My Minimal Phone Setup

Smartphone adalah hal yang paling mendistraksi dalam keseharian kita!

Mati gaya dikit atau malas melakukan pekerjaan yang produktif (procrastinate) dan kita membuka media sosial di ponsel, 20-30 menit akan hilang tanpa terasa. Padahal dengan rentang waktu tersebut bisa saja kita melakukan pekerjaan yang kita tunda sebelumnya.

Ya kaaan?

Aku sih begitu..

Sempat rasanya untuk pakai ponsel kecil yang isinya minimalis saja, tapi jadi terbatas banget pergerakannya, malah nantinya bisa menghambat. Sempat juga tergiur untuk pakai aplikasi launcher yang bisa membuat ponsel kita menjadi minimalis, tapi aku malas karena nambah-nambahin aplikasi yang kita punya aja.

Beberapa saat yang lalu aku mengecek kondisi kesehatan hp-ku, ternyata baterainya sudah melemah. Oh, pantas saja saat kemarin dipakai mudik, baterainya gak kuat untuk bertahan dalam perjalanan. Akunya juga gak kuat sih nahan diri gak buka media sosial sama sekali, huehehehe.

Mengganti baterai lalu masuk dalam agendaku, kondisi ponsel lainnya masih sangat mumpuni dan belum terasa lemot dan penuh. Aku lalu buka-buka setting-an ponsel, jadi tau kalau bisa power saving dan membatasi aplikasi yang aktif, tampilannya juga jadi sangat minimalis.

Tampilan ponsel saat power saving diaktifkan.

Aku suka sih!

Tampilannya jadi minimalis tanpa install aplikasi tambahan dan baterai jadi super duper zuper irit! Aplikasi yang bisa aku akses hanya Camera, Whatsapp, Obsidian, dan Jetpack. Walau dibatasi, notifikasi dan kecepatan untuk mendapatkan pesan dan telepon WhatsApp tetap berjalan dengan normal.

Dengan setting seperti ini, godaan untuk buka Instagram, E-commerce (windows shopping itu penyumbang terbuangnya waktu juga!), Youtube, dan aplikasi lainnya berkurang drastis. Kalau lagi mati gaya paling buka Jetpack dan Whatsapp, oleh karena itu blog ini jadi lumayan sering update akhir-akhir ini.

Aplikasi-aplikasi yang kuaktifkan bisa berganti-ganti sesuai dengan kebutuhan. Kadang pasang aplikasi Day One saat ingin sering journalling, kadang m-banking saat perlu kemudahan untuk bayar membayar, kadang juga pasang aplikasi yang berhubungan dengan pekerjaan seperti OneDrive, Sheet, Drive, dan sebagainya.

Selain Samsung, Oppo juga bisa dibuat dengan tampilan seperti ini. Kalau Iphone, aku belum tau yaa.

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.