali.. Yang pasti tidak seramai dulu. Hal ini hal yang lumrah karena perubahan jaman tidak bisa dihindari.

13 tahun yang lalu koneksi internet di Indonesia masih sangat minimalis, baru sampai di jaringan 3G yang belum semua orang bisa menikmatinya. Sehingga menikmati konten dalam bentuk tulisan dan sedikit gambar yang harus diperkecil supaya bisa muncul dengan cepat di berbagai tempat masih sebuah kemevvahan. Tapi bagi yang sudah leluasa mengakses internet, blogwalking bisa menjadi kesenangan tersendiri. Bisa dibilang masa-masa ini adalah masa kejayaan dunia blog.

Sekarang jaringan 4G sudah hampir merata dan jaringan 5G mulai masuk di Indonesia, hampir semua orang mempunya ponsel dalam genggaman. Alih-alih harus bersabar membaca tulisan panjang untuk mencari informasi, sekarang melihat gambar atau video menjadi lebih dipilih. Daripada merangkai kata melalui tulisan, memencet tombol ‘capture’ dan ‘edit’ jauh lebih praktis untuk mengekspresikan diri.

Blog pun mulai ditinggalkan..

Baik oleh pembuatnya maupun penikmatnya.

Untuk sebuah sumber penghasilan, blog sudah tidak secuan dulu. Untuk sarana mencari teman, blog juga sudah tidak seramai dulu. Yang berusaha aktif menulis di blog saat ini yang kulihat adalah yang mau memfungsikannya dengan fungsi dasarnya dulu: sebagai weblog.

Yes.. Rasanya blog kembali ke fungsi asal sehingga tak perlu berekspektasi akan merasakan kejayaan blog kembali. 🙂

What do you think?

2 thoughts on “Wow 13 Tahun Bersama WordPress!

  1. sangat betul sekali, rasanya bermain blog tidak seramai dulu seperti saat pertama mengenal apa itu blog. tapi inilah yang terjadi dewasa ini dan kita harus memaklumi.

    mungin perkembangan teknologi ini juga penyebab literasi di negara kita menurun 😂

    btw, ga ingin coba” main video nih, kalo coba-coba colab yuk wkwkwk (ga punya followers nekat ngajak colab😂🙏)

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.